Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli Secara Lengkap

Posted on

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli – Teknologi adalah sarana dalam memecahkan sebuah masalah mendasar dari peradaban manusia. Untuk lebih jelasnya lagi kami akan membahas Materi Makalah Definisi Pengertian Tegnologi Menurut Beberapa Ahli. Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

Pengertian Tegnologi

Teknologi merupakan keseluruhan sarana untuk menyiapkan barang-barang yang dimanfaatkan guna kelangsungan dan kenyamanan pada kehidupan manusia. Penggunaan teknologi yang digunakan manusia didahulukan dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat yang sederhana.

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

  • Miarso (2007)

Teknologi merupakan suatu bentuk dari proses yang meningkatkan nilai tambah. Proses yang berjalan bisa menggunakan atau menghasilkan produk-produk tertentu, yang mana produk yang tidak terpisah dari produk yang sudah ada. Hal tersebut menyatakan bahwa teknologi ialah bagian integral dari yang terkandung dalam sistem tertentu.

  • Toynbee (2004)

Teknologi merupakan karakteristik dari keberadaan kemuliaan manusia,  yang mana hal ini membuktikan bahwa manusia tidak bisa hidup jika hanya untuk makan, karena membutuhkan lebih dari itu. Selain itu Toynbee juga mengatakan, bahwa teknologi bisa mengaktifkan konstituen non-materi dari kehidupan manusia, perasaan,gagsan, ide-ide, pikiran, intuisi, dan juga ideal.

  • Capra (2004)

Teknologi merupakan salah satu pembahasan sistematis seni terapan atau pertukangan. Hal ini lebih mengacu pada literatur Yunani menyebutkan tentang Technologia yang berasal dari techne kata, yang artinya wacana seni.

  • Djoyohadikusumo (1994)

Djoyohadikusumo mengatakan, bahwa teknologi sebagai bidang yang ada kaitnannya erat dengan ilmu pengetahuan dan ilmu teknik atau ilmu rekayasa. Jadi dapat disimpulkan bahwa teknologi bisa dikatakan memiliki 2 dimensi, yaitu dimensi teknik & ilmu pengetahuan dimensi.

  • Sardar (1987)

Teknologi adalah sarana dalam memecahkan sebuah masalah mendasar dari peradaban manusia. Tanpa menggunakan teknologi, maka akan banyak masalah tidak bisa diselesaikan dengan baik dan sempurna.

  • Rogers (1994)

Teknologi merupakan desain langkah-langkah penting untuk meminimalkan keraguan mengenai hubungan sebab akibat dalam mencapai hasil yang diinginkan.

  • Poerbahawadja Harahap

Poerbahawadja Harahap mengatakan bahwa tegnologi pada dasarnya mengacu pada ilmu yang meneliti bagaimana bekerja di sebuah bidang teknik, serta mengacu juga pada ilmu yang digunakan oleh pabrik-pabrik atau industri.

  • Elul (dalam Miarso, 2007)

Teknologi merupakan pemimpin secara keseluruhan dan mempunyai metode rasional – ciri khas efisiensi dalam setiap bidang kegiatan pada manusia.

  • Ursula Franklin (1989)

Ursula mengatakan, Teknologi sebagai cara praktis untuk menggambarkan bagaimana sebagai manusia membuat hal-hal di suatu tempat di sini.

  • Saliman (1993)

Saliman mengatakan bahwa teknologi ialah sesuatu ilmu pengetahuan serta pengembangan industri.

  • Sudarsono (1993)

Teknologi adalah suatu ilmu pengetahuan dan juga perkembangan dalam industri

  • Manuel Castells (2004)

Teknologi merupakan kumpulan alat, aturan dan prosedur yakni ialah penerapan pengetahuan ilmiah untuk pekerjaan tertentu dalam kondisi yang dapat bisa memungkinkan pengulangan.

  • Merriam Webster

Meriam menyatakan bahwa teknologi merupakan sebuah aplikasi atau implementasi ilmu pengetahuan praktis. Yang mana aplikasi praktis ini terkadang diarahkan juga untuk ruang lingkup tertentu.

  • Read Bain (1937)

Teknologi pada dasarnya mencakup semua alat, mesin, senjata, pakaian, perlengkapan, transportasi dan komunikasi perangkat, serta keterampilan, yang bisa memungkinkan kita sebagai manusia untuk dapat memproduksinya.

  • Naisbit (2002)

Teknologi adalah obyek serta benda-benda, serta bahan dan bentuk juga berbeda dari manusia pada umumnya.

  • Wp

Teknologi merupakan keseluruhan sarana dalam menyediakan barang yang diperuntukan guna kelangsungan hidup dan kenyamanan hidup manusia.Selain itu, bahwa teknologi ialah sebuah entitas, benda maupun non-benda yang diciptakan secara terpadu dengan melalui proses penciptaan dan kreasi serta pemikiran untuk mencapai suatu nilai tertentu.

  • Kamus Besar Bahasa Indonesia

Teknologi merupakan metode ilmiah yang digunakan dalam mencapai tujuan praktis, selain itu tegnologi juga adalah satu pengetahuan ilmu terapan. Dan mean keseluruhan daalm menyediakan barang yang dibtuhkan untuk kelangsungan hidup serta kenyamanan hidup manusia.

Kesimpulan Dari Pengertian Teknologi

Dari 17 pengertian tegnologi dari beberapa para ahli di atas maka bisa ditarik beberapa kesimpulan secara umum mengenai definisi dari teknologi. Berikut ini merupakan beberapa kesimpulan umum mengenai definisi dari teknologi sebagai berikut:

  • Teknologi merupakan sebuah metode praktis yang dimanfaatkan untuk menciptakan sesuatu yang berguna dan bisa digunakan secara berulang-ulang.
  • Sebuah teknologi diciptakan oleh manusia, karena itu banyak hal yang berhubungan dengan kegiatan praktis yang dilakukan manusia.
  • Penciptaan serta pengembangan dari sebuah teknologi ialah untuk tujuan pengembangan atau peningkatan diri manusia, dimana teknologi memang sengaja buat untuk membantu pekerjaan dan kegiatan manusia.
  • Pada dasarnya keilmuan yang dimilki teknologi ialah keilmuan sain, yang merupakan versi praktis dan praktikal dari sebuah sains.
  • Setiap teknologi dapat dibuat dan juga dapat dikembangkan sesuai dengan keperluan dan juga kemampuan manusia. Batasan dari eknologi hanya terletak pada pikiran manusia. Selama manusia bisa mencari ide – ide yang baru, maka tegnologi akan terus berkembang.

Demikianlah ulasan kami mengenaiPengertian Tenologi Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :