Pengertian Teks Berita – Struktur, Tujuan, Fungsi, Ciri, dan Contoh

Posted on

Pengertian Teks Berita – Struktur, Tujuan, Fungsi, Ciri, dan Contoh – Teks berita adalah teks yang berisikan hal-hal yang mengenai peristiwa yang terjadi di dunia yang kemudian disebarkan luaskan melalui media seperti televisi, internet, situs web, radio dan media lainnya. Untuk lebih jelasnya lagi kami akan membahas Materi Teks Berita mulai dari Pengertian, Struktur, Tujuan, Fungsi, Ciri, dan Contoh. Maka simaklah ulasannya dibawah ini.

Pengertian Teks Berita

Pengertian Teks Berita

Teks berita adalah teks yang berisikan hal-hal yang mengenai peristiwa yang terjadi di dunia yang kemudian disebarkan luaskan melalui media seperti televisi, internet, situs web, radio dan media lainnya. Selain itu, teks berita berisi fakta namun tidak semua fakta dijadikan berita.

Kita akan memperoleh informasi penting yang akan bisa menambah wawasan apabila rajin membaca teks berita, sehingga bisa menjadikan kita berfikir secara kreatif, kritis dan efektif terhadap berbagai hal. Suatu peristiwa bisa bertahan selama beberapa jam, hari, bahkan sampai bertahun – tahun. Tergantung seberapa hangat berita tersebut diperbincangkan oleh orang-orang atau seberapa populer dalam suatu media.

Struktur Teks Berita

Biasanya suatu teks memiliki struktur tertentu, sama halnya dengan teks berita. Teks tersebut memiliki tiga struktur yang saling berhubungan yang kemudian membentuk teks ini secara utuh. Beriku penjelasannya :
  1. Orientasi Berita yakni adalah berisi pembuka dari berbagai peristiwa yang diberitakan didalam teks tersebut. Biasanya tertera penjelasan singkat mengenai berita yang sedang dibahas dalam media.
  2. Peristiwa yakni adalah berisi tentang proses kejadian dari awal sampai akhir berdasarkan peristiwa yang terjadi serta dijelaskan berdasarkan fakta yang ada.
  3. Sumber Berita yakni dari mana asal sumber berita tersebut muncul. Sumber berita tidak hanya ditulis dibagian akhir berita.

Tujuan

Adapun tujuan dari teks berita ialah untuk menyampaikan kepada para pembaca, pendengar, dan lainnya mengenai informasi penting.

Fungsi

Agar kita tidak ketinggalan informasi mengenai peristiwa atau agar kita mengetahui informasi terbaru yang diberitakan secara langsung

Ciri-Ciri Teks Berita

Terdapat ciri-ciri teks berita yang baik dan benar, diantaranya seperti berikut ini :
  • Bahan yang menjadi suatu berita merupakan sesuatu yang benar terjadi (Fakta), bukan opini atau gagasan dari penulis
  • Merupakan peristiwa yang jarang terjadi, bukan sesuatu yang umum terjadi.
  • Aktual, yakni maksudnya peristiwa yang diberitakan masih hangat atau baru terjadi, serta sedang menjadi perbincangan dari banyak kalangan, bukan peristiwa lampau
  • Data yang diberikan kepada khalayak luas sesuai dengan peristiwa asli, artinya tidak ada rekayasa
  • Bahasa yang digunakan menarik dan dapat memikat minat pembaca
  • Menggunakan kalimat yang singkat, padat,  dan jelas
  • Sumber valid dan dapat dipertanggungjawabkan
  • Judul beritany mewakili isi berita.
  • Data yang diberitakan lengkap, terutama data penting
  • Waktu & tempat peristiwanya jelas dan sesuai.
  • Bahasa dalm berita mudah untuk dipahami
  • Bersifat objektif
  • Alur peristiwa diatur secar berurutan.

Kaidah Kebahasaan

Ciri kaidah kebahasaan teks berita yakni memiliki keterangan, verba pewarta & verba transitif.

Contoh Teks Berita

Berikut ini adalah contoh teks berita, diantaranya sebagai berikut :

Contoh Teks Berita tentang Kebakaran

“Diduga Karena Lupa Mematikan Lilin, Seisi Rumah Hangus Terbakar”

Kemarin malam, tepatnya pada pukul 11.30 WIB telah terjadi peristiwa tak terduga di wilayah Perumahan Cenda Indah. Peristiwa tersebut menimpa keluarga Pak Joko di mana rumah milik mereka hangus terbakar dilalap si api. Penyebab kebakaran diduga karena pemilik rumah menaruh lilin di tumpukan kardus yang berada didalam rumah.

Beruntung bagi keluarga Pak Joko karena musibah tersebut tidak memakan korban jiwa. Hal ini dikarenakan saat pada terjadinya kebakaran Pak Joko bersama keluarga sedang menghadiri undangan di rumah tetangganya. Sedangkan sang istri juga tidak ada di rumah karena sedang menghadiri arisan. Meskipun tidak memakan korban jiwa, peristiwa ini tetap saja mengakibatkan kerugian materi diperkirakan sebanyak 50 juta rupiah.

Contoh Teks Berita tentang Kecelakaan

“Rem Blong, Mobil Mini Bus Hantam Pembatas Jalan”

Kecelakaan kembali terjadi di ruas tol Ciampelas tepatnya pada malam hari Minggu tanggal 7 Juni 2019 Kecelakaan ini dialami oleh sebuah mobil yang dikendarai oleh seorang remaja bernama Andre. Penyebab utama kecelakaan mobil ini ialah karena sang pengemudi berkendara dengan kecepatan diatas 120 km/jam.

Saat sedang melaju dengan kecepatan tinggi, pengemudi tiba-tiba tidak mampu mengendalikan mobilnya karena rem yang blong. Akibatnya, mobil mini bus bernomor polisi NG  1234 F menabrak pembatas jalan. Untungnya pengemudi masih bisa diselamatkan dan langsung di bawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penangan sementara.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Pengertian Teks Berita, Struktur, Tujuan, Fungsi, Ciri-ciri, Kaidah dan Contoh. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :