Pengertian Teluk Adalah – Manfaat, Contoh Dan Gambar

Posted on

Pengertian Teluk Adalah- Apa itu teluk ? Teluk adalah perairan yang menjorok ke daratan dan ketiga sisinya berupa lautan. Agar lebih jelas kami akan mengulas mengenai Teluk mulai dari Pengertian, Manfaat , Contoh Dan Gambar. Simak lah ulasannya di bawah ini.

Teluk
Teluk

Pengertian Teluk

Teluk adalah perairan yang menjorok ke daratan dan ketiga sisinya berupa lautan. Wilayah ini memiliki ombak yang relatif kecil sehingga aman digunakan untuk beraktivitas. Nelayan yang ada di sekitar menggunakan perairan tersebut untuk melabuhkan kapalnya yang dipakai untuk mencari ikan.

Teluk adalah bagian dari pulau yang terletak di tepi laut, dengan kondisi geografis berbentuk cekungan dan menonjol di kedua sisi kiri dan kanan atau hanya sebagian dan melebihi tepi laut yang ada disekitarnya.
Disekitar teluk banyak dibangun dermaga sebagai jembatan untuk menghubungkan kapal laut dengan pulau.

Manfaat Teluk

Manfaat utama teluk adalah:

  1. Penghubung antar laut dan pulau
  2. Di teluk yang dangkal ikan bisa berkembang biak
  3. Tempat berlabuh kapal laut sebagai jalan utama penghubung bagi kapal menuju pulau, Kapal dengan ukuran besar tidak akan dapat berlabuh merapat hingga ketepian pantai, hal ini disebabkan karena pantai yang dangkal. Teluk merupakan bagian pantai dengan ombak lebih kecil, sehingga kapal dan perahu yang berlabuh akan aman dari terpaan ombak besar.

Contoh Teluk Dan Gambar

  • Teluk Jakarta

Teluk Jakarta

Teluk Jakarta merupakan sebuah teluk di perairan Laut Jawa yang terletak di sebelah utara dari Propinsi DKI Jakarta.

Di Teluk Jakarta merupakan muara dari 13 sungai yang membelah wilayah Kota Jakarta. Teluk Jakarta mempunyai ukuran luas sekitar 514 km2.

Baca Juga :  Pengertian Investasi Jangka Panjang, Tujuan, Jenis-Jenis, dan Contoh

Teluk Jakarta ini merupakan wilayah perairan dangkal dengan kedalaman rata-rata mencapai 15 meter.

Jika anda mengenal obyek wisata bahari Kepulauan Seribu, Kepulauan Seribu ini terdiri dari 108 pulau merupakan gugusan kepulauan yang berada di Teluk Jakarta.

Teluk Jakarta merupakan bentang alam yang berupa perairan yang ada di wilayah Jakarta yang terletak di wilayah utara dari wilayah DKI Jakarta.

Teluk Jakarta merupakan salah satu teluk yang terkenal di Indonesia.

  • Teluk Labuan bajo

Teluk Labuan Bajo merupakan nama teluk yang berada di daerah Flores di Nusa Tenggara Timur. Teluk ini juga merupakan teluk yang terkenal di Indonesia.

Kegiatan wisata yang ada di Teluk Labuan Bajo yang terkenal antara lain diving, snorkeling, berenang, dan memancing, karena memang Teluk Labuan Bajo ini merupakan daerah obyek wisata bahari di daerah Flores.

Teluk Labuan Bajo ini merupakan kebanggaan dari masyarakat Flores di Nusa Tenggara Timur. Disinilah kegiatan pariwisata di daerah Flores berkembang dan dikenal oleh dunia pariwisata baik lokal maupun internasional.

  • Teluk Pelabuhan Ratu

Teluk Pelabuhan Ratu ini berada di daerah Sukabumi Jawa Barat yang langsung menghadap dengan hamparan Samudera Hindia yang luas. Di sekitar Teluk Pelabuhan Ratu ini terdapat obyek wisata pantai yang dikenal dengan nama Pantai Pelabuhan Ratu.

Daerah Teluk Pelabuhan Ratu ini memang menjadi pusat kegiatan wisata yang menjadi andalan dari masyarakat daerah Sukabumi, terutama yang berada di wilayah pesisir selatan.

Aneka resort juga dibangun di daerah Teluk Pelabuhan Ratu ini guna meramaikan khasanah pariwisata di Sukabumi Jawa Barat.

  • Teluk Bayur

Teluk Bayur

Teluk Bayur merupakan Teluk yang berada di kawasan daerah Padang Sumatera Barat, dimana Teluk Bayur ini langsung berhadapan dengan wilayah perairan Samudera Hindia yang berada di sebalah barat wilayah Indonesia.

Baca Juga :  Pengertian Switch - Fungsi, Jenis-Jenis Dan Cara Kerja

Teluk Bayur ini sangat terkenal, karena merupakan pintu masuk perairan menuju daerah Sumatera Barat.

Teluk ini sudah dikembangkan sejak jaman pemerintahan colonial Belanda sebagai daerah angkut hasil bumi dan pusat perdagangan dan mampu berkembang hingga masa modern seperti sekarang.

  • Teluk Penyu

Teluk Penyu

Teluk Penyu adalah kawasan perairan yang berada di sebelah selatan Kabupaten Cilacap.

Teluk Penyu ini merupakan wilayah perairan yang berhubungan langsung dengan Samudera Hindia dimana Pulau Nusakambangan tempat para narapidana kelas berat di Indonesia berada.

Luas dari kawasan Teluk Penyu ini sekitar 14 Hektar.

Kawasan Teluk Penyu ini juga sering dipadati oleh para wisatawan yang sengaja datang untuk menikmati keindahan alami dari Teluk Penyu dan juga berwisata kuliner aneka seafood yang dijual di daerah ini.

  • Teluk Awur

Teluk Awur

Teluk Awur ini berada di wilayah Kabupaten Jepara di Propinsi Jawa Tengah dan Teluk Awur ini merupakan obyek wisata yang terkenal di Kabupaten Jepara. Teluk ini langsung menghadap dan berhadapan langsung dengan perairan Laut Jawa yang ada di sebelah utara Pulau Jawa.

Kawasan Teluk Awur terdapat obyek wisata pantai dan juga kawasan hutan mangrove yang memang sengaja dikembangkan di daerah ini sebagai benteng pertahanan awal dari daerah Kabupaten Jepara dari bencana abrasi yang bisa mengancam ekosistem yang ada.

  • Teluk Pangandaran

Teluk Pangandaran

Teluk Pangandaran merupakan teluk yang terletak di daerah Pangandaran yang ada di wilayah Propinsi Jawa Barat.

Di kawasan Teluk Pangandaran ini terdapat pantai yang sangat terkenal yaitu Pantai Pangandaran yang sering dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai penjuru daerah di nusantara maupun bule – bule dari luar negeri.

Kawasan Teluk Pangandaran ini juga langsung berhadapan dengan birunya Samudera Hindia yang membentang di daerah selatan Pulau Jawa.

  • Teluk Banyu Biru

Teluk Banyu Biru berada di daerah Kabupaten Banyuwangi.

Baca Juga :  Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) [Lengkap]

Teluk Banyu Biru ini sering disebut dengan sebutan Blue Bay, karena memang warna air yang biru merona yang sangat indah untuk dipandang.

Kawasan Teluk Banyu Biru merupakan kawasan yang merupakan milik dari Taman Nasional Alaspurwo yang ada di Kabupaten Banyuwangi. Di kawasan Teluk Banyu Biru kita bisa menikmati sajian pemandangan sunrise yang begitu indah dan elok, sehingga banyak diburu oleh para wisatan lokal maupun internasional.

  • Teluk Aru

Teluk Aru ini berada di wilayah Kabupaten Langkat Propinsi Sumatera Utar. Teluk ini juga terkenal di Indonesia.

Luas dari Teluk Aru ini sekitar 19,69 Km2. Kawasan Teluk Aru ini merupakan kawasan yang terkenal, dan merupakan teluk yang banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia di kawasan Pulau Sumatera.

Sehingga tidak salah jika Teluk Aru ini kami hadirkan profilnya secara singkat untuk anda. Teluk Aru ini dikenal sebagai pusat kegiatan perikanan di Propinsi Sumatera Utara

 

Demikianlah ulasan kami mengenai TELUK, Semoga bermanfaat…

Artikel Lainnya :

 

Pengertian Teluk Adalah – Manfaat, Contoh Dan Gambar
5 (100%) 2 votes