Pengertian Tema

Posted on
Pengertian Tema

Artikel makalah tentang Pengertian Tema dalam karya seni rupa, meliputi dari, Pengertian menurut para ahli, Jenis jenis Tema dan contohnya supaya mudah di pahami.

Apa itu Tema,,, Hal ini merupakan salah satu bentuk dari gagasan pokok yang memiliki cerita dan dapat juga diklasifikasikan menjadi sebuah karangan ilmiah, maka dalam sebuah karya sastra juga dapat dilakukan denganbeberapa unsur-unsur supaya dapat menyusun sebuah karangan karya sastra secara terstruktur.

Nah bagi anda yang masih bingung untuk mengetahui apa itu tema, kami dari materibelajar.co.id akan menjelaskan apa yang di makssud dengan tema secara rinci dan jelas, langsung sana simak pembahasn di bawah ini.

Pengertian Tema

Tema adalah salah satu elemen yang sangat penting pada sebuah cerita karangan yang bersifat ilmiah sehingga akan mudah menemukan topik yang dapat di jadikan dasaran dalam sebuah tema.

Dengan demikian tema juga dapat di artikan sebuah permasalahan dalam sebuah cerita yang di dasari dari gagasan sentral sehingga dapat disamakan pada gagasan topik ceritanya.

Tema juga adalah pokok pembicaraan dari sesuatu yang akan diperjuangkan dengan melalui suatu karya yang bersifat tersirat dan tersusun dengan rapi sehingga untuk membacanya juga lebih mudah di pahami.

Baca Juga: Pengertian Penelitian

Pengertian tema menurut para ahli

Selain itu juga terdapat beberapa pengertian tema dari beberapa para ahli yang telah menerangkan hal tersebut.

Berikut pengertian tema menurut para ahli diantaranya adalah sebagai berikut :

Menurut Sastra Indonesia telah menyatakan bahwa Tema adalah salah satu ide pokok yang memiliki gagasan dengan persoalan yang akan di gunakan sebagai landasan dalam membuat cerita.

Menurut Kamus Populer telah menyatakan bahwa Tema adalah salah satu dari pokok pemiikiran dari persoalan yang akan dijabarkan pada sebuah karangan.

Menurut Stanton telah menyatakan bahwa Tema adalah salah satu makna yang terkandung pada sebuah cerita karya sastra.

Menurut Mido telah menyatakan bahwa Tema adalah salah satu persoalan yang dapat menempati sebuah cerita dari pikiran pengarang saja.

Menurut Aminuddin telah menyatakan bahwa Tema adalah salah satu ide yang telah dilandasi dan dapat diperankan sebagai aktivitas karya fiksi .

Menurut Keraf Telah menyatakan bahwa Tema adalah salah satu amanat yang utama sehingga dapat disampaikan oleh penulis melalui sebuah karya sastra.

Jenis jenis Tema

Dari ulasn di atas yang telah mengemukakan pengertian tema, maka kami juga akan memberikan beberapa jenis yang terapat pada tema.

Berikut Jenis-jenis tema adalah:

1. Tema Jasmaniah

Tema Jasmaniah adalah salah satu tema yang berkaitan dari sebuah permasalahan atau keadaan fisik seseorang sehingga jenis ini dapat menyangkut pada hal yang bersifat dan yang berhungan pada manusia.

Contohnya:

“Tentang sebuah percintaan atau perasaan cinta”.

2. Tema Ketuhanan

Tema Ketuhanan adalah salah satu tema yang berhubungan pada kekuasaan tuhan dari semua aktivitas yang di lakukan oleh manusia sehingga hal ini juga dapat di hubungkan pada makhluk ciptaan Tuhan.

Contohnya:

“Keajaiban pada saat penyembuhan penyakit”.

3. Tema Sosial

Tema Sosial adalah salah satu tema yang berkaitan pada masalah sosial dan dapat juga yang berkaitan dengan masalah pribadi yang di alami pada setiap manusia, sehingga akan berkaitan pada masalah kehidupan masyarakat.

Contohnya:

“Masalah pendidikan, interaksi manusia”.

4. Tema Egois

Tema Egois adalah salah satu tema yang berhubungan pada sifat dan ego yang terdapat pada manusia sehingga dapat berkaitan tentang reaksi pribadi.

Contohnya:

‘Ketamakan manusia dan kepasrahan manusia”.

5. Tema Organik

Tema Organik adalah salah satu tama yang dapat mencakup tentang moral dan dapat juga suatu hal yang berhubungan erat dengan moral pada dasaran manusia sehingga manusia dapat wujudnya hubungan antar manusia.

Contohnya:

“Hubungan antar pria dan wanita”.

Baca Juga: Pengertian Komunitas

Cara Memperkenalkan Tema

Dari beberapa ulasan di atas maka kami juga akan menyampaikan cara memberkenalkan tema pada kehidupan sehari-hari di kalangan masyrakat diantaranya adalah.

Dramatis – adalah suatu pengarangan yang di dasari dari watak atau karakter dari berbagai tokoh yang dapat diceritakan secara langsung kepada pendengar.

Analitik – adalah sebuah pengarangan yang di buat secara langsung dan dapat juga menerangkan tentang watak atau karakter dari tokoh dalam pengarang nya.

Langkah-langkah nya:

  • Pilihan sebuah nama dari karakter supaya dapat pembantu membenarkan sebuah karangan yang akan di gagas
  • Lakukan representasi fisik atau postur tubuh
  • Melalui dialog

Nah demikian lah sobat yang dapat kami bahas mengenai ulasan tentang pengetian tema, semoga apa yang sudah kami bahas di atas dapat menambah wawasan kita semua dan semoga artikel ini juga bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Pengertian Apresiasi