Pengertian Toleransi

Posted on
Pengertian Toleransi

Artikel makalah tentang Pengertian Toleransi antar umat beragama, meliputi dari fungsi, manfaat, tujuan, ciri-ciri, metode, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Istilah dari kata toleransi itu,,, hal ini merupakan salah satu istilah kata yang sudah diajarkan pada sekolah karena di kalangan masyarakat Indonesia sangat banyak beragam pemahaman yang dapat mengembangkan dari perbedaan pemahaman tersebut tentang kalimat toleransi sehingga dapat disampaikan dengan baik.

Baiklah untuk lebih jelasnya langsung saja simak artikel kami di bawah ini :

Pengertian Toleransi

Toleransi adalah sebuah kata yang memiliki serapan yang diambil dari bahasa inggris dengan arti adalah “tolerance” sehingga kata tersebut sebuah usapan dengan tindakan yang membiarkan perbuatan seseorang.

Dalam kata lain bahwa toleransi adalah suatu hubungan yang dapat mengizinkan atau dapat juga diartikan sebagai memfasilitasi satu sama lain.

Dengan demikian pengertian toleransi juga dapat di simpulkan adalah tindakan yang memungkinkan seseorang untuk melakukan sesuatu perbuatan dengan pemahaman secara dasar.

Baca Juga: Pengertian Poster

Tujuan Toleransi

Pada dasarnya, tujuan dari toleransi dapat menciptakan suasana yang harmonis dalam masyarakat dan dapat juga menciptakan kehidupan yang lebih baik

Dengan demikianlah kami akan memberikan beberapa tujuan yang terdapat dari toleransi adalah sebagai berikut :

  • Meningkatkan Rasa Persaudaraan Sikap ini adalah sikap yang terdapat pada toleransi yang mampu membangkitkan kasih sayang dalam dirinya, sehingga timbul perasaan rasa persaudaraan kepada anak-anak bangsa dalam hidup bermasyarakat.
  • Meningkatkan Rasa Nasionalisme sikap ini adalah sebagai sikap yang berfifat positif dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari yang akan berdampak pada nasionalisme.
  • Meningkatkan Kekuatan Iman hal ini merupakan dalam sikap toleransi yang mampu menghormati antar agama lain dalam bentuk keyakinan seseorang sehingga seseorang akan terhubung dengan kepercayaan ydan keyakinan iman yang kuat.
  • Memudahkan Mencapai Mufakat dalam hal ini adalah salah satu sikap yang sangat penting ketika akan mempertimbangkan untuk mencapai tujuan yang akan dicapai sehingga akan timbul rasa saling menghormati perbedaan satu sama lain.
  • Memudahkan Pembangunan Negara dalam hal ini adalah salah satu sikap dengan masing-masing individu yang akan memudahkan proses pembangunan suatu negara dengan gagasan negara lebih kuat.

Baca Juga: Pengertian Ilmu Ekonomi

Manfaat Toleransi

Dari beberapa ulasan yang sudah kami bahas di atas, maka kami juga akan memberikan beberapa manfaat yang terdapat pada Toleransi diantaranya :

  • Akan rercipta rasa keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat
  • Akan muncul rasa kekeluargaan dalam kehidupan bermasyarakat atau dalam kehidupan individu
  • Akan menimbulkan sifat dengan kasih sayang sesama muslim atau antar agama yang lainnya
  • Akan tercipta rasa aman damai dan tentram

Ciri Ciri Sikap Toleransi

Seteleh mengetahui pengertian dan manfaat nya, maka kami jua akan memberikan beberapa ciri-ciri yang terdapat pada sikap toleransi.

Berikut beberapa ciri-ciri dari sikap toleransi adalah sebagai berikut:

  • Seseorang memiliki sikap toleransi pastinya dapat menghargai serta dapat menghormati orang lain walaupun berbeda agama dan keyakinan.
  • Seseorang memiliki sikap toleransi pastinya akan lebih mudah menghargai pendapat atau usulan dari orang lain
  • Sikap toleransi dapat menjunjung tinggi serta tidak memandang suku , ras dan agama, untuk melakukan hal-hal yang baik.
  • Sikap toleransi dapat memberikan kebebasan pada setiap orang untuk melakukan beribadah sesuai dengan keyakinan dan kepercayaan meskipun perbeda agama.
  • Ciri sikap toleransi adalah dapat memberikan kesempatan bagi orang lain untuk melakukan kebaikan tanpa memandang perbedaan agama yang di anut.

Baca Juga: Pengertian Kecepatan

Contoh Sikap Toleransi

Terdapat banyak sekali hal-hal yang sangat sederhana yang terdapat pada sikap toleransi, maka kami juga akan memberikan beberapa contoh dari kalimat toleransi yang sering dilakukan banyak orang di antaranya :

“Menghormati dan mampu menghargai apa yang jadi kewajiban yang dimiliki oleh orang lain, pada umumnya dalam masyarakat majemuk. Misalnya kewajiban dan hak dalam beragama.”
“Turut serta dan mampu menjaga keharmonisan dalam hidup bermasyarakat dengan menghargai pendapat atau usulan dari orang lain walaupun berbeda agama dan keyakinan.”
“Suka membantu dan tolong-menolong antar sesama manusia atau sebagai mahluk sosial tanpa adanya sifat yang membeda-bedakan.”
“Menghargai kegiatan yang di lakukan antar umat meskipun berbeda keyakinan atau agama yang di anut, supaya tidak terjadi perselisihan.”

Nah demikianlah sobat yang dapat kami sampaikan mengenai ulasan tentang pengertian toleransi secara umum atau menurut para ahli serta ciri-ciri toleransi dalam kehidupan bermasyarakat.

Sekian dan terima kasih, Semoga bermanfaat…!

Baca Juga: Pengertian Administrasi