Pengertian Udara – Manfaat, Jenis, dan Cara Menjaganya

Posted on

Pengertian Udara – Udara merupakan campuran gas yang terdapat di permukaan bumi serta mengelilingi bumi. Udara tersebut tersusun dari campuran dari gas dalam jumlah yang banyak, seperti nitrogen 78%, oksigen 20%, argon 0,93% dan karbon dioksida 0,30% kemudian sisanya adalah dalam bentuk gas yang lain. Untuk lebih lengkapnyalagi simaklah Materi Udara mulai dari Pengertian Udara, Manfaat Udara, Jenis Jenis Udara, dan Cara Menjaga Kebersihan Udara di bawah ini.

pengertian udara

Pengertian Udara

Udara merupakan campuran gas yang terdapat di permukaan bumi serta mengelilingi bumi. Udara tersebut tersusun dari campuran dari gas dalam jumlah yang banyak, seperti nitrogen 78%, oksigen 20%, argon 0,93% dan karbon dioksida 0,30% kemudian sisanya adalah dalam bentuk gas yang lain. Sementara uap air yang ada dalam udara bersumber dari pergaulan air laut, sungai dan lainnya. Berdasarkan fungsi, gas yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan makhluk hidup salah satunya yakni oksigen.

Udara

Oksigen yang terdapat di udara dihasilkan dari proses fotosintesis tumbuhan yang memproses karbon dioksida menjadi oksigen. Ketinggian permukaan bumi tentunya berpengaruh pada kondisi udara, semakin tinggi permukaan serta semakin dekat terhadap lapisan troposfer maka udara semakin berkurang. Kemudian di udara juga terdapat yang dinamakan lapisan ozon, yang memiliki peran sebagai pelindung makhluk hidup dari sinar ultraviolet.

Manfaat Udara

Kita sebagai makhluk hidup sangat membutuhkan udara, maka dari itu udara sangat bermanfaat bagi manusia maupun makhluk yang lainnya. Adapun manfaat udara antara lain :

manfaat udara

  • Pada udara terdapat oksigen yang bermanfaat untuk bernafas
  • Berpengaruh terhadap kinerja jantung makhluk hidup
  • Udara yang bersih yangb terebas dari polusi akan menghilangkan rasa stres, membuat lebih santai dan terasa segar untuk tubuh.
  • Udara yang bersih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Udara bisa menentukan klasifikasi iklim, cuaca ataupun musim pada suatu tempat
  • Udara juga bisa untuk melakukan komunikasi seperti menghantarkan gelombang suara dan untuk menghantar spora atau benih-benihnya.
  • Pada udara terdapat karbondioksida yang bermanfaat untuk tumbuhan berfotosintesis
  • Udara juga berfungsi untuk melindungi bumi dari benda-benda ruang angkasa, jika ada benda ruang angkasa yang jatuh menuju bumi maka akan terkikis dan hancur di atmosfer menjadikan tidak jatuh ke bumi atau bisa juga jatuh ke bumi namun dengan ukuran yang lebih kecil. Dll..

Jenis-Jenis Udara

Berikut ini adalah tiga macam jenis udara, yaitu ialah :

  • Oksigen (Unsur kimiawi yang mudah bereaksi)
  • Nitrogen (Unsur kimiawi yang susah bereaksi)
  • Karbon dioksida (Unsur kimiawi yang terdiri dari dua atom dan terikat secara kovalen)

Cara Menjaga Kebersihan Udara

Tidak seperti dulu, sekarang sudah sangat banyak tempat-tempat yang udaranya sudah tercemar, disebabkan oleh perbuatan manusia yang tidak bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan, karena sangat sedikit atau bahkan tidak mungkin seperti hewan merusak lingkungan hidup.

jenis jenis udara

Perlu diketahui bumi ini bukan hanya tempat hidup untuk manusia saja, namun untuk semua makhluk hidup yang terdapat di dalamnya. Dibawah ini adalah beberapa cara menjaga udara agar tetap bersih, antara lain:

  • Melakukan reboisasi atau penanaman kembali hutang yang telah gundul.
  • Membuat taman-taman atau hutan buatan di kota yang sangat sedikit bahkan tidak adanya tempat yang ada tumbuhan ada pepohonan, tujuannya agar polusi udara dari kendaraan bermotor serta juga pabrik dapat berkurang
  • Mengutamakan menggunakan kendaraan umum untuk bepergian (tidak berbahan bakar minyak atau menggunakan bahan yang ramah lingkungan), sekarang sudah banyak kendaraan umum yang cukup memadai, bilamana kendaraan pribadi misalnya seperti menggunakan sepeda karena tidak menggunakan bahan bakar.
  • Melakukan penebangan dengan memilih pilih pohon serta juga tidak lupa untuk menanamnya kembali, agar tidak menebang hutan sembarangan.
  • Selalu mmenjaga kebersihan lingkungan, artinya tidak membuang sampah sembarangan.
  • Menggunakan bahan bakar fosil secukupnya atau tidak terlalu boros menggunakannya, dan masih banyak lagi cara yang lain yang untuk menjaga kebersihan udara.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi tentang Udara. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :

5.0
01