Pengertian Video – Jenis-Jenis dan Fungsi Video (Lengkap)

Posted on

Pengertian Video, Jenis-Jenis, dan Fungsi – Video merupakan teknologi yang gunanya menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan serts menata ulang gambar bergerak. Untuk lebih jelasnya lagi simaklah Pengertian Video, Jenis-Jenis, dan Fungsi Video di bawah ini.

Pengertian Video

Pengertian Video

Video merupakan teknologi pengiriman sinyal elektronik dari suatu gambar yang bergerak. Aplikasi umum dari sinyal video yaitu seperti televisi, namun juga ia bisa juga digunakan dalam aplikasi lain di dalam bidang teknik, saintifik, produksi dan juga keamanan. Berdasarkan bahasa, kata video ini berasal dari kata Latin, “Saya lihat”.

Selain itu, video merupakan teknologi yang gunanya menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan serts menata ulang gambar bergerak. Yang mana biasanya menggunakan film seluloid, sinyal elektronik, atau media digital. Digital video sendiri merupakan jenis sistem video recording yang bekerja menggunakan sistem digital dibandingkan dengan analog dalam hal representasi videonya. Dan biasanya digital video direkam dalam tape, lalu didistribusikan melalui optical disc, misalnya seperti VCD dan DVD.

Jenis jenis video

Video memiliki berbagai macam jenis, adapun jenis-jenis video dinataranya yaitu :

  • Motion Picture Expert Group (MPEG)
  • FLV
  • AVI (*.avi) File jenis Avi merupakan Audio Video Interleave. Yang pertamakali diperkenalkan oleh microsoft di tahun 1992 sebagai format multimedia yang menyesuaikan antara video dengan audio.
  • Media Player merupakan player multimedia yang bisa dijadikan sebagai plugin pada webbrowser guna memainkan format file video AVI dan MPG. Media Player ini dikembangkan oleh Microsoft Corp
  • Real Player merupakan player multimedia yang bisa dijadikan sebagai plugin pada webbrowser guna memainkan format file suara Real Audio dan format file video Real Video. Real Player ini dikembangkan oleh Real Networks
  • Quick Time, Dibuat oleh perusahaan Apple, Banyak digunakan untuk transmisi data di Internet.
  1. Software: Quick Time
  2. Mempunyai beberapa track yang terdiri dari auido, video, images, dan juga text sehingga masing-masing track terdiri dari file-file yang terpisah.
  3. Biasanya hanya bisa memutar video dengan format file .qt dan .mov.
  • Winamp adalah Aplikasi perangkat lunak yang bisa memutar berbagai macam format file video seperti: .dat, .mov, mpeg, mp4, .wmv, .avi, dan masih banyak lagi.
  • ImToo Aplikasi ini biasanya hanya bisa memutar video yang memiliki format file .3gp. Sehingga sering dimanfaatkan dalam memutar video yang berasal dari hasil rekaman telepon selular saja.

Selain jenis-jenis berdasarkan  bentuknya, berikut ini adalah jenis-jenis Video berdasarkan tujuan dari pembuatannya, yaitu diantaranya :

  1. Cerita : Video yang memiliki tujuan sebagai sesuatu yang memaparkan cerita.
  2. Dokumenter : Video yang merekam sebuah kejadian atau peristiwa dalam kehidupan untuk kemudian dijadikan data atau dokumen.
  3. Berita : Video yang bertujuan memaparkan sebuah berita untuk orang banyak.
  4. Pembelajaran : Video yang bertujuan untuk memberikan materi pembelajaran agar mudah diserap dan bisa diputar ulang.
  5. Presentasi : Video yang bertujuan untuk mengomunikasikan ide atau gagasan dari kelompok atau seseorang.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Pengertian Video, Jenis-Jenis dan Fungsi. Semoga bisa menambah wawasan kita dan semoga bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung dan membaca Artikel kami. Untuk lebih menambah pengetahuan kita tentang materi yang lain coba baca lagi Artikel-artikel kami yang lain.

Artikel lainnya  :