Pengertian Vitamin – Jenis-Jenis, Manfaat, Fungsi dan Dampak

Posted on

Pengertian Vitamin –  Apa itu yang di maksud dengan vitamin ?  Vitamin yakni senyawa organik amina yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena vitamin berfungsi untuk membantu pengaturan atau proses aktivitas tubuh. Untuk lebih jelasnya kami akan membahas materi mengenai Vitamin. Mulai dari Pengertian, Jenis-Jenis, Dan Manfaat. Jadi, Simaklah ulasannya di bawah ini.

Vitamin

Pengertian Vitamin

Pengertian Vitamin adalah sekelompok senyawa organik amina yang sangat penting dan sangat dibutuhkan tubuh, karena vitamin berfungsi untuk membantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh karena vitamin tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Jika manusia, Apabila manusia atau makhluk hidup lain tidak ada asupan vitamin maka tidak akan dapat melakukan aktivitas hidup dengan baik, kekurangan vitamin menyebabkan tubuh kita mudah terkena penyakit.

Jenis-Jenis Vitamin

  • Vitamin A

Vitamin A, Bersumber Dari  : Sayuran- sayuran ( Wortel, Bayam, Labu, Brokoli), susu, ikan, hati, Buah kesemek, kiwi apel, Nanas, anggur, pisang, pepaya, dan lain-lain)

Dampak buruk akibat kekurangan vitamin A : Rabun senja, katarak, infeksi saluran pernapasan, menurunnya daya tahan tubuh, kulit yang tidak sehat, dan lain-lain.

  • Vitamin B1

Vitamin B1, Bersumber dari : Gandum, daging, susu, kacang hijau, ragi, beras, telur, dan sebagainya

Dampak buruk akibat kekurangan vitamin B1 : Denyut jantung lemah, pandangan kabur, Gampang kesemuta, Kulit kering/kusik/busik, kulit bersisik, mudah lelah, daya tahan tubuh berkurang dan lain-lainnya.

  • Vitamin B2

vitamin B2, Bersumber dari : Sayur-sayuran segar, jamur, telur, kacang almond, alpukat, keju, ikan, kacang kedelai, kuning telur, susu, dan  lainnya.

Dampak buruk akibat kekurangan vitamin B2 : Turunnya daya tahan tubuh, mudah lemah, kilit kering bersisik, mulut kering, bibir pecah-pecah, sariawan, dan sebagainya.

  • Vitamin B3

Vitamin B3, Bersumber dari : Buah-buahan, bij bunga matahari, gandum, ragi, hati, ikan, ginjal, kentang manis, daging unggas dan sebagainya

Dampak buruk akibat kekurangan vitamin B3 : Mudah lelah, Gangguan pencernaan dan perut, Pellagra, Kehilangan selera makan, Depresi dan kecemasan, Diare, Kepikunan dan Mengigau

  • Vitamin B5

vitamin B5, Besumber dari : Daging sapi dan daging ayam, susu, sayur-Sayuran hijau, ginjal, hati, kacang ijo, dan banyak lagi yang lain.

Dampak buruk akibat kekurangan vitamin B5 : Otot mudah kram, sulit tidur, kulit pecah-pecah dan bersisik, dan lain-lain

  • Vitamin B6

Vitamin B6, Bersumber dari : Beras, hati, ikan, beras tumbuk, kacang-kacangan, jagung, ragi, daging, dan lain-lain.
Dampak buruk akibat kekurangan vitamin B6 : Mudah sakit, mudah merasa lelah, pelagra alias kulit pecah-pecah, keram pada otot, insomnia atau sulit tidur, dan banyak lagi lainnya.

  • Vitamin B12

Vitamin B12, Bersumber dari : jamur, susu kedelai, Telur, hati, daging, dan lainnya
Dampak buruk akibat kekurangan vitamin B12 : Sembelit, neuropati perifer, kurang darah atau anemia, gampang capek/lelah/lesu/lemes/lemas, penyakit pada kulit, dan sebagainya

  • Vitamin C

Vitamin C, Bersumber dari : Pepaya, kubis, strawbery, jambu klutuk atau jambu batu, jeruk, tomat, nanas, sayur segar, dan lain-lain.
Dampak buruk akibat kekurangan vitamin C : rambut kering bahkan rontok ,Mudah infeksi pada luka, gusi berdarah, rasa nyeri pada persendian, dan lain-lain

  • Vitamin D

Vitamin D, Bersumber dari : Salmon, tuna, sarden, minyak ikan, susu, telur, keju, dan lain-lain
Dampak buruk akibat kekurangan vitamin D : Mudah terkena penyakit jantung, Gigi akan lebih mudah rusak, otok bisa mengalami kejang-kejang, pertumbuhan tulang tidak normal yang biasanya betis kaki akan membentuk huruf O atau X.

  • Vitamin E

Vitamin E, Bersumber dari : kecambah, ragi, minyak tumbuh-tumbuhan, Ikan, ayam, kuning telur, havermut, dsb
Dampak buruk akibat kekurangan vitamin E : Aterosklerosis, gangguan kesuburanpria maupun wanita, gangguan syaraf dan otot, dll

  • Vitamin K

Vitamin K, bersumber dari : Natto, daun bawang, kubis, Susu, kuning telur, sayuran segar, dkk
Dampak buruk akibat kekurangan vitamin K : Luka sukar sembuh, Darah sulit membeku bila terluka/berdarah/luka/pendarahan, pendarahan di dalam tubuh, dan sebagainya

Manfaat masing-masing vitamin beserta fungsinya

Mengetahui manfaat dan efek kesehatan dari masing-masing vitamin adalah hal yang penting. Hal ini bisa membantu Anda menyeimbangkan pola makan dan mengetahui gejala-gejala defisiensi atau kekurangan vitamin tertentu.

1. Vitamin yang larut dalam lemak

  • Vitamin A : Untuk memelihara kesehatan mata dan fungsi imun, menjadi salah satu faktor utama yang membantu pertumbuhan sel, serta berperan dalam proses pembentukan gen dan protein.
  • Vitamin K : Berfungsi membantu proses pembekuan darah.
  • Vitamin D : Berfungsi membantu penyerapan kalsium dan fosfor yang penting bagi kesehatan tulang serta memelihara sistem saraf.
  • Vitamin E : Berfungsi melindungi membran sel, dapat mencegah pembekuan darah yang berlebihan, serta memasok oksigen ke dalam darah.

2. Vitamin yang larut dalam air

  • Vitamin B : Menyediakan cadangan energi (vitamin B6) dan melepaskan energi (vitamin B12) serta memelihara sistem saraf dan visual.
  • Vitamin C : Berfungsi untuk membantu pembentukan kolagen dan melawan radikal bebas yang dapat merusak DNA.

Demikianlah ulasan kami mengenai vitamin-vitamin, Semoga bermanfaat…

Artikel lainnya :