Pengertian Warna Primer, Sekunder, Tersier, dan Netral

Pengertian Warna Primer, Sekunder, Tersier, dan Netral – Warna merupakan spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). Identitas suatu warna ditentukan oleh panjang gelombang  dari cahaya tersebut. Mengenai Pengertian Warna Primer, Sekunder, Tersier dan Netral simaklah pembahasannya dibawah ini.

Pengertian Warna Primer

Pengertian Warna

Warna merupakan spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). Identitas suatu warna ditentukan oleh panjang gelombang  dari cahaya tersebut. Contoh misalnya, warna biru memiliki panjang gelombang sekitar 460 nanometer. Sementara panjang gelombang warna yang mampu ditangkap oleh mata manusia diantara 380 hingga 780 nanometer.

Pengertian Warna Primer, Sekunder, Tersier dan Netral

Dibawah ini adalah penjelasan dari beberapa warna tersebut :

1. Warna Primer

Warna Primer

Warna Primer merupakan warna pokok atau warna dasar. Jadi, warna primer ialah warna yang menjadi fondasi dari warna lain. Jika dalam kehidupan manusia, sama dengan kebutuhan pokok manusia seperti makan dan minum. Yang mana jika manusia tidak makan dan minum, maka kehidupan manusia, akan berakhir alias mati. Begitu pula dengan warna primer. Tanpa adanya warna kategori ini, maka tidak akan ada warna-warna yang lain. Artinya semua warna, pada hakikatnya merupakan turunan dari percampuran ketiga warna primer ini (Merah, Kuning, Biru).
Karena inilah seorang pelukis, dengan menggunakan 3 warna dasar yaitu merah, kuning dan biru, bisa menghasilkan ribuan bahkan tak terhingga jumlah warna pada lukisannya. Karena warna yang begitu kaya dari setiap coretan di kanvasnya, merupakan hasil  pencampuran dari ketiga warna pokok. Secara teknis, asal usul warna primer tidak sama dengan warna sekunder, tidak bisa dibuat  berdasarkan campuran warna lain. Warna primer adalah warna induk. Warna yang murni berdiri sendiri tanpa campuran warna lain

2. Warna Sekunder

Warna Sekunder

Warna ini disebut dengan istilah warna kedua, yang artinya yaitu warna yang berasal dari pencampuran dua warna primer. Misalnya warna merah jika dicampur dengan warna kuning maka akan menjadi warna orange. Merah dengan kuning adalah warna primer jika kedua warna tersebut dicampurkan maka akan menjadi warna hijau, warna hijau ini disebut dengan warna sekunder.

3. Warna tersier 

Warna Tersier

Warna tersier merupakan warna yang yang dihasilkan dari pencampuran antara warna primer dengan warna sekunder. Adapun macam macam warna tersier yaitu:
  • Coklat Merah merupakan warna yang berasal dari campuran warna merah dengan warna hijau.
  • Coklat Kuning merupakan warna yang berasal dari campuran warna kuning dengan warna ungu.
  • Coklat Biru merupakan warna yang berasal dari campuran warna biru dengan warna jingga atau orange.

4. Warna Netral

Warna Netral

Warna netral ialah warna yang berfungsi sebagai nuansa latar belakang yang lembut, yang dengan mudah dipadukan dengan warna-warna lain yang lebih kuat. Hal ini membuat warna netral akan cocok menjadi kanvas kosong bagi kreativitas kalian, berikan kesempatan bersinar bagi karya seni dan fitur arsitektural kalian.

Skema warna netral bisa berupa apa saja, dari warna netral yang terang seperti krem dan putih, hingga nuansa yang lebih gelap, seperti cokelat dan arang.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Pengertian Warna Primer, Sekunder, Tersier dan Netral. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda dan semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :