Pengertian Web Programmer – Tugas dan Syarat Web Programmer

Posted on

Pengertian Web Programmer – Web programmer ialah seseorang yang perannya yaitu menghubungkan semua sumber daya yang akan dipergunakan pada suatu website atau pun aplikasi.  Untuk lebih jelasnya lagi simaklah Pengertian, Tugas, dan Syarat menjadi Web Programmer dibawah ini.

Pengertian Web Programmer

Pengertian Web Programmer

Web Progammer merupakan istilah dari hal yang berkaitan dengan profesi seseorang yang pekerjaannya menulis kode bahasa pemrograman baik itu yang berkaitan dengan pengembangan suatu website maupun aplikasi internet berbasis web. Web Programmer ini sering disebut juga dengan istilah koder.

Selain itu, Web programmer ialah seseorang yang perannya yaitu menghubungkan semua sumber daya yang akan dipergunakan pada suatu website atau pun aplikasi. Sumber daya tersebut seperti misalnya seperti pemanggilan database, pembuatan halaman website, cara interaksi dengan elemen-elemen website dan lain-lain.

Tugas Seorang Web Programmer

Seperti yang telah yang telah dijelaskan diatas bahwa Web Programmer ialah seseorang yang perannya yaitu menghubungkan semua sumber daya yang akan dipergunakan pada suatu website atau pun aplikasi. Jadi, tugas seorang web programmer yaitu melakukan pengcodingan dan pemrograman sebuah website agar terlihan lebih dinamis dan agar web tersebut bisa terlihat mudah bagi seorang web admin. Apabila situs yang akan dibuat memiliki fasilitas interaksi antara pengunjung dan situs misalnya menyangkut dengan transaksi, input output data dan database maka seorang Web Programmer yang akan mengerjakannya dengan membuat aplikasi-aplikasi yang berkerja diatas situs atau web.

Syarat Menjadi Web Programmer

Berikut ini adalah beberapa syarat jika anda ingin menjadi seorang Web Programmer, diantaranya yaitu :

1. Keinginan / Minat

Berkeinginan atau memiliki minat adalah syarat yang utama, dan tentunya memiliki komputer. Dengan minat atau ketertarikan ini, Anda akan punya motivasi dari dalam jiwa Anda sendiri. Motivasi dari dalam diri anda itulah yang nantinya akan membantu Anda untuk melewati jalan-jalan berliku dan gemblengan keras di kawah Sandiloka.

2. Menguasai Konsep-Konsep Dasar.

Yang kedua, Anda harus menguasai konsep-konsep dasar pemrograman. Anda mesti menguasai konsep-konsep Algoritma dari level dasar, misalnya seperti algoritma mencari bilangan prima, algoritma quick short, membuat deret Fibonacci, dan lain sebagainya. Mencari tahu bagaimana komputer bekerja, bagaimana sebuah perangkat lunak (software) diciptakan, bagaimana orang membuat software-software. Dengan menguasai konsep dasar ini, Anda akan memperoleh pengetahuan tentang hal bagaimana sebuah sistem komputasi bekerja.

3. Belajar Seseorang Yang Ahli dalam Bidangnya

Selanjutnya, carilah orang yang memang menguasai bidang pemrograman, lalu belajarlah dengan orang tersebut. Mungkin saja dia menulis buku-buku tentang pemrograman. Mungkin saja dia punya lembaga training atau yang lainnya. Di sinilah pentingnya belajar di sekolah terbaik, Sebab sekolah terbaik bukan yang paling mewah fasilitasnya tapi yang memiliki guru-guru atau dosen-dosen terbaik di bidangnya.  😀

4. Suka “Ngoprek”.

Ngoprek disini maksudnya berlatih, sambil bermain, sambil belajar, sambil riset juga. Tujuannya yaitu untuk mengembangkan diri, terutama skill di bidang pemrograman. Dengan “ngoprek”, kita akan mendapatkan pengetahuan baru, pengalaman dan kemampuan baru. Pelajari satu atau dua bahasa pemrograman lain yang belum kita kuasai. Pelajari sistem database yang lain dan pelajari sistem operasi yang lain. Intinya terus berlatih agar siap menghadapi perubahan apapun di masa yang akan datang. Karena jika kita tidak ngoprek, kita tidak akan  mempunyai nilai tambah.

5. Pendidikan Mandiri

Pendidikan Mandiri, maksudnya mendidik diri sendiri, mengedukasi diri sendiri tujuannya yaitu agar ada pengembangan diri. Jika tidak diimbangi dengan pengembangan diri, lama-kelamaan jadi ngga bisa kerja lagi dong? Ya sama aja kena inflasi 😀 Selain itu, kalau kita tidak mengedukasi diri-sendiri nanti lama-lama jadi kuper, atau istilah lainnya jadi orang pedalaman, tidak mengikuti diri perkembangan yang sedang berjalan saat ini.
Mengenai mengedukasi diri, banyak cara yang bisa kita lakukan untuk bisa mengedukasi diri, diantaranya seperti membaca buku-buku pemrograman, mengikuti seminar/webinar yang ada kaitannya dengan pemrograman, berpartisipasi dalam komunitas pemrograman, dan banyak cara-cara yang lainnya lagi.
Mengikuti kontes pemrograman juga bagian dari edukasi lho agar kita punya mental sebagai juara. Menang tidak menang, yang penting kita sudah punya mental juaranya dulu. Lagi pula kalau tidak menang, biasanya hanya karena tidak sesuai kriteria, bukan karena jelek. Jika anda punya budget atau dana khusus dari perusahaan, ikutilah latihan-latihan yang diselenggarakan oleh komunitas atau dari vendor.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Pengertian Web Progamer, Tugas dan Syarat. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :