Perbedaan Fiksi Dan Non Fiksi

Posted on

Perbedaan Fiksi Dan Non Fiksi –  Apa perbedaan dari fiksi dan non fiksi ? Nah, untuk mengetahui perbedaan di fiksi dan non fiksi  maka anda bisa menyimak penjelasan sebagai berikut.

Perlu anda ketahui sebuah keraya tulis di bedakan menjadi dua yani fiksi dan non fiksi. Fiksi biasanya seperti cerpen, cerita sambung dan novel serta masih banyak lagi.

Perbedaan Fiksi Dan Non Fiksi

Umumnya cerita fiksi seperti sebauh manjinasi yang di tuangkan oleh seorang penulis dalam sebuah karya yang mampu membuat pembacannya seperti masuk kedalam cerita tersebut.

Sedangkan jika non fiksi lebih condong ke infomatifnya dan bukan sebuah karya tulis rekayasa dari penulis karena merupakan hal yang terjadi. Beberapa  cerita non fiksi di antaranya seperti  artikel, jurnal, laporan skripsi dan lain – lain.

1. Karangan Fiksi

Karangan fiksi adalh sebuah karangan yang bersifat fiksi atau khayaan yang di tulis oleh seorang pengarang. Biasanya karang ini seperti novel, cerpen dan lain – lain.

Fiksi ilmiah adalah sebuah cerita fiksi yang di tuangkan oleh penulis berdasarkan spekulasi ilmiah.

Pada umumnya karangan ini mampu membuat perasaan seorang pembaca merasa masuk ke dalam cerita tersebut, bahkan hingga membuat emosi pembacanya memuncak.

Karangan ini sangat di pengaruhi oleh sifat pengarang karena sifat tersbeut akan membuat jalan ceritannya berbeda – beda dengan cerita lainnya.

Adapun 2 macam fiksi  di antaranya fiksi imajinatif dan fiksi ilimiah. Sifat dari cerita fiksi adalah bahwa ceritanya tidak dapat di buktikan kebenarannya karena hanya sebuah rekaan.

Langkah-Langkah Pembuatan Suatu Karya Fiksi

1.Ide

Cerita fiksi sangat memerlukan sebuah ide yang cukup mendalam. Pasalnya imajinasi seorang penulsi sangat di butuhkan di dalam cerita ini.

Maka dari itu biasnaya seornag penulis akan menenangkan dirinya agar mendapatkan ide yang cemerlang. Ide ini bisa di dapat dari sbuah pengalaman diri sendiri atau pengalaman orang lain.

2.Pengembangan Ide

Setelah ide cerita di dapat maka selanjutnya, mengembangkan ide dengan baik hingga membentuk sebuah cerita. Cerita ini dapat di buat terlebih dahulu daam bentuk kerangkan agar pengembangannya mudah untuk di buat.

Pengembangan cerita ini mulai dari nama tokoh hingga beberpa hal lainnya yang penting untuk dimuat dalam upaya membuat pembaca seperti masuk ke dalam cerita.

Perbedaan Fiksi Dan Non Fiksi

2. Karangan non fiktif 

Karangan non fiktif adalah sebuah karnagan yang berdasarkan fakta dan realitas yang terjadi di kehidupan nyata. Adapun sebuah karangan ini biasanya di bumbui denga data yang cukup akurat.

Hal ini untuk memberikan informasi secara gamblang kepada para pembacanya. Beberapa jenis karya ilmiah  ini seperti laporan, feature, tesis, makalah dan masih banyak lagi. Karangan ini terbagi menjadi dua diantaranya sebagai berikut :

1. Non fiksi Murni

Cerita ini merupakan sebuah karangan non fiksi yang di bumbui data real.

2. Non fiksi Kreatif

Cerita ini merupakan sebuah data real yang di kembangkan oleh penulis menjadi sebuah cerita dalam bentuk novel, prosa dan lainnya. Adapun jenis dari non fiksi kreatif terdapat dua bagian lagi berdasarkan tingkat pemakaianya yakni non fiksi kreatif sering di pakai dan non fiksi kreatif sering di pakai.

Perbedaan Non fiksi dan Fiksi

Perbedaan Fiksi Dan Non Fiksi
Perbedaan Non fiksi Fiksi
Penggunaan bahasa Bahasa denotatif Bahasa kiasan
Sumber Berdasarkan data Tidak berdasarkan data
Sifat  karangan Bukan fiktif Fiktif
Bentuk karangan Informatif Cerita buatan

Penggunaan bahasa

Berdasarkan dengan penggunaan bahasa maka keduanya memiliki perbedaan sebagai berikut :

Non fiksi : menggunakan gaya bahasa denotatif. Gaya bahasa ini menggunakan kata yang sebenarkanya tidak di tinggi – tinggikan sehingga lebih mudah di pahami karena non fiktif lebih condong ke informatif

Fiks : penggunaan gaya bahasa pada karangan ini adalah konotatif atau di lebih – lebihkan agar pembacanya memiliki emosi terhadap cerita tersebut.

Sumber

Non fiksi : karangan ini menggunakan sumber data yang real sehingga kebenarannya dapat di pertanggung jawabkan.

Fiks : tidak menggunakan data real karena hanya sebuah imajinasi dari seorang penulis.

Sifat karangan

Non fiksi : karangan ini memiliki sifat yang tidak di rekayasa karena karanganya berdasarkan data dan peristiwa yang nyata.

Fiksi: karangan ini memiliki sifat ini khayalan karena di dalamnya hanya sebuah pemikiran yang di ungkapkan oleh penulsi sehingga tidak dapat di nyatakan kebenarannya.

Bentuk karangan  

Non fiksi : karangan ini berbentuk informatif karena data yang di gunakan bisa berguna untuk para pembacanya

Fiksi : karangan ini berbentuk rekaan karena di dalamnya hanya untuk menyampaikan perasaan atau yang di inginkan oleh penulis untuk membuat para pembacanya seperti mengalami peristiwa tersebut.

Itulah perbedaan dari karangan fiksi dan non fiksi yang bisa menambah wawasan anda.

F.A.Q

Apa perbedaan dari fiksi dan non fiksi ?

Non fiksi : Bahasa denotatif, Berdasarkan data, Bukan fiktif dan Informatif
Fiksi : Bahasa kiasan, Tidak berdasarkan data, Fiktif dan Cerita buatan

BACA JUGA