Perbedaan Penjas Dan Olahraga

Posted on
Perbedaan-olahraga-dan-penjas

Artikel makalah Perbedaan Penjas Dan Olahraga – meliputi dari pengertian, prinsip, manfaat, tujuan, metode, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Sobat olahraga, dimana kali ini penulis akan menjelaskan antara perbedaan penjas dan olahraga, memang jika diperhatikan dari kedua istilah tersebut hampir semua mirip alias sama sehingga dapat di pungkiri lagi bahwa banyak manfaat yang terdapat daeri keduan hal tersebut yang akan membiasakan diri untuk berolaharaga.

Untuk lebih jelasnya langsung saja simak penjelasan di bawah ini :

Pengertian Penjas

Penjas merupakan salah satu bagian integral yang memiliki sistem pendidikan secara keseluruhan sehingga dapat melaksanakan pendidikan jasmani sesuai dengan tujuan pendidikan tersebut dan dapat melakukan aktivitas jasmani untuk mengembangkan potensi hehidupan.

Namun ternyata dari istilah yang berhubungan dengan olahraga yaitu istilah dalam pendidikan jasmani karena kedua hal ini seperti yang kami jelaskan sebelumnya lebih cenderung mirip.

Menurut Undang-Undang No 2 Tahun 1989 yang menerangkan bahwa Pendidikan merupakan salah satu usaha yang sadar yang dilakukan peserta didik untuk melalui kegiatan dalam bimbingan dan dapat pelatihan bagi peranannya di masa yang akan datang.

Jadi secara garis besar Pendidikan Jasmani merupakan aktivitas badan atau tubuh yang lebih aktif dalam bidang gerak tubuh sehingga dapat dijadikan sebagai alat atau media untuk mendidik guna tercapainya tujuan dalam pendidikan yang umum. 

Begitu pula dengan aktifitas pelajaran yang lainnya media dalam proses pembelajarannya karena pendidikan dapat memberikan modal berupa kemampuan yang baik secara fisik nya.

Sedangkan jasmani menurut bahasa kamus besar yaitu membentuk badan atau tubuh melalui aktivitas dengan gerakan badan yang dijadikan sebagai alat untuk mendidik mata pelajaran yang lainnya.

Baca Juga: Olahraga Berkuda

Pengertian Olahraga

Olahraga merupakan aktivitas yang dapat di lakukan dalam kehidupan sehari-hari karena hal ini sebagai salah satu kegiatan fisik untuk seseorang dan menambah kualitas kesehatan terhadap tubuh manusia.

Olahraga juga dapat mendorong kepada dalam pendidikan jasmani yang memiliki dalam mengembangkan keterampilan dan kemampuan fisik serta pola hidup yang sehat dan terhindar serangan penyakit.

Sedangkan olahraga yang berasal dari dari sebuah kata sport dalam budaya Amerika diartikan untuk aktivitas dalam bermain dan diorganisir yang menyatakan bahwa olahraga memiliki tiga indikator.

  • Sebagai bentuk keterampilan tingkat tinggi
  • Dimotivasi oleh faktor intrinsik dan ekstrinsik motivasi
  • Lembaga yang mengatur dan mengelolanya

Dari definisi di atas jelas sudah antara perbedaan Pendidikan Jasmani dan Olahraga terhadap aktivitas yang menggunakan keterampilan dengan tingkatyang tinggi dan diikat dari sebuah peraturan yang pelaksanaannya telah disepakati.

Dengan demikian olahraga memiliki beberapa ciri khusus yaitu bersifat kompetitif dalam aktivitas jasmani itu berubah bentuk yang menjadi kan kegiatan dalam permainan atau rekreasi pada pola hidup yang sehat.

Baca Juga: Penjaskes

Kesimpilan dari kedua metode

Oleh karena itu perbedaannya yang harus di ketahui tentang memahami informasi yang diharapkan sebenarnya perbedaan antara olahraga dan pendidikan jasmani itu adalah sebagai berikut :

Persamaan dan Perbedaan Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Olahraga dan penjas dapat dimanfaatkan kedalam proses kependidikan terkadang pada dasarnya dapat muncul untuk kepentingan pendidikan pribadi.

Sedangkan penjas dan olahraga tidak akan lepas dari aktivitas jasmani sehingga perbedaan antara penjas dengan olahraga yaitu:

Lalu apa perbedaan Penjas dan Olahraga

Pendidikan JasmaniOlahraga
Peserta lebih bersifat heterogenPeserta lebih bersifat homogen
Memiliki Tujuan guna untuk mencapai tujuan pendidikanMemiliki tujuan guna mendapatkan prestasi yang tinggi
Berorientasi dengan kebutuhan dan perkembangan pesertaBerorientasi pada latihan
Semua aktivitas gerak termasuk olahragaMateri lebih dari cabangan olahraga
Guru sebagai subjek pendidikanPelatih sebagai subjek pendidikan
Waktu pelaksanaan tiap pertemuanWaktu pelaksanaan tidak dibatasi

Dari beberapa penjelasan yang tulisan diatas dapat disimpulkan bahwa Pendidikan penjas dan Olahraga memiliki perbedaan yang signifikan dari berbagai aspek dalam kegiatannya.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa informasi tentang berbedaan penjas dan olahraga, diharapkan bagi yang membaca mudah untuk mengerti dari tulisan ini.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, terima kasih telah berkunjung di halaman web kami.

Baca Juga: Olahraga Surfing