Peta Persebaran Flora Di Indonesia Berdasarkan Wilayah dan Geografi

Posted on

MateriBelajar.Co.id Pada kali ini akan membahas tentang peta persebaran flora di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). pembahasan secara lengkap dan dibagi menurut wilayah dan geografi. untuk lebih jelasnya simak pembahasan dibawah ini

peta persebaran flora di indonesia
peta persebaran flora di indonesia

Persebaran flora dan fauna di dunia dipelajari pada cabang ilmu biogeografi dengan memakai pendekatan biogeografi sejarah yaitu melihat dari sudut pandang perkembangan dan evolusi, iklim, migrasi, gerakan bumi pada masa lalu

Pengertian Flora

“Flora umumnya diartikan sebagai tumbuh-tumbuhan”

Arti flora yaitu semua tumbuh-tumbuhan yang hidup di suatu daerah zaman tertentu. Keanekaragaman flora di Indonesia tergolong amat tinggi jumlahnya di dunia, jauh lebih tinggi dari flora yang terdapat di Amerika dan Afrika. Demikian juga jika dibandingkan dengan daerah-daerah yang beriklim sedang dan dingin.

Pembagian Berdasarkan Wilayah

Persebaran flora di Indonesia terbagi menjadi 3 wilayah, yaitu :

Flora di Daerah Paparan Sahul

Flora Paparan Sahul merupakan flora di daerah Irian Jaya, yang terdiri dari tiga macam, yaitu :

  • Pohon sagu, pohon nipah, dan mangrove.
  • Hutan hujan tropik.
  • Jenis Pemetia Pinnata (motea).

Flora di Daerah Peralihan

Di Sulawesi terdapat 4.222 jenis flora yang berkerabat dengan wilayah lain yang relatif kering di Filipina, Maluku, Nusa Tenggara, dan Jawa. Flora di daerah peralihan yang ada di habitat pantai, dataran rendah dan ultra basis mirip dengan flora Irian dan jenis tumbuhan gunung mirip dengan yang ada di Kalimantan.

Flora Sulawesi merupakan percampuran antara Indonesia bagian barat dan bagian timur. Jenis flora di Sulawesi banyak yang memiliki kesamaan dengan wilayah kering di pulau Jawa, Maluku, dan Nusa Tenggara, sedangkan flora dataran rendah Sulawesi banyak mirip dengan flora dataran rendah di Papua.

Baca Juga :  Pengertian Makanan, Jenis, Kandungan dan Fungsi Bagi Tubuh

Flora di Daerah Paparan Sunda

Flora paparan Sunda merupakan flora di wilayah Sumatra yang terdiri daritiga macam, yaitu :

  • Flora endemik, contoh bunga Rafflesia Arnoldi.
  • Flora di pantai timur terdiri dari mangrove dan rawa gambut.
  • Flora di pantai barat terdiri dari berbagai macam vegetasi di antaranya yaitu meranti-merantian, rawa gambut, hutan rawa air tawar, kemuning, dan rotan.

Peta Persebaran

peta persebaran flora di indonesia
peta persebaran flora di indonesia

Persebaran Flora Menurut Geografi

Persebaran flora di Indonesia menurut lingkungan geografi yang berdasarkan iklim dan keadaan daerah yaitu sebagai berikut :

Hutan Mangrove
Hutan ini khas daerah pantai tropik, ciri tumbuhan ini memiliki akar napas yang tergantung dari batang, benih tumbuhan bisa mengapung di air laut selama ber bulan bulan, hingga masih dapat tumbuh setelah terdampar di daratan. Ada gejala vivipari, yaitu perkecambahan biji tumbuhan induk. Hutan ini umumnya terdapat didaerah pantai timur Pulau Sumatra dan daerah pantai Kalimantan Tengah, Papua, dan sebagian besar daerah pantai di seluruh dunia.

Hutan Lumut (Tundra)
Hutan lumut, ada di pegunungan tinggi yang tertutup kabut karena letaknya sangat tinggi dari permukaan laut, hingga udara begitu lembap dan suhunya rendah. Hutan lumut terdiri dari pohon-pohonan yang ditumbuhi lumut, misalnya di pegunungan tinggi di Papua, Sumatra, Sulawesi, Kalimantan, dan Jawa.

Hutan Rawa
Hutan rawa meliputi daerah yang cukup luas. Hutan rawa air tawar tidak menghasilkan kayu yang baik, namun tanahnya bisa dimanfaatkan sebagai tanah pertanian. Hutan rawa gambut bisa menghasilkan kayu, salah satunya yaitu kayu ramin. Hutan rawa gambut umumnya ada di Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Hutan Musim
Jenis hutan ini umum disebut dengan hutan homogen, karena tumbuhannya terdiri atas satu pohon. Hutan ini memiliki ciri-ciri gugurnya daun saat musim kemarau. Sebagai contoh yaittu hutan jati, cemara, dan pinus. Jenis hutan ini terdapat banyak di Indonesia bagian tengah, Jawa Tengah, dan Jawa Timur sampai Nusa Tenggara.

Baca Juga :  Sel Tumbuhan : Gambar, Organel, Fungsi, Tipe Jaringan dan Komponen

Hutan Hujan Tropis
Hutan hujan tropis adalah hutan rimba yang mempunyai pohon-pohon lebat. Jenis hutan ini banyak di daerah hutan tropis atau daerah yang mengalami hujan sepanjang tahun. Hutan ini umum disebut dengan hutan heterogen, karena tumbuhannya terdiri berbagai macam jenis pohon. Jenis hutan ini terdapat banyak di Pulau Sumatra, Kalimantan, dan Papua.

Stepa
Stepa yaitu padang rumput yang luas. Adanya stepa di Indonesia dikarenakan curah hujan sudah banyak turun pada bagian barat seperti Sumatra dan Jawa Barat, hingga angin musim yang membawa hujan dari arah Asia telah kering sesudah sampai di daerah ini. Curah hujan yang ada hanya mampu untuk tumbuhnya tumbuhan jenis rumput yang tak terlalu banyak memerlukan air. Daerah yang terdapat stepa ini antara lain Nusa Tenggara Timur dan Timor Timur.

Sabana
Sabana mempunyai ciri daerah padang rumput luas dengan diselingi adanya pepohonan ataupun semak-semak di sekitarnya. Daerah ini mengalami musim kemarau yang amat panjang dan bersuhu panas. Di Indonesia ada di bagian Nusa Tenggara, Madura, dan di dataran tinggi Gayo (Aceh). Wilayah ini digunakan untuk peternakan, seperti sapi, kuda, dan kambing

Demikianlah pembahasan tentang artikel ini, Semoga bermanfaat

Baca Juga :

 

Peta Persebaran Flora Di Indonesia Berdasarkan Wilayah dan Geografi
5 (100%) 1 vote[s]