Pidato Persuasif

Posted on
Pidato-Persuasif

Artikel makalah tentang Pidato Persuasif – meliputi dari pengertian, tujuan, truktur, jenis, manfaat, kreteria, metode, fungsi, unsur, contoh supaya mudah di pahami.

Apa itu Pidato Persuasif, hal ini merupakan sebuah kegiatan dalam berbicara di depan umum atau dapat juga dalam berorasi untuk menyatakan pendapatnya sehingga dapat memberikan gambaran tentang suatu hal.

Untuk lebih mudah mengetahuinya langsung saja simak ulasan di bawah ini:

Pengertian Pidato Persuasif

Pidato persuasif merupakan salah satu metode pidato yang yang memiliki tujuan untuk menarik perhatian para pendengar sehingga dapat memengaruhi isi dari tema pidati persuasif.

Hal ini memiliki sifat untuk mengajak seseorang dapat menghimbau kepada masyarakat dalam melakukan hal yang bermanfaat dalam kehidupan.

Dengan demikian hal ini merupakan salah satu cara yang efektif guna menggerakan masyarakat agar selalu berbuat yang lebih baik dan lebih kreatif dalam pergaulan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat nya

Biasanya dalam berpidato ini akan menyelipkan lelucon atau kata-kata yang lucu kepada audiens agar tidak merasa bosan dalam mendengarkan pidatonya.

Baca Juga: Pidato Tentang Narkoba

Tujuan Pidato Persuasif

Dari penjelasan singkat di atas maka hal ini memiliki tujuan untuk penguatan tanggapan dalam pembentukan nya adalah.

  • Memiliki pokok atau topik masalah yang akan diuraikan serta temanya harus dikuasai
  • Memiliki kecakapan dalam menyampaiakan pidato
  • Memiliki isi yang mengandung pengetahuan
  • Memiliki tujuan yang akan dibicarakan
  • Memiliki topik yang terjalin antar hubungan yang harmonis

Struktur Pidato Persuasif

Struktur dalam kerangka pidato persuasif ini sebaiknya terlebih dahulu memperhatikan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Salam pembukaan : Hal ini merupakan ucapan salam kepada pendengarnya.
  • Pendahuluan : merupakan berisikan tentang gambaran dari pidato tersebut.
  • Isi pidato : merupakan isi dari pidato sehingga dapat meliputi maksud dan tujuan nya.
  • Penutup : merupakan berisikan tentang kesimpulan atau sebagai salam penutup.

Isi Pidato Persuasif

Dengan merujuk pidato secara keseluruhan persuasif secara khusus sangat lah jelas bahwa pidato ini haruslah memberikan sebuah informasi yang menarik dan bermanfaat.

Dengan demikian dapat membuat audiens atau dapat disampaikan juga salah satu yang menjadi unsur yang penting dalam pidato tersebut sehingga untuk membuat masyarakat berbuat dan dapat melakukan sesuatu yang baik.

Ciri-ciri Pidato Persuasif

  • Pidato memiliki permasalahan yang pokok dari kriteria yang disampaikan serta memiliki pesan inti di dalam pidato nya agar para audiens dapat melakukannya.
  • Keahlian dalam menyampaikan bahwa pidatonya memiliki ciri sebagai dapat membujuk atau menasehati para pendengarnya.
  • Memiliki hubungan yang baik yang terdapat dari kriteria agar pendengar bersedia dan mereka merasa nyaman walaupun dalam waktu singkat.
  • Pidati cenderung agar dapat melakukan sesuatu dekat atau akrab.

Baca Juga: Pidato Tentang Pendidikan

Jenis Jenis Pidato Persuasif

Pidato persuasif terasa lebih mudah untuk melakukannya sehingga dapat mengetahui jenis pidato nya adalah.

  • Pidato persuasif merupakan salah satu jenis pidato yang didasarkan memiliki tujuan yang baik.
  • Pidato persuasif merupakan salah satujenis pidatoyang bersifat informatif atau sebuah informasi.
  • Pidato persuasif merupakan salah satu jenis untuk meyakinkan pendengar tentang apa yang disampaikan
  • Pidato deskriptif merupakan salah satu jenis untuk menggambarkan sebuah keadaan.
  • Pidato rekreatif merupakan salah satu jenis untuk menghibur pendengar.

Contoh Pidato Persuasif

Beberapa penjelasan serta tujuan dan jenis di atas maka di sini juga terdapat contoh pidato persuasif perhatikan contoh di bawah ini.

Pidato Persuasif
Pertama-tama dan yang paling utama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang selalu senantisabanyak melimpahkan rahmatnya dan keberkahan kepada kita semua.

Sholawat serta salam yang tak lupa pula kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang akan kita nanti-nantikan syafaatnya pada saat kita meninggalkan bumi ini.

Yang saya hormati, petinggi perusahaan
yang saya hormati, peserta Seminar
yang saya kormati, tamu undangan yang berbahagia
saya sangat banyak mengucapkan terimakasih bagi panitia yang telah memberikan pelayanan yang baik kepada saya, semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar. Amiinn

Sebelum membahasnya lebih jauh bahwa betapa banyak pengusaha-pengusaha yang sukses yang meniti karir dari kehidupannya mulai dari nol besar sehingga mereka dapat meraih keberhasilan dengan melakukan kerja keras dan mampu mempunyai mimpi yang besar.

Pengusaha-pengusaha Yang sukses mereka mempunyai pengalaman dan latar belakang dengan pendidikan sekolah yang tidak terlalu tinggi sehingga mereka melakukan untuk menjalankan dunia bisnis serta memiliki i etos kerja dan semangat yang akan membangkitkan demi mewujudkan cita-citanya.

Kebanyakan dari beberapa pengusaha-pengusaha yang telah berhasil meraih mimpinya adalah orang-orang yang berjiwa muda dan mempunyai kesempatan dalam melakukan tindakan untuk mewujudkan mimpi-mimpi mereka sehingga mereka dapat membahagiakan keluarga nya dengan melakukan kerja keras dengan menekuni usaha yang sedang meraka jalanni.

Disini saya akan terus mengajak kita semua yang hadir di sini untuk menempuh pendidikan yang setinggi-tingginya sehingga kita dapat melkukan apa yang terbaik untuk kita dan dapat meraih masa depan hidup kita yang labih baik lagi.

Remaja-remaja yang sedang mencari pekerjaan marilah terus berjuang dan rubah pola pikir kalian agar dapat melakukan hal yang baik marilah kita tingkatkan dan membentuk jati yang mempunyai sudut pandang yang lebih baik dalam mengenai kehidupan untuk membangun perekonomiannya sediri dengan melakukan usaha yang berjalan nari merintis usaha tersebut.

Hal ini sangatlah penting karena masa depan dapat merubah segalanya dan salah satu unsur pokok penunjang kehidupan dengan perekonomian Marilah kita terus berjuang dan para pemuda dan pemudi dengan generasi penerus bangsa ini teruslah bergerak dan berfikir yang kreatif dan inovatif, supaya dapat membengkitkan perekonomian dengan melalui prosesnya menuju suatu kesuksesan.

Marilah kita bergerak dan mengalahkan diri kita sendiri semua nya tergantung kita yang menjalani kalau bukan kita siapa lagi yang akan mau mewujutkan den memajukan negri ini dengan perkembangan perekonomian yang semakin tingggi. kita harus berani bertindak dan mengambil langkah yang lebih maju lagi.

Mungkin sekian yang dapat saya sampaikan dengan menegaskan sekali lagi kita harus menjadi pemuda yang sukses. Aminnnnnn

Semoga ungkapan ini dan apa yang saya katakan dapat berguna dan bermanfaat Terima kasih.

mohon maaf atas semua kesalahan

wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh……

Demikianlah yang dapat kami sampikan mengenai informasih tentang Pidato Persuasif dan beberapa jenis serta contohnya, semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Terima Kasih

Baca Juga: Pembukaan Pidato