Pidato Tentang Akhlak

Posted on
Pidato-Tentang-Akhlak

Artikel makalah tentang Pidato Tentang Akhlak – meliputi dari pengertian, ciri, tujuan, manfaat, teks, metode, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Apa itu pidato Akhlak, Hal ini merupakan suatu perbuatan yang bertujuan untuk mencerminkan dan memberikan contoh ahklak yang mulia untuk setiap orang sehingga dapat menjalankan amalan ini ke dalam ligkungan bermasyarakat dan yang lainnya.

Untuk lebih jelasnya langsung saja simak penjelasan di bawah ini:

Pengertian Pidato Akhlak

Pidato Akhlak merupakan kedudukan yang ada di dalam Islam sehingga hal ini sangatlah penting bahkan wajib bagi setiap muslim untuk selalu berusaha semaksimal mungkin dalam memiliki akhlak yang mulia.

Akhlak memberikan pemahaman dengan memberikan nilai agama kepada siapa saja yang membangun negeri ini sehingga dapat di lakukan kepada siapa saja seperti kepada orang tua, kepada alloh, kepada Nabi Muhammad, dan kepada kaum muslimin.

Salah satu cara yang terbaik dalam memberikan pemahaman terhadap nilai keagama dengan menyampaikan akhlak yang terpuji bagi seorang muslim.

Baca Juga: Pidato Tentang Anak Sholeh

Ciri ciri Pidato Tentang Akhlak

Terkadang seseorang bisa dapat melakukan akhlak yang mulia maka pidato tentang akhlah juga memiliki ciri-ciri nya diantaranya adalah sabagai berikut.

Saling Memberi Nasehat – hal ini merupakan peranan pertama dan harus memiliki akhlak dalam memberikan nasehat kepada masyarakat sekitar sehingga dalam pidato juga dapat dicontohkan tentang apa yang di bicarakan para sahabatnya.

Jujur dan Amanah – Jujur dan amanah merupakan perilaku yang patut di berikan contoh pada saat melakukan pidato sehingga terhindar dari nistanya atau kedustaan yang meninggikan derajat seseorang dan berbuat jujur.

Lemah Lembut – Hal ini merupakan sebagai peranan yang telah di anjurkan oleh Nabi Muhammad SWT. yang adal di dalam melakukan pidato atau tindakan yang mulia.

Bersegera Melaksanakan Shalat wajib – hal ini merupakan salah satu akhlak yang terpuji dalam melakukan pidati karena seseorang muslim yang akan melakukan pidato wajib melakukan sholat tepat pada waktunya.

Mudah Memaafkan – Mudah memaafkan merupakan adab yang terpuji seorang muslim dalam melakukan pidato dan mendapatkan ketenangan hati dalam menyampaikan pidatonya.

Tidak Suka Mencela – tidak suka mencela merupakan salah satu perbuatan yang nampak dalam berpidato karena pada saat pidato jangan ada sifat mencela sebagian orang.

Baca Juga: Pidato Tentang Anti Kekerasan

Contoh Pidato Tentang Akhlak

Dari beberapa penjelasan dan ciri-ciri singkat di atas maka disini juga terdapat contoh tentang akhlak diantara nya adalah.

Contoh

Pidato Tentang Akhlak
Assalamualaikum Wr.Wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera
Yang saya hormati Bapak/Ibu
Dan yang saya cintai semua teman-temanku
Dan yang saya banggakan tamu undangan yang hadir.

Puji syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah S.W.T yang dimana telah melimpahkan rahmat serta hidayahnya kita bisa berkumpul dalam ruangan ini. Shalawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad S.A.W segenap keluarganya dan para sahabatnya yang kita nanti-nantikan kelak di yaumil akhir.

Ijinkanlah saya pada kesempatan yang mulia ini ingin menyampaikan dan berbagi ilmu kepada kita semua yaitu tentang akhla.

Bapak ibu yang terhormat

Alhamdulillah pada kesempatan ini kita semua diberi kuasaNya untuk bisa hadir bersama-sama dalam acara kita ini dan saya dapat menyampaikan pidato yang singkat mengenai akhla, hal ini juga yang harus dimiliki oleh seorang muslim atau masyarakat yang pada umumnya dalam kehidupan yang panah ini.

Bapak ibu yang terhormat,,, Akhlak itu sendiri merupakan perilaku yang baik yang harus di lakukan seseorang yang sudah menjadi tabiat atau kebiasaan dalam kehidupan sehari-harinya. Karena untuk melihat aplikasi terbaiknya harus banyak mempelajari sejarah tentang Nabi Muhammad shalallahu alaihi wassalam

Karena beliau lah suri tauladan yang terbaik bagi umat Islam bahkan sampai dikatakan pula akhlak Nabi shalallahu alaihi wassalam adalah akhlak yang harus di contoh dan yang harus di laksanakan bagi setiap muslim yang beriman.

Bapak ibu yang terhormat sebab semua dari isi kandungan yang ada di dalam Alquran sudah sangat jelas dan harus diterapkan pada kehidupan sehari-hari kita dalam mentaati ajaran Rasulullah sallallahu alaihi wasallam….

Bapak ibu yang terhormat, Bahkan dalam ajaran akhlak Rasulullah selalu harus melaksanakan seluruh apa yang ada dalam Al-Qur’an karena sesungguhnya perilakunya Nabi Muhammad seharusnya yang kita jadikan panutan dan yang harus kita jalankan dalam kehidupan ini.

Demikianlah pidato yang singkat ini dan yang bisa saya sampaikan apabila ada salah  itu datangnya dari saya sendiri dan Jika ada benar maka datangnya dari Allah SWT.

Kepada Allah saya mohon ampunan
Dan kepada yang hadir saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Sekian terima kasih. 

Wabillahi taufik wal hidayah…
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai penjelasan tentang pidato tentang akhlak dan contohnya, semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Terima Kasi

Baca Juga: Pidato Tentang Lingkungan