Pidato Tentang Bulan Muharram

Posted on
Pidato-Tentang-Bulan-Muharram

Artikel makalah tentang Pidato Tentang Bulan Muharram – meliputi dari pengertian, manfaat, keutamaan, sifat, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Apa itu Bulan Muharram, hal ini merupakan tahun baru Islam atau yang sering dikenal sebagai Peringatan 1 Muharram, dalam menyambut bulan muharram ini biasanya akan di adakan di Majlis atau pesantren dan masjid. sehingga penyambutan tersebut penuh kemeriahan.

Untuk itu kami akan memberikan penjelasan sebagai salah satu materi pidato tentang Bulan Muharram lansung saja simak pada artikel di bawah ini:

Daftar Menu Artikel

Pengertian Pidato Bulan Muharram

Bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang sangat berkesan dan bersejarah dalam memperingati bulan Muharram karena bulan Muharram ini bulan pertama bagi umat Islam sehingga seringkali umat Islam melakukan kegiatan ini.

Bulan Muharram di mana betapa pentingnya arti dari bulan itu karena bulan muharram adalah bulan yang di nanti-nantikan bagi umat muslim sehingga dalam kegiatan tersebut banyak sekali dengan beranekan ragam kegiatan sepertian di adakan pengajian, ceramah dan lain sebagainya.

Baca Juga: Pidato Tentang Anak Sholeh

Contoh Pidato Tentang Bulan Muharram

Dari penjelasan singkat di atas maka kami juga akan memberikan beberapa contoh tentang apa yang ada dalam materi kami ini yaitu tentang pidato Bulan Muharram .

Berikut contoh pidato Bulan Muharram adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Pidato Tentang Akhlak

Contoh 1

Pidato Tentang Bulan Muharram
Assalaamu’alaikum Warohmatullah Wabarokaatuh…

Para hadirin / bapak / ibu dan teman-teman yang berbahagia tahu enggak kalau menjawab salam itu adalah wajib maka dari itu jika menjawab salam harus dengan semangat yaa…

Assalaamualaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh..
Alhamdulillah….Alhamdulillahirobbil alamiin Wassholaatu Wassalaamu alaa Sayyidina Muhammadin Wa ala aalihi Washohbihi ajmaiin.
amma badu
.

Pertama dan yang paling utama marilah bersama-sama kita selalu panjatkan puji syukur kita kepada Allah SWT. Yang telah memberikan kita banyak kenikmat diantara nikmat iman, nikmat islam serta sehat walafiat.

Sholawat dan beserta salam marilah kita sanjung agungkan kepada junjungan kita dan panutan kita Nabi besar Muhammad SAW. Kita selalu berdo’a mudah-mudahan kita selalu menjadi umatnya dan terus istiqomah dalam menjalankan sunnah-sunnahnya. Aminnn

Pada kesempatan yang berbahagia ini izinkanlah saya berpidato dengan judul Tahun Baru Islam atau bulan Muharram.

Para hadirin hamba Allah yang berbahagia sudah tidak asing lagi kita selaku umat muslim dalam memperigati tanggal 1 Muharram karena hal demikian adalah tahun barunya umat islam yang dimana seluruh umat islam dapat memperingati tahun barunya dengan melakukan berbagai macam kegiatan dan acara.

Akan tetapi saat ini kita harus menjadikan bulan Muharram ini adalah bulan yang berbahagian dan bermanfaat dihadapan manusia dan menjadi hamba yang selalu bertaqwa disisi Allah SWT. Aminnn

Alloh telah berfirman yang artinya

Sebaik-baik nya manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya dan selalu bertagwa kepada Alloh.

Hadirin bapak, ibu yang dimuliakan Allah SWT.

Sebagaimana dalam sebuah pepatah yang telah dikatakan telah terdapat tiga macam tingkatan golongan manusia yang beriman dan bertagwa.

Pertama

Barang siapa hari ini lebih buruk dari hari kemarin maka hancurlah dia dan apa perbuatan nya akan sia-sia.

Kedua

Barang siapa hari ini sama seperti hari kemarin maka rugilah dia dan perbuatannya.

Ketiga

Barang siapa hari ini lebih baik dari hari kemarin maka sukseslah dia maka apa yang dilakukannya berbuatan yang beruntunglah.

Alloh berfirman dalam Al qur’an

Apabila seseorang telah terbebas dari api neraka maka masuklah dia ke dalam surga nya Allah, maka sungguh dia termasuk sama orang yang sukses dan beruntung.

Mudah-mudahan kita yang hadir disi bisa menjadi orang yang sukses dan beruntung di dunia dan di aherat. Amin

Sahabatku yang berbahagia.

Setelah apa yang saya sampaikan dalam pidato tadi saya berharap kita semua dapat menjalankan semua perintah Alloh dan Rasulnya dan nantinya ketika kita meninggal kita dapat masuk kedalam surganya Alloh. Aminnn Alloh Humma Aminn

Di sini saya dapat menggaris bawah kesimpulan dari pidato saya ini tentang bulan Muharram hendaklah kita menjadi muslim yang sukses dan beruntung yaa dan semua amal dan perbuatan kita hari ini harus lebih baik dari hari kemarin.

Saya Akhiri apa bila ada kata-kata yang benar itu datang nya dari Alloh dan apabila ada kata-kata yang salah itu dayang nya dari saya sendiri dan saya mohon dibukakan pintu ma’af yang sebesar-besarnya dan kepada Alloh saya mohon ampun, apabila ada kekhilafan dan kesalahan dalam pidato saya ini

Akhirul kalam

Wabillahittaufik Walhidayah Wassalaamualaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh….

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai pidato tentang menyambut bulan Muharram atau tahun baru hijriyah, semoga artikel ini dapat menjadi sebuah referensi bagi kaum muslimin dan muslimat dimanapun meraka berada.

Semoha berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih

Baca Juga: Pidato Tentang Demo Mahasiswa