Pengertian Politik Menurut Ahli, Secara Umum dan Etimologi

Posted on

MateriBelajar.Co.id Pada kali ini akan membahas tentang pengertian politik dan pembahasan melalui pengertian  menurut umum dan pengertian menurut sejumlah para ahli dibidangnya serta penjelasan secara etimologi, untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini

Pengertian Secara Umum

Politik merupakan proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara. Pengertian ini adalah upaya penggabungan antara berbagai definisi yang berbeda mengenai hakikat politik yang dikenal pada ilmu politik.

“Politik dari bahasa Yunani yaitu politikos, yang memiliki arti dari, untuk, atau yang berkaitan dengan warga negara”

Secara etimologi politik berhubungan erat dengan kata politis yang berarti hal-hal yang berhubungan dengan politik. Kata politisi memiliki arti orang-orang yang menekuni hal-hal yang berkaitan dengan politik. Para tokoh mempunyai sudut pandang yang beragam mengenai pengertian dari politik.

pengertian politik menurut ahli
pengertian politik menurut ahli

Politik Menurut Beberapa Para Ahli

berikut ini merupakan beberapa definisi politik menurut para ahli :

Andrew Heywood
politik merupakan kegiatan suatu bangsa yang memiliki tujuan untuk membuat, mempertahankan, dan mengamandemen peraturan umum yang mengatur kehidupannya, yang berarti tak dapat terlepas dari gejala konflik dan kerjasama.

Roger F.Soltau
politik yaitu ilmu yang mempelajari Negara,tujuan Negara, dan lembaga Negara yang ingin melaksanakan tujuan itu serta hubungan antara Negara dengan warga negaranya serta Negara lain.

Robert
politik yaitu seni memerintah dan mengatur masyarakat (manusia)

W.A Robson
politik merupakan ilmu yang mempelajari kekuasaan dalam bermasyarakat, meliputi sifat hakiki, dasar, proses-proses, ruang lingkup dan hasil-hasil.

Paul Janet
politik yaitu ilmu yang mengatur perkembangan Negara dan juga prinsip-prinsip pemerintahan

Harold Laswell
politik yaitu ilmu yang mempelajari pembentukan serta pembagian kekuasaan.

Ramlan Surbakti
politik merupakan proses interaksi antara pemerintah dan masyarakat guna menentukan kebaikan bersama bagi masyarakat yang tinggal dalam suatu wilayah tertentu.

F.Isjwara
politik yaitu salah satu perjuangan untuk mendapatkan kekuasaan ataupun teknik menjalankan kekuasaan-kekuasaan.

Kartini Kartolo
politik merupakan aktivitas perilaku / proses yang memakai kekuasaan untuk menegakkan peraturan dan keputusan yang sah berlaku ditengah masyarakat.

Cheppy H.Cahyono
politik yaitu macam-macam kegiatan pada system politik atau Negara yang menyangkut proses menentukan dan sekaligus melaksanakan tujuan sistem tersebut

Carl Schmidt
politik merupaka suatu dunia yang didalamnya orang lebih membuat keputusan-keputusan daripada lembaga abstrak

Litre
politik yaitu suatu ilmu memerintah dan mengatur Negara

Sri Sumantri
politik merupakan pelembagaan hubungan antar manusia yang dilembagakan dalam berbagai macam badan politik baik suprastruktur politik dan infrastruktur politik

Wilbur White
politik yaitu ilmu yang mempelajari asal mula, bentuk dan proses Negara serta pemerintah

Ossip K.Flechteim
politik merupakan ilmu sosial khusus mempelajari sifat dan tujuan dari Negara sejauh Negara adalah organisasi kekuasaan, beserta sifat dan tujuan gejala kekuasaan lain yang tak resmi yang bisa mempengaruhi Negara

Seely dan Stephen Leacock
politik merupakan ilmu serasi dalam menangani pemerintahan

Adolf Grabowsky
politik yaitu menyelidiki Negara pada keadaan bergerak

Aristoteles
politik merupakan usaha yang ditempuh warga Negara untuk mewujudkan kebaikan bersama

Ibnu Aqil
politik yaitu hal-hal praktis yang lebih mendekati kemaslahatan bagi umat manusia dan lebih jauh dari kerusakan walaupun tidak digariskan oleh Rasulullah SAW

Rod Hague
politik merupakan kgiatan yang menyangkut cara bagaimana suatu kelompok mencapai keputusan yang bersifat kolektif dan mengikat melalui usaha untuk mendamaikan perbedaan-perbedaan diantara anggotanya

Secara Etimologi

Secara etimologi kata “politik” berhubungan dengan politis, kebijakan. Kata “politis” yang memiliki arti hal yang berhubungan dengan politik. Kata “politisi” berarti orang yang menekuni hal politik.

Politik berasal dari bahasa Yunani yaitu polis yang berarti kota ataupun negara kota. Turunan dari kata itu adalah :

  • polites memiliki arti warga negara.
  • politikos memiliki arti kewarganegaraan.
  • politike tehne memiliki arti kemahiran politik.
  • politike episteme memiliki arti ilmu politik.

Kata ini berpengaruh hingga ke wilayah Romawi sampai bangsa Romawi mempunyai istilah ars politica yang artinya kemahiran tentang masalah masalah kenegaraan. Politik juga dikenal bahasa Arab dengan kata siyasah yang memiliki arti mengurus kepentingan seseorang. Pengarang kamus al Muhith mengatakan bahwa sustu ar-ra’iyata siyasatan berarti saya memerintahnya dan melarangnya.

Politik secara terminologis bisa diartikan sebagai berikut

  • Menunjuk pada satu segi kehidupan manusia bersama dengan masyarakat. Lebih mengarah pada politik sebagai usaha untuk mendapat kekuasaan, memperbesar ataupun memperluas serta mempertahankan kekuasaan. Misalnya: kejahatan politik, kegiatan politik dan hak politik.
  • Menujuk kepada “satu rangkaian tujuan yang akan dicapai” atau “cara-cara atau arah kegiatan tertentu guna mencapai tujuan tertentu”. Lebih mengarah pada kebijakan. Misalnya : politik luar negeri, politik dalam negeri dan politik keuangan.
  • Menunjuk pada suatu pengaturan urusan masyarakat didalam segala aspek kehidupan. Pemerintah mengatur urusan masyarakat, masyarakat melakukan koreksi kepada pemerintah dalam melaksanakan tugasnya (siyasah).

Demikianlah pembahasan tentang artikel ini, Semoga bermanfaat

Artikel lainya :