Posisi Pemain Basket

Posted on
Posisi-Pemain-Bola-Basket

Artikel makalah Posisi Pemain Basket – meliputi dari definisi, tugas, formasi, Jenis, tujuan, manfaat, contoh dan gambar supaya lebih mudah di pahami.

Sobat olahraga, kali ini penulis akan membahas tentang posisi pemain Bola Basket dimana jenis olahraga yang satu ini dilakukan dengan berkelompok semacam sepak bola namun memiliki perdedaan dengan cara bermainnya saja, pada olahraga Bola Basket ini hanya beranggotakan lima orang pemain dan beberapa pemain cadangan demi mencetak angka.

Untuk lebih jelasanya lansung saja simak penjelsan di bawah ini yang akan kami ulas secara detail :

Definisi Pemain Basket

pemain-bola-basket

Permainan Bola Basket adalah salah satu cabang olahraga yang jenis permainan yang di mainkan oleh dua tim yang saling berhadapan dengan masing – masing tim, karena dalam permaian ini terdiri dari lima orang pemain.

Permaianan Bola Basket memiliki tugas dan peranan yang telah ditentukan oleh pekatih dan dapat menjaga kerjasama team yang menjadi faktor penentu yang efektifitas serangan kepada team lawan.

Tempo permainan pada olahraga ini memang terlihat sangatlah cepat dibandingkan dengan jenis olahraga yang lainnya sehingga tak hanya di Indonesia bahkan permainan ini juga banyak digemari di luar negeri yang paling banyak memainkan olahraga Bola Basket ini.

Dengan demikian olahraga ini selalu diadakan di lapangan yang terbuka dan biasanya juga diadakan di ruang olahraga tertutup yang memiliki lapangan khusus sehingga permainan ini dapat dilakukan secara lebih kompetitif.

Sikilas Posisi Pemain Basket

  • Guard
  • Point guard
  • Shooting guard
  • Forward
  • Center

Baca Juga: Materi Bola Basket

Posisi Pemain Bola Basket

posisi pemain basket

1. Point Guard

Point Guard merupakan posisi yang dianggap enteng karena posisi ini tergolong sangat lah penting pada sebuah tim basket sehingga posisi inilah pemain yang paling diandalkan oleh pelatih dalam pertandingan di mulai.

Posisi Point Guard terkadang memiliki aspek keterampilan dan pengetahuan tentang Bola Basket yang akan kepemimpinan seorang point guard untuk selalu didukung dan menunjukan skill pemain.

performa sebuah tim dalam point guard yang skillnya pas-pasan akan menjadi sulit ketika seorang tak memiliki skill yang baik atau lebih dari teman setimnya maka pemain Bola Basket seorang point guard harus memiliki teknik serta strategi untuk mengalahkan lawan dam memasukan bola sebanyak-banyaknya ke ring lawan.

2. Shooting Guard

Shooting Guard mrupakan posisi yang dianggap lebih penting karena posisi ini tergolong sangat lah penting pada permainan sehingga tim pemain sangat diandalkan oleh pelatih.

Shooting harus memiliki kemampuan dalam menembak diatas rata-rata serta dapat bergerak dengan cepat dari berbagai sisi lapangan hingga posisi ini dapat diandalkan untuk mendapatkan banyak angka bagi tim dan terus menyerang ke arah lawan.

3. Posisi Small Forward (Small Forward)

Small Forward merupakan posisi yang yang berperan penting hingga dianggap tergolong pada posisi yang pertahanan sehingga posisi inilah pemain dapat juga diandalkan oleh pelatih karena posisi ini dapat bergerak kerah mana pada lapangan.

Dengan demikian tugas utamannya untuk mencetak angka dan melakukan serangan dengan cepat, sehingga dapat menerobos pertahanan lawan dan dapat melakukan lay-up atau dunk jago dalam mencetak angka.

Baca Juga: Materi Sepak Bola

4. Center

Pemain Center merupakan posisi tengah pada permainan Bola Basket dan posisi ini biasanya yang ditugaskan kepada pemain utnuk terus melakukan serangan dan melatih kemampuan fisik yang kuat dan berguna beradu badan terhadap lawan.

Seseorang yang bertindak dalam posisi ini akan memiliki tanggung jawab untuk bermain dengan bentuk key hole serta melakukan rebound, sehingga seorang center harus mampu menghalau dengan baik dan dapat menggagalkan dalam mencetak dan seranagn dari lawan gagal mencetak point.

Selain itu seorang center juga harus mampu membaca gerak-gerik terhadap lawan serta dapat mencegah agar lawan gagal untuk melakukan dalam menembakan bola ke ring dengan demikian pemain bola basket dapat melakukannya dengan cara yang profesional atau dapat berlatih secara disiplin.

5. Posisi Power Forward (Power Forward)

Power Forward merupakan posisi untuk merebound bola dengan cara Rebound serta dapat mengambil bola yang akan di pantul dari hasil tembakan yang gagal atau yang sudah di tembakan oleh seranagan tangan musuh.

Biasanya posisi Powerd Forward ini dapat dipegang oleh orang yang memiliki lompatan dalam kemampuan yang tinggi dalam postur badannya sehingga untuk mencegah dan mencetak gol terhadap serangan dan dapat beradu fisik oleh lawannya.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai informasi tentang posisi permainan bola basket semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan, terima kasih telah berkunjung di halaman web kami

Dengan demikian sedikit ulasan tentang posisi pemain basket yang dapat kami sampaikan dan sedikit informasi ini dapat menambah wawasan dengan perkembangan bola basket pada negara Indonesia.

Baca Juga: Materi Bola Voli