Pranata Sosial – Pengertian, Ciri, Fungsi dan Jenis – Jenis

Posted on

Pranata Sosial – Pranata sosial adalah suatu sistem tata kelakuan dalam hubungan yang berpusat kepada aktivitas-aktivitas untuk memenuhi berbagai kebutuhan khusus dalam masyarakat. Agar lebih jelas kami akan mengulas materi makalah mengenai Pranata Sosial mulai dari Pengertian, Pengertian Pranata Sosial Menurut ara ahli, Ciri-Ciri, Fungsi Dan Jenis-jenis Pranata Sosial. Jadi, Simaklah ulasannya di bawah ini.

Pranata Sosial
Pranata Sosial

Pengertian Pranata Sosial

Pranata sosial merupakan sistem norma yang menyusun suatu rangkaian tindakan berpola yang berfungsi memenuhi kebutuhan pokok pada manusia dalam kehidupan masyarakat yang terbentuk melalui proses pembelajaran.

Pranata sosial ini berasal dari bahasa Inggris, yakni dari kata “social institution” yang artinya nilai dan norma sosial yang berharga serta dianggap penting dalam masyarakat.

Setiap manusia perlu membentuk pranata sosial agar setiap individu maupun kelompok selalu menjalin hubungan sosial yang baik yang sesuai dengan kehidupan di masyarakat. Adapun pranata sosial ini berisi nilai dan norma sosial yang berguna untuk mengatur hubungan sosial. Pranata sosial diperlukan dalam masyarakat agar mencapai suatu keteraturan.

Pengertian Pranata Sosial Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan Pengertian Pranata Sosial Menurut Beberapa Ahli , Diantaranya :

  •  Roucek dan Warren

Pranata sosial adalah pola-pola yang telah memiliki suatu kedudukan tetap untuk dapat mempertemukan bermacam kebutuhan  manusia yang timbul dari kebiasaan-kebiasaan dengan cara mendapatkan persetujuan dari cara-cara yang tidak bisa dipungkiri lagi, untuk memenuhi konsep kesejahteraan masyarakat dan juga menghasilkan suatu struktur.

  • Soerjono Soekanto

Pranata Sosial merupakan himpunan dari norma dan perilaku dari segala tindakan yang berkisar pada kebutuhan – kebutuhan pokok didalam kehidupan bermasyarakat.

  • Leopold von Wiese

Pranata sosial merupakan suatu jaringan dari proses hubungan antara manusia dan kelompok manusia yang berguna untuk memelihara hubungan-hubungan dan juga pola-polanya yang sesuai dengan kepentingan-kepentingan manusia dan kelompok.

  • Mayor Polak

Pranata sosial merupakan suatu kompleks atau sistem peraturan-peraturan
dan juga adat istiadat yang dapat memelihara nilai- nilai penting.”

  • R.M. Mac Iver dan CH. Page :

Pranata sosial merupakan bentuk-bentuk atau kondisi-kondisi prosedur yang sudah mapan, yang nantinya menjadi karakteristik bagi aktivitas dalam kelompok. Kelompok yang akan melakukan patokan-patokan tersebut disebut dengan asosiasi.

Ciri-Ciri Pranata Sosial

Terdapat Ciri-ciri pranata sosial, diantaranya :

  • Mempunyai tingkat kekekalan tertentu
  • Mempunyai satu atau beberapa tujuan
  • Mempunyai tradisi tertulis ataupun tidak tertulis
  • Mempunyai lambang sebagai ciri khasnya, dll.

Fungsi dan Tujuan Pranata Sosial

Terdapat Fungsi dan juga tujuan tersendiri dari Pranata Sosial ini, diantaranya yakni :

Tujuan pranata sosial yakni untuk memenuhi kebutuhan. Masyarakat selalu menginginakan kehidupan yang nyaman dan aman. Oleh karena itu, dengan adanya aturan-aturan hidup agar masyarakat dapat hidup bersama-sama secara damai, tentram dan teratur.

Pranata sosial ini memiliki tujuan khusus yakni bertujuan memenuhi kebutuhan masyarakat, memberi perlindungan, memberikan rasa aman, menjaga keutuhan, serta menumbuhkan kesadaran pada masyarakat dalam proses pengendalian sosial.

Adapun fungsi dari pranata sosial yakni sebagai pedoman anggota masyarakat dalam bertingkah laku, memelihara keutuhan masyarakat, dan mengatur pengendalian dalam masyarakat.

Jenis-Jenis Pranata Sosial

Terdapat lima jenis pranata sosial dalam kehidupan bermasyarakat, diantaranya:

  • Pranata keluarga

Pranata keluarga merupakan suatu sistem nilai atau berupa aturan-aturan yang mengatur aktivitas anggota keluarga didalam lingkungannya. Pranata keluarga juga merupakan bagian pranata sosial yang wilayah berlakunya meliputi lingkungan keluarga serta kerabat.

  • Pranata Agama

Pranata agama merupakan sebuah pranata yang memiliki peran penting dalam menuntun atau mengatur jalan hidup seorang manusia.

Paul B. Horton mengemukakan bahwa pranata agama atau lembaga agama ialah suatu sistem keyakinan dan praktik keagamaan yang sudah dilakukan dan dirumuskan, serta dianut oleh masyarakat karena dipandang penting dan benar.

Pranata agama adalah pranata yang berperan penting untuk menjaga harmoni sosial dimuka bumi dan mempersiapkan umat beragama supaya selamat didunia dan diakhirat.

  • Pranata Pendidikan

Pranata pendidikan adalah suatu proses yang terjadi dikarenakan proses interaksi dari berbagai faktor yang menghasilkan penyadaran diri dan penyadaran lingkungan sehingga menampilkan rasa percaya akan lingkungan.

  • Pranata Ekonomi

Pranata ekonomi adalah kaidah yang mengatur tingkah laku individu dalam masyarakat untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa. Pranata ekonomi berfungsi sebagai lembaga yang menjalankan proses yang akan memenuhi kebutuhan manusia yang meliputi kebutuhan sekunder, kebutuhan primer, dan kebutuhan tersier.

  • Pranata Politik

Pranata politik merupakan suatu peraturan untuk memelihara tata tertib, mendamaikan pertentangan dan memilih pemimpin yang berwibawa. Tujuan dari pranata politik yakni mengatur kepentingan bersama yang berhubungan dengan dunia politik dan pemerintahan.

Demikianlah ulasan kami mengenai Pranata Sosial, Semoga bermanfaat..

Artikel lainnya :