Proses Pencernaan pada Manusia

Posted on

Bagaimanakah proses pencernaan pada manusia? Nah, anda tentunya herankan mengenai sistem pencernaan pada manusia. Maka simaklah penjelasan berikut.

Proses Pencernaan pada Manusia

Proses pencernaan pada manusia merupakan proses dimana setiap makanan yang masuk kedalam mulut akan dicerna hingga kebagian tubuh lainnya.

Tentunya dengan menggunakan proses penceranaan maka tubuh akan berenergi dari asupan yang mereka makan. Pada umumnya proses pencernaan ini di mulai dari mulut hingga ke bagian tubuh lainnya.

Pencernaan pada Manusia

Proses pencernaan ini  di bantu dengan air liur untuk melunakan makanan. Beberapa bagian organ tubuh yang bekerja pada saat proses pencernaan adalah sebagai brikut ini :

Pada umumnya proses pencernaan pada manusia ini di mulai dari mulut hingga ke bagian tubuh lainnya. proses pencernaan ini  di bantu dengan air liur untuk melunakan makanan.

Beberapa bagian organ tubuh yang bekerja pada saat proses pencernaan adalah sebagai brikut ini :

Mulut

Mulut memiliki fungsi yang cukup sering di lakukan oleh banyak oran. Hal ini karena seperti aktivitas makan saja kita memerluka mulut kita. Nah, makanan yang masuk kedalam tubuh adalah umumya melalui mulut.

Di dalam mulut ini berfungsi sebagai salah satu organ tubuh yang menghaluskan makanan agar lebih mudah untuk di cerna. Biasanya peranan air liur disini sangat di butuhkan oleh mulut untuk membuat makanan yang masuk ke dalam mulut semakin  lunak sehingga sangat mudah untuk di kunyah.

Pada mulut terdapat gigi yang juga berperan untuk membuat makanan anda halus dengan cara di potong kecil – kecil kemudian di haluskan lebih halus lagi.

Kerongkongan (esophagus)

Saluran penghubung darimulut ke lambung adalah organ tubuh satu ini yakni kerongkongan. Organ tubuh satu ini terletak di tengah yakni antara lambung dengan tenggororkan.

Kerongkongan ini tentunya sebagai sarana yang harus di lalui oleh makanan saat akan menuju ke lambung, yang mana sebelumnya telah di haluskan di mulut anda.

Kontraksi yang terjadi akibat otot akan membuat makanan semakin mudah untuk di telan atau terdorong. Hal ini basa di kenal dengan peristaltik.  Adapun kerongkongan ini memiliki cincin otot yang letaknya berada di ujung.

Hal ini menjadikan makanan yang anda telan kemudian masuk kelambung akan ditutup. Ini berfungsi sebagai pencegahan makanan dan partikel lainnya yang sudah di tean akan naik ke atas lagi.

Lambung

Lambung merupakan salah satu organ tubuh ynag memiliki bentuk J dan memiliki ukuran 2 kali kepalan tangan. Letak dari lambung in adalah di tengah antara usus halus dengan esofagus.

Lambung snagat berperan penting terhadap sistem pencernaaan manusia yakni sebagai tempan untuk menyimpan makanan yang telah di telan. Selain itu lambung ini juga sebagai salah satu tempat untuk menggabungkan cairan dengan makanan yang akan mengosong saat makanan tiba di usus kecil.

Partikel yang cair akan  langsung di tempatkan di lambung sedangkan lainnnya yang sedikit padat akan di lakukan proses pencernaan terlebih dahulu. Pada umumnya dinding otot perut akan membantu lambung untuk membuat partikel makanan yang masuk untuk lebih kecil lagi.

Kemudian untuk makanan yang sedikit padat (chyme) akan di tinggalkan di cincin otot yang berada di antara lambung dan pada bagian usus halus yang pertama. Nah, sebagiannya lagi akan di tinggalkan di dalam perut selama kurang lebih 4 jam.

Usus halus

Usus halus ini merupakan usus yang bentuknya menyerupai tabung dengan diaameter 10 meter dan sangat tipis. Usus ini letaknya hampir di bawah lambung dan biasanya menempati sebagian perut di dalamnya.

Penyerapan nutirsi di bantu dengan lipatan usus halus dan akan tertinggal di usus halus hingga kisaran 90%. Bagian dari usus ini ada 3 yakni usus 12 jari, bagian tengah yang melingkar dan bagian terakhir.

Fungsi dari usus halus ini adalah tentunya salah satunya sebagai organ yang dalam yang menyaring dan menyerap nutrisi dari makanan yang masuk pada saat proses pencernaan tersebut.

Pada dinding dari usus kecil telah di tutupi oleh mikro villi dan villi.  Sehingga permukaan usus halus akan lebih luas dan mampu menyerap nutrisi.

Usus besar

Usus satu ini merupakan usus yang memiliki bentuk meyerupi huruf U yang terbali. Yang mana letak dari usus ini adalah berada di usus halus tepat di atasnya dari mulai bagian kanan bawah tubuh hingga pada bagian kiri. Usus ini memiliki kisaran ukuran sekitar 5 – 6 meter.

Selain itu usus besar juga memiliki 3 struktur yakni rektum, colon dan cecum. Nah bagian sektum inilah yang merupakan kantong yang berada di ujung awal usus besar. Pada bagian ini makanan akan melaluinya yakni dari usus halus menuju usus besar.

Colon merupakan tempat cairan dan zat garam di ambil dan bentuknya memanjang melaui sektum – sektum. Bagian terakhir adalah rektum yang akan menyumpan kotoran sebelum sampai di anus.

Fungsi dari usus besar ini tentunya sebagai salah satu wadah untuk pembuangan air dan garam yakni dari bahan yang tidak mudah untuk di cerna sehingga nantinya akan membentu limbah padat.

Adapun di dalam usus besar ini terdapat bakteri yang di gunakan untuk mencerna bahan yang susah untuk di cerna.

F.A.Q

Bagaimanakah proses pencernaan pada manusia?

Proses pencernaan pada manusia merupakan proses dimana setiap makanan yang masuk kedalam mulut akan dicerna hingga kebagian tubuh lainnya. Tentunya dengan menggunakan proses penceranaan maka tubuh akan berenergi dari asupan yang mereka makan. Pada umumnya proses pencernaan ini di mulai dari mulut hingga ke bagian tubuh lainnya.

BACA JUGA :