Renang Gaya Kupu-Kupu

Posted on
Renang-Gaya-Kupu-Kupu

Artikel makalah Renang Gaya Kupu-Kupu – yang terdiri dari pengertian, manfaat, sejarah, teknik, tujuan, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Sobat pecinta olahraga, renang gaya kupu-kupu merupakan salah satu cabang olahraga yang populer dan biasanya gaya ini sering disebut dengan gaya lumba-lumba sehingga renang yang demikian telah banyak sekali di gunakan dari kalangan anak-anak dan orang dewasa sekalian dalam ajang perlombaan.

Untuk lebih jelasanya lagi lansung saja simak penjelasan di bawah ini yang kami sampaikan dalam artikel secara detail :

Pengertian Renang Gaya Kupu-Kupu

renang-gaya-kupu-kupu

Renang gaya kupu-kupu merupakan sejenis dengan gerakan dolphin karena gaya kupu-kupu ini menggunakan gerakan tungkai yang menirukan lecutan ekor ikan lumba-lumba.

Olahraga ini juga salah satu gaya berenang yang membentuk posisi dada menghadap ke permukaan air maka gerakan ini di sebut juga sebagai gerakan tungkai.

Renang gaya kupu-kupu dalam melakukan nya secara renang gaya kupu-kupu yaitu :

  • Kedua bagian belahan tangan secara bersamaan dilentangkan ke bawah dengan gerakkan ke arah depan
  • Sementara bagaian belahan kaki secara bersamaan menendang ke bawah atau kebelakang seperti gerakan ikan lumba-lumba

Baca Juga: Teknik Olahraga Skipping

Teknik Renang Gaya Kupu Kupu

Berenang dengan gaya kupu-kupu sangat diperlukaan kekuatan yang besar dan konsentrasi supaya medapatkan gerakan yang baik sehingga harus mengetaui beberapat teknik renang ini.

Berikut beberapa langkah teknik untuk melakukan renang gaya kupu-kupu adalah sebagai berikut :

1. Teknik Gerakan Kaki

Teknik Gerakan Kaki merupakan teknik yang awal dan harus dipersiapkan untuk melakukan olahraga ini maka terdapat empat macam teknik gerakan kaki ini diantaranya :

  • Pinggang haru diturunkan ke arah bawah dan kaki bergerak ke belakang untuk melakukan cambukan
  • Memanfaatkan gerakan dengan pergelangan kaki dan punggung sehingga dapat menekan air ke bawah secara cepat
  • Gerakan kaki ke atas permukaan air
  • Gerakkan kaki dan punggung harus terangkat ke atas saat bergerak ke bawah

2. Teknik Gerakan Lengan

Tahapan gerakan lengan merupakan teknik yang kedua dan harus di kuasai bagi peserta renang maka terdapat empam macam gerakan lengan ini diantara nya adalah :

  • Entry: Aadalah gerakan yang melawati daerah samping ke dalam air dan lengan lurus pada posisi depan hingga jari-jari melebar dan lebih rendah dari siku
  • Mengayun ke luar: adalah gerakan ke luar secara yang berkesinambungan sehingga gerakan ini dapat di lakukan setelah kedua lengan dan bahu bersamaan mengarah ke bawah
  • Mengayun ke bawah: adalah gerakan dengan tangan ke arah bawah dari lingkaran jarak tempuh
  • Mengayun ke dalam: adalah gerakan bawah siku hingga masuk dalam lingkaran kecil ke bawah permukaan dasar air membentuk sudut 20 derajat
  • Recovery: Adalah gerakan yang di perlakukan secara rileks serta , pangkul lengan mengayun ke depan

3. Teknik Gerakan Mengambil Napas

Teknik mengambil napas hal ini juga sangat perlu di lakukan dalam renang maka terdapat empat macam teknik gerakan dengan mengambil napas adalah :

  • Lakukan gerakan dengan mengambil nafas pada saat renang gaya kupu-kupu dengan kepala diangkat ke arah dapan membentuk 20 derajat
  • Lakukan gerakan dengan mengambil nafas pada saat renang gaya kupu-kupu posisi kepala diangkat ke arah samping kanan membentuk 45 derajat
  • Lakukan gerakan dengan mengambil nafas pada saat renang gaya kupu-kupu posisi kepala diangkat ke arah samping kiri membentuk 45 derajat dengan cepat
  • Udara dihirup dengan melakukan gerakan dengan mengambil nafas pada saat renang gaya kupu-kupu posisi kepala diangkat ke arah atas membentuk 45 derajat dengan secara bersamaan.

Baca Juga: Senam Lantai

Manfaat Renang Gaya Kupu Kupu Bagi Tubuh

Olahraga renang ini dapat menghasilkan manfaat yang sangat baik bagi tubuh sehingga hal ini sangat bagus untuk di lakukan mengisi aktifitas yang luang.

Berikut empat manfaat yang terdapat pada renang gaya kupu kupu adalah sebagai berikut :

Melatih Otot Lengan – Manfaat yang terdapat dengan melakukan renang gaya kupu kupu adalah dapat melatih otot-otot lengan karena gerakan koordinasi bagaian lengan dan kaki sehingga terdorong dan membantu melatih otot lengan.

Melatih Otot Kaki – Manfaat yang terdapat dengan melakukan renang gaya kupu kupu adalah dapat juga membentuk otot-otot pada bagian kaki karena gerakan menggunakan koordinasi kaki yang sangat kuat sehingga dan mendorong membantu melatih otot kaki.

Membentuk Postur Tubuh – Manfaat yang terdapat dalam melakukan renang gaya kupu kupu adalah dapat melatih otot dada serta otot pada bagian bahu karena pendorong akan pembentukan postur tubuh yang ideal.

Menurunkan Berat Badan – Manfaat yang terdapat lagi melakukan renang gaya kupu kupu adalah dapat membantu membakar lemak dan menurunkan berat badan hingga membantu pembentukan otot pada bagian perut

Sejarah Renang Gaya Kupu Kupu

Menurut sejarah olahraga ini didirikan pada tahun 1933 oleh seseorang yang ahli di bidang olahraga disebuah negara Amerika pada ajang perlombaan renang Central YMCA.

Dengan berkembang nya zaman telah masuk dalam Olimpiade pada tahun 1938 yang mewakili Amerika Serikat dan diskualifikasi kan dengan menyebut gaya itu sebagai sebutan “Kupu Kupu”.

Nah Itulah sobat yang dapat kami sampaikan tentang renang gaya kupu-kupu yang disertai cara dan tekniknya, semoga dengan adanya artikel ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua.

Terima kasih

Baca Juga: Teknik Dasar Lempar Lembing