Salto Depan

Posted on
Salto-Depan

Artikel makalah Salto depan – yang terdiri dari pengertian, teknik, cara manfaat, tujuan, tips, contoh, langkah, kesalahan dan gambar supaya mudah di pahami.

Sobat olahraga, kali ini kami masih akan membahas mengenai sepurana tentang olahraga di mana kali ini materi pokonya adalah Salto depan, Salto depan merupakan salah satu cabang olahraga yang memiliki banyak rekreatif dalam menjaga kesehatan pada tubuh, sehingga bamyal orang yang melakukan olahraga ini secara massal dalam pertujukan olahraga seperti Senam Lantai, dan olahraga Teknik Taekwondo .

Untuk lebih jelasnya lagi langsung saja simak penjelasan di bawah ini yang akan kami sampaikan secara detail.

Pengertian Salto depan

Teknik-salto-depan

Salto Merupakan salah satu olahraga yang memiliki gerakan atau bentuk latihan nya serupa dengan gerakan ilmu bela diri, karena olahraga ini menggunakan fisik yang kuat dan keterampilan dalam melakukannya.

Salto atau yang sering di sebut  front somervault ini aktifitas gerakan yang mengguling atau (roll) pada udara mengarah ke depan sehingga dapat melakukannya berputar di udara.

Poros yang terdapat pada putaran salto dapat disebut sumbu putaran transfersal karena sering terlihat sebagai gerakan yang terlihat santai seperti sama halnya dengan putaran pada roll guling depan.

Sehingga putaran salto tersebut membentuk harus 360 derajat dari putaran postur tubuh yang di lakukan sebagai single salto karena memiliki kelenturan badan sekitar 45 derajat.

Maka dapat di artikan dalam gerakan seperti.

  • Awalan
  • Selanjutnya
  • Setelah mencapai titik
  • Sesaat akan mendarat

Baca Juga: Teknik Olahraga Skipping

Langkah Melakukan Salto

Dari penjelasan di atas maka utnuk melakukan olahraga ini harus memiliki persiapan fisik yang sangat kuat sehingga terdapat juga langkah-langkah seperti yang akan kami sampaikan di bawah ini.

Berikut beberapa langkah untuk melakukan salto depan perhatikan prosedur berikut ini:

  • Berdoa terlebih dahulu semoga di beri kelancaran
  • Memiliki percaya diri supaya mampu melakukan salto ke depan dan dapat melakukannya dengan sempurna
  • Mengambil posisi dengan berdiri yang benar kemudian lakukan lompatan kedepan setinggi mungkin
  • Posisi saat di udara kepala harus menghadap ke arah depan
  • Usahakan melompat dengan secepat mungkin serta jangan ragu-ragu agar dapat mendarat dengan menggunakan telapak kaki yang sempurna

Cara Melakukan Salto Depan

Gerakan aktifitas ini memang terlihat lebih mudah untuk melakukannya tatapi kita juga harus tahu beberapa cara dalam melakukan olah raga ini dengan sempurna dan mendapat kan hasil yang memuaskan.

Berikut beberapa tahapan cara untuk melakukan salto depan adalah sebagai berikut:

  • Cara Awalan: Lakukan awalan beberapa langkah
  • Cara Tolakkan: Lakukan tolakan dengan kedua kaki ke atas dengan kuat, bersamaan dengan kedua lengan diayun kuat ke atas
  • Cara Layangan: Saat mencapai titik loncatan maksimal dan kedua tangan memeluk lutut serta posisi kepala menunduk
  • Cara Pendaratan: Menjelang pendaratan pegangan tangan dilepaskan kedua lutut diluruskan kemudian mendarat dalam posisi berdiri

Baca Juga: Aktivitas Fisik

Kesalahan Melakukan Salto Depan

Setiap orang yang memiliki kemampuan di bidang olahraga patinya tidak semua orang dapat melakukannya dengan sempurna pastinya akan terjadi kesalahan.

Berikut beberapa kesalahan yang sangat patal pada saat melakukan gerakan salto ke depan adalah :

  • Tolakan kaki kurang kuat
  • Lengan tidak mengayun kuat ke atas
  • Arah loncatan terlalu depan sehingga loncatan kurang tinggi
  • Kesalahan ini akan mengakibatkan Anda jatuh dalam posisi duduk
  • Saat mendarat lengan tidak direntangkan ke atas tetapi di ayun ke
  • Mengurangi keseimbangan saat mendarat
  • Badan kurang bulat karena lutut tidak dilipat ke dada atau tangan
  • Jangan memeluk kearah lutut dan kepala pandangan kedepan

Manfaat Melakukan Salto

Setiap cabang olahraga pastinya memiliki tujuan dan manfaat sehingga seseorang yang suka berolah raga jangan beranggapan bahwa apa yang di lakukannya tidak memiliki manfaat khususnya dalam melakukan olahraga salto ini.

Berikut beberapa manfaat yang terdapat dalam olahraga salto ini adalah sebagai berikut :

  • Dapat menjaga kesehatan pada tubuh
  • Dapat meringankan tubuh dan mengurangi berlemak
  • Dapat menguatkan otot tangan yang lebih kuat saat salto kedepan
  • Dapat menguatkan otot perut pinggang dan seterusnya
  • Dapat menguatkan otot betis
  • Dapat melompat dengan lebih kuat dan lebih tinggi
  • Dapat untuk melenturkan otot pinggang
  • Dapat melatih lompatan dengan kaki tertekuk ke belakang
  • Dapat melakukan salto ke belakang secara reflek

Nah demikianlah sobat olahraga yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa informasi tentang Salto depan dan beberapa teknik dan langkah yang harus di pelajari dalam melakukan aktifitas olahraga ini.

Semoga dengan adanya informasi yang singkat ini dapat menambah wawasan kita tentang dunia olahraga dan dapat dengan udah untuk mempraktekan nya, Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat.

Terima kasih telah berkunjung di halaman Web kami

Baca Juga: Teknik Dasar Lompat Kijang

Rate this post