Senam Lantai

Posted on
Senam-Lantai

Artikel makalah Senam Lantai – Meliputi dari pengertian, jenis, teknik, peraturan, manfaat, penemuan, sejarah, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Sobat pecinta olahraga apa itu senam lantai merupakan salah satu cabag olahraga yang paling di gemari dari kalangan kaum hawa yaitu perempuan, karena dapat dilakukan di atas lantai sesuai dengan namanya namun senam lantai juga sering disebut sebagai senam bebas.

Untuk lebih mudah mengetahui mengenai materi ini silahkan simak baik-baik penjelasan di bawah ini yang akan kami sampai secara detail :

Pengertian Senam Lantai 

Background-Senam-Lantai

Senam lantai merupakan salah satu cabang olahraga yang dilakukan di atas lantai dan dapat juga pada lapangan yang beralaskan matras sehingga gerakan atau bentuk latihan dapat di lakukan dengan mudah.

Namun senam ini juga tidak bisa sembarangan dalam dilakukan nya karena senam ini sangat membutuhkan ketrampilan pada tubuh yang ekstrim sehingga melakukan nya bisa dengan sempurna.

Hal ini juga memiliki beberapa komposisi gerakan yang ringan bahkan sampai gerakan sedang dan gerakan yang berat akan tetapi banyak mengandung gerakan ketangkasan di mulai dari keseimbangan tubuh.

Hal terssebut bisa di lakukan dalam waktu 60 detik sampai dengan 50 menit di mulai dari gerakan pemanasan hingga sampai berahirnya gerakan yang terdapat dalam gerakan senam lantai tersebut.

Baca Juga: Tujuan Olahraga

Jenis-Jenis Senam Lantai

Lantaran olahraga yang dibatasi dengan aktivitas senam maka terdapat beberapa jenis yang terkandung dalam senam lantai ini diantaranya adalah sebagi berikut :

Senam umum – Merupakan senam yang menyerupai seperti senam-senam aerobik karena memiliki cara dan bentuk gerakan yang hampir sama, senam ini termasuk salah satu bagian senam lantai

Senam Akrobatik – Merupakan senam yang lebih mengandalkan akrobatik sehingga dalam latihannya banyak mengandung hal yang akan membahayakan tubuh karena latihannya seperti salto dan lompat ketinggian

Senam Artistik – Merupakan sebagai senam yang menggabungkan aspek tumbeling dan akrobatik karena terdapat beberapa efek yang dapat membahaya kan anggota senam

Senam Ritmik Sportif – Merupakan senam yang telah dikembangkan dari senam irama karena terdapat banyak perbandingan

Senam trampoline – Merupakan senam yang dalam pengembangan dari senam aeribik hingg dapat mempunyai daya pantul yang sangat besar

Teknik Dasar Senam Lantai

Teknik ini memiliki beberapa bentuk dan teknik yang tidak terbatas dan terus berkembang namun memiliki metode dalam melakukan olahraga tesebut.

Berikut beberapa teknik dasar senam lantai adalah :

A. Teknik Pelenturan

Teknik Pelenturan hal ini harus dilakukan karena untuk membuat gestur tubuh menjadikan gerakan-gerakan akan menjadi lebih mudah di lakukan sehingga memiliki kompetisi tubuh yang lentur dalam melakukan berbagai gerakan.

Dengan demikian tubuh akan terlihat lebih lentur jdan menandakan beberapa titik gerakan akan lebih mudah dilakukan dengan posisi yang membuat tubuh lebih nyaman.

 B. Teknik Kekuatan

Teknik Kekuatan disebut sebagai salah satu cara untuk dapat melatih kekuatan tubuh terutama pada pelenturan dan keseimbangan tubuh yang akan membuat hal tersebut dapat menghasilkan energi yang sangat besar.

Dalam latihan kekuatan ini juga dapat dilakukan dengan cara yang berbeda dala suatu gerakan yang akan menghasilkan kekuatan pada tubuh untuk menghasilkan gerakan yang sempurna.

C. Teknik Salto

Teknik Salto Merupakan suatu gerakan depan dan belakang sehingga teknik gerakan salto ini dapat berkembang dan harus menguasai teknik kayang dan dapat di lakukan dengan dua cara gerakan adalah :

  • Salto gaya depan : merupakan teknik awalan dengan melalui lompatan yang akan dilakukan tanpa terpotong sehingga atlet tak lagi membutuhkan tangan.
  • Salto gaya belakang : merupakan teknik yang dilakukan dengan menolakkan tubuh ke arah bagian belakang sehingga atlet dengan mudah dapat melakukan tanpa menggunakan tangan sehingga dapat mendarat dengan baik.

D. Teknik Lompat Harimau

Teknik Lompat Harimau merupakan suatu gerakan yang bisa dilakukan dengan syarat bisa melakukan roll ke arah depan telah melompat kedepan seperti lompatan harimau.

E. Teknik Headstand

Teknik Headstand merupakan suata gerakan yang menggunakan tumpuan kepala serta dengan kedua telapak tangan sehingga pada bagian ini akan dapat terlihat hal yang sederhana karena menggunakan tumpuan kepala dan dibantu dengan kedua tangan untuk menjaga keseimbangan.

F. Teknik Handstand

Teknik Handstand merupakan suatu gerakan yang mencakup dengan kekuatan otot lengan sehingga dapat membentuk kekuatan pada otot perut serta untuk menjaga keseimbangan pada tubuh.

Dengan demikian handstand ini juga dapat dilakukan dengan berbagai gerakan dengan gerakan berdiri dan gerakan berjalan sehingga dapat dilakukan setelah melakukan gerakan roll yang baik .

Baca Juga : Tes Kebugaran Jasmani

Peraturan Senam Lantai

Didalam olahraga ini terdapat beberapa peraturan yang harus diketahui oleh para pemain senam lantai diantaranya adalah sebagai berikut .

  • Floor exercise lantai seperti ukuran 12 x 12 m
  • Pommel horse kuda-kuda pelana seperti panjang 1,60 m atau tinggi 1,10 m
  • Rings gelang-gelang seperti tinggi 2,55 m atau jarak 0,50 m
  • Horse vault kuda-kuda lompat seperti panjang 1,60 m atau tinggi mencapai 1,35 m
  • Parallelbar palang sejajar seperti memiliki panjang 3,50 m, dan jarak 0,48 – 0,52 m serta tinggi nya mencapai 1,75 m
  • Horizontal bar palang tunggal seperti memiliki panjang 2,40 m atau tinggi mencapai 2,55 m

Manfaat Senam Lantai

Setelah mengetahui beberapa penjelasan di atas maka terdapat juga menfaat dengan melaukan gerakan senam lantai seperti :

  • Dapat menjaga kebugaran tubuh
  • Dapat menjaga esehatan tubuh sehingga lebih terjaga
  • Dapat memperbaiki bentuk tubuh yang ideal
  • Dapat mengurangi berat badan
  • Dapat meningkatkan kepercayaan diri

Penemu Senam Lantai

penemu-Senam-Lantai

Buku besar yang mempelajari dan banyak digunakan oleh para atlit untuk melakukan dan pengolahan tubuhnya dengan melewati dari berbagai macam cara maka tentang penemuan olahraga senam lantai ini telah tertulis dari Metodologi Gymnastic.

Namun sebagai suatu langkah yang dapat disiplin dalam individu seorang atlet dapat di mulai dengan dikembangkan dari berbagai macam cara sehingga penemuan ini didasari dari penelitian seseorang ahli di bidang olahraga .

Sejarah Senam Lantai

Hal ini telah menyebar hingga berbagai daerah sejak tahun 1918 dan terdapat di beberapa negara yang telah rutin melakukan permainan tersebut senam ini terdapat dan di kelurkan di Swedia yang bertempat di kota Malang dan pada tahun 1922 olahraga ini semakin berkembang.

Demikian yang dapat kami sampaikan materi tantang senam lantai semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Terima Kasih

Baca Juga: Teknik Senam Aerobik