Sidang Ppki

Posted on
Sidang Ppki

Artikel makalah yang akan membahas Sidang Ppki penetapan uud 1945, terdi dari pengertian, hasil, fungsi, tugas, susunan, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Sbelumnya kami sudah membahas seputaran Ppki di antaranya Tugas Ppki, Sejarah Bpupki Dan Ppki, Sejarah Bpupki, tetapi materi pokok kami kali ini akan membahas sidang ppki.

“Sidang Ppki itu”

adalah pembetukan Panitia dalam Kemerdekaan Indonesia khusus dibentuk nya kemerdekaan dengan mewujudkannya dari hasil sidang PPKI yang akan menghasilkan keputusan dari UUD 1945 utnuk membentuk komite.

Awalnya dibentuk sebagai pengganti BPUPKI yang telah dibubarkan karena dianggap sudah menyelesaikan tugas, sehingga Jepang disebut Dokuritsu.

Pada Umumnya untuk mempersiapkan segala hal yang akan berkaitan dengan kemerdekaan Indonesia karena ketua PPKI akan melakukan pembacaan sidang tersebut pada tanggal 17 Agustus 1945.

Sidang PPKI telah dilaksanakan sebanyak 3 kali adalah:

  1. Sidang pertama pada tanggal 18 Agustus 1945.
  2. Sidang kedua pada tanggal 19 Agustus 1945.
  3. Sidang ketiga pada tanggal 22 Agustus 1945.

Maka dapat menghasilkan banyak beberapa keputusan yang penting karena dalam pengesahan undang-undang 1945 untuk pengangkatan presiden dan wakil presiden pada negara Indonesia.

Pengertian PPKI

PPKI merupakan singkatan dalam Persiapan Kemerdekaan Indonesia dalam bahasa Jepang dengan Dokuritsu Inkai, karena mempersiapkan kemerdekaan Indonesia memiliki arti dari proklamasi kemerdekaan.

Hasil Sidang PPKI

Dengan demkian hal ini akan dilaksanakan pada tanggal 18, 19 dan 22 Agustus 1945. Tiap sidang akan menghasilkan ide dengan gagasan dari keputusan itu sehingga pembentukan konstitusi pasukan negara.

Baca Juga: Tugas Ppki

“Hasil Sidang PPKI Tanggal 18 Agustus 1945”

Berikut beberapa keputusan atau hasil dari sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 atau hasil dari tersebut adalah.

A. Mengesahkan UUD 1945

Hasil dari ini untuk mengesahkan undang-undang dasar untuk konstitusi negara indonesia sehingga dalam mengesahkan nya Undang-Undang akan membetuk rancangan tubuh UUD 1945 yang sudah dibuat.

Dengan demikian dapat juga dilakukan revisi dari hasil dengan kewajiban dalam menjalankan syariat Islam dengan Ketuhanan Yang Maha Esa’.

B. Mengangkat Soekarno Presiden dan Moh. Hatta Wakil Presiden

Hasil dari pertama itu adalah memilih atau mengangkat presiden dan wakil presiden pada negara Indonesia dengan hasil dari ulaasan yang secara aklamasi Ir. Soekarno sebagai presiden dan Drs. Mohammad Hatta wakil presidennya.

C. Membentuk Komite Nasional

Hasil dari ini juga dapat memutuskan dalam pembentukan sebuah komite dengan berbagai fungsi nasional untuk membantu beberapa tugas tugas Presiden pada MPR dan DPR sebelum terbentuk.

Baca Juga: Sejarah Bpupki Dan Ppki

“Hasil Sidang PPKI Tanggal 19 Agustus 1945”

Berikut beberapa keputusan atau hasil dari tanggal 19 Agustus 1945 atau hasil dari tersebut adalah.

A. Membentuk pemerintah daerah terdiri Atas 8 provinsi

Hasil dari kedua ini adalah adalah dapat pembentukan pemerintah daerah dengan menjadi 8 provinsi yang ddimana provinsi akan dipimpin oleh seorang gubernur adalah.

Anggota Sidang PPKI
Luar Negeri (Mr. Achmad Soebardjo)
Dalam Negeri (R.A.A. Wiranatakoesoema V)
Keamanan Rakyat (Soeprijadi)
Kehakiman (Prof. Dr. Soepomo)
Penerangan (Amir Sjarifuddin)
Keuangan (Dr. Samsi Sastrawidagda)
Kemakmuran (Ir. Soerachman Tjokroadisoerjo)
Perhubungan (Abikoesno)
Pekerjaan Umum (Abikoesno)
Sosial (Iwa Koesoemasoemantri)
Pengajaran (Ki Hadjar Dewantara)
Kesehatan (Dr. Boentaran Martoatmodjo).

B. Membentuk komite nasional

Setelah membagi dari beberapa wilayah menjadi 8 provinsi maka selanjutnya akan dibentuk komite nasional yang di tingkat dari tiap-tiap provinsi.

C. Membentuk menteri

Hasil dari ini adalah pembentukan mentri dangan kabinet dari departemen serta dari menteri dengan departemen yang dipimpin oleh kabinet Republik.

Anggota Sidang PPKI
Mohammad Amir.
Wahid Hasjim.
Mr. Sartono.
Otto Iskandardinata
Achmad Soebardjo
Sajoeti Melik
Ki Hadjar Dewantara
A.A. Wiranatakoesoema
Kasman Singodimedjo
Iwa Koesoemasoemantri

D. Membentuk Tentara Rakyat Indonesia

Usai dari ini akan dilakukan nya rapat kecil shingga dapat menghasilkan apa dari keputusan itu, untuk pasukan tentara nasional dengan anggota kepolisian negara.

“Hasil Sidang PPKI Tanggal 22 Agustus 1945”

Berikut beberapa keputusan atau hasil dari sidang PPKI tanggal 22 Agustus 1945 atau hasil dari tersebut adalah.

A. Menetapkan Komite Nasional Indonesia

Dari sidang pertama akan diputuskan dalam membentuk komite sehingga akan resmi terbentuk dengan memiliki 137 anggota KNIP yang akan dilantik dari golongan muda dan masyarakat yang terkait. Pada sidang ini juga terdapat tiga dan wakil ketua dalam melakukan sidang ppki tersebut

B. Membentuk Partai Nasional Indonesia

Hasil dari hal tersebut untuk membentuk Partai Nasional Indonesia dengan ditujukan sebagai salah satu partai yang ada di Indonesia dalam mewujudkan Republik Indonesia yang berdaulat, Dengan demikian dapat pula di dari gagasan partai di Indonesia.

C. Membentuk Badan Keamanan Rakyat

Hasil dari ketiga ini terdapat juga menghasilkan keputusan dalam membentuk Badan Keamanan Rakyat sehingga memiliki Fungsi untuk menjaga keamanan dari masing-masing daerah yang ada di indonesia.

Nah demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa referensi hasil, semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih

Baca Juga: Sejarah Bpupki