Simbol Flowchart

Posted on
Simbol Flowchart

Artikel makalah tentang Simbol Flowchart lengkap dan fungsinya meliputi dari pengertian, tujuan, jenis, kegunaannya, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Teman-temen kami dari materibelajar.co.id akan berbagi materi tentang simbol flowchart untuk mempermudah dalam memahami tentang bagai mana mengerjakan tugas akhir, yang di mana materi ini sangat sering di jumpai pada orang yang akan megerjakan tugas akhir kulyanya.

Untuk lebih jelasnya lansung saja simak pembahasan di bawah ini:

Pengertian Flowchart

Flowchart merupakan salah satu bagan atau diagram dengan menunjukkan langkah dan proses pada suatu program dengan melalui simbol – simbol dari grafis yang dapat dihubungkan dengan beberapa tanda.

Flowchart atau yang sering di sebut sebagai diagram dengan alur yang merupakan sebuah ilustrasi pada penggambaran yang dapat menyelesai kan masalah pada rancangan dengan sistem.

Flowchart juga memiliki simbol-simbol yang memiliki arti tersendiridalam proses membangun sebuah sistem sehingga analis sistem dapat dijadikan sebagai dasaran untuk mengajukan program pada programmer.

Baca Juga: Topologi Star

Fungsi Flowchart

Dari ulasan yang singkat di atas maka di sini juga kami kan memberikan beberapa fungsi flowchart yang akan digunakan untuk menganalisa dengan mendesain ataupun mendokumentasikan sebuah program dari berbagai bidang.

Secara khusus hal ini juga dapat menggambarkan dengan berbagai situasi yang akan terjadi dari sebuah simbol sebagai tanda penghubung sehingga flowchart dapat mampu memperjelas dengan sistem yang baik dari berbagai proses.

1. Memastikan Program Memiliki Alur

Artinya flowchart akan membantu progammer dengan melihat dari pola sebagai alur dengan membangun sebuah program atau aplikasi yag dapat dipastikan jika program akan menggunakan flowchart dan memiliki alur sebagai kerangka yang bisa dipahami pada saat menggunakan alur flowchart .

2. Melihat Keseluruhan Program

Dengan menggunakan flowchart dapat membantu seorang progammer dapat melihat secara keseluruhan sehingga memiliki diagram yang akan memuat gambaran nya program.

3. Mengembangkan Aplikasi

Flowchart juga dapat memuat sebuah informasi secara padat dan singkat sehingga dapat di jelaskan dengan berbagai diagram tersebut yang akan menjadi sebuah pedoman dalam menyusun dan mengembangkan aplikasi.

Baca Juga: Pengertian Arsitektur Komputer

Jenis-Jenis Flowchart

Dari ulasan di atas maka di sini juga kami akan memberikan beberapa jenis flowchart yang akan digunakan pada saat membuat program diantaranya.

1. Flowchart Dokumen

Flowchart Dokumen Merupakan salah satu flowchart yang memiliki diagram dengan alur yang dapat menunjukkan sebuah proses atau laporan dari dokumen.

2. Flowchart Sistem

Flowchart Sistem Adalah salah satu flowchart yang memiliki bagan dengan alur yang dapat menggambarkan sebuah proses sistem sehingga dapat menunjukkan suatu pekerjaan secara rinci.

3. Flowchart Program

Flowchart Program merupakan salah satu flowchart yang memiliki bagan dengan turunan sistem yang dapat memuat proses dengan tahapan program.

4. Flowchart Proses

Flowchart Proses adalah salah satu flowchart yang memiliki bagan dan proses yang sering digunakan pada industri dari suatu prosedur produksi.

5. Flowchart Skematis

Flowchart Skematis adalah salah satu lowchart yang memiliki skematis dengan sistem yang sama-sama dan dapat digunakan sebagai menggambarkan proses suatu sistem

Baca Juga: Fungsi Router

Simbol Simbol Flowchart Beserta Fungsinya

Simbol-flowshapes

Dari beberapa ulasan di atas tentang Flowchart di sini juga akan kami bahas simbol- simbol flowchart yang memiliki susunan geometri yang sering digunakan sebagai pembuatan sistem.

Berikut beberapa pembahasan dari gambar simbol-simbol flowchart di atas adalah sebagai berikut:

  • Terminal Point Symbol – merupakan salah satu sombol yang dapat menunjukkan dari permulaan (start) atau pada akhir (stop).
  • Flow Direction Symbol Arus – adalah salah satu simbol yang sering digunakan sebagai kata yang menghubungkan antara simbol satu dengan simbol yang lainnya.
  • Processing Symbol Proses – merupakan salah satu simbol untuk menunjukkan sebuah kegiatan yang akan dilakukan oleh komputer.
  • Decision Symbol Keputusan – merupakan salah satu simbol yang akan digunakan dalam memilih proses dengan keputusan yang berdasarkan pada kondisi nya.
  • Input-Output Keluar Masuk – merupakan salah satu simbol dengan menunjukkan input dan output yang sering terjadi dari jenis peralatan yang akan di gunakan pada sistem.
  • Predefined Process Terdefinisi – merupakan salah satu simbol yang sering digunakan yang dapat menunjukkan dalam pelaksanaan prosedur yang terinformasi.
  • Connector (On-page) – adalah salah satu simbol yang berfungsi dalam menyederhanakan hubungan pada letaknya pada garis satu halaman
  • Connector (Off-page) – adalah salah satu simbol yang memiliki on-page connector yang dapat digunakan sebagai kata yang menghubungkan pada simbol yang lainnya.
  • Preparation Symbol Persiapan – merupakan salah satu simbol yang sering digunakan dalam mempersiapkan storage.
  • Manual Input Symbol – adalah salah satu simbol yang sering di gunakan sebagai input data secara manual.
  • Manual Operation Symbol – adalah salah satu simbol yang sering digunakan untuk kegiatan dengan adanya proses yang dilakukan komputer.
  • Document Symbol – adalah salah satu simbol yang memiliki arti sebagai input dari dokumen pada bentuk kertas.
  • Multiple Documents – adalah salah satu simbol yang memiliki arti yang sama sehingga dapat digunakan lebih dari satu.
  • Display Symbol – adalah salah satu simbol yang dapat menyatakan dalam penggunaan dengan peralatan output.
  • Delay Symbol – adalah salah satu simbol yang sesuai sehingga dapat digunakan sebagai menunjukkan sebuah proses pada surat yang akan diarsipkan.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai pembahasan Simbol flowchart dan fungsi serta jenisnya yang lengkap, semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Pengertian Program Secara Umum