Sinopsis : Contoh, Pengertian, Ciri, Fungsi dan Cara Membuat Sinopsis

Posted on

MateriBelajar.Co.id Pada kali ini akan membahas secara lengkap tentang sinopsis yang meliputi pengertian umum dan menurut ahli beserta contoh, pengertian sinopsis, fungsi, ciri-ciri dan cara membuat sinopsis. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan dibawah ini

sinopsis
sinopsis

Pengertian sinopsis

Sinopsis atau synopsis berasal dari kata synopical yang memiliki ringkas. Berdasarkan asal kata itu, sinopsis diartikan sebagai ringkasan pada suatu materi tulisan yang panjang (baik fiksi maupun non-fiksi) dan sinopsis itu ditulis dalam bentuk narasi.

Sinopsis adalah ringkasan atau garis besar naskah yang menggambarkan isi dari sebuah film, buku, ataupun pementasan yang dilakukan (baik secara konkrit maupun secara abstrack)”

Sinopsis umumnya digunakan sebagai prolog sebuah naskah yang sengaja dibuat bertujuan untuk memudahkan penonton mengetahui dan memahami secara singkat isi yang ada pada naskah itu sendiri. Dinamakan ringkasan karena pada sinopsis hanya berupa beberapa jumlah halaman atau seperlima dari isi naskah yang dipakai

Sinopsis novel merupakan ringkasan cerita novel. Ringkasan novel yaitu bentuk pemendekan sebuah novel dengan tetap memperhatikan unsur intrinsik novel tersebut. membuat Sinopsis adalah suatu cara yang efektif untuk menyajikan karangan (novel) yang panjang dalam bentuk singkat.

Pengertian sinopsis menurut para ahli.

Menurut Dr. Gorys keraf, sinopsis adalah summary atau ringkasan precis yang efektif untuk menyajikan suatu karangan yang panjang menjadi lebih pendek
Sedangkan pengertian sinopsis menurut kamus besar bahasa indonesia (KBBI), sinopsis adalah karangan ilmiah biasa dipakai bersamaan dengan karangan asli yang menjadi dasar sinopsis .

Sinopsis secara garis besar yaitu ringkasan, abstraksi, atau ikhtisar karangan”

Ciri – ciri sinopsis

  1. Alur ceritanya disusun secara berurutan dari awal sampai akhir serta kronologis dan tepat. Alur atau plot sinopsis sebaiknya sama dengan alur cerita yang asli
  2. Bahasa yang dipakai hendaknya memakai jenis bahasa persuasif atau berupa kalimat ajakan dan bujukan agar calon pembaca tertarik untuk membaca bukunya
  3. Menampilkan konflik secara detail, ringkas serta menarik
  4. Membuat penasaran calon pembacanya.

Dalam sinopsis, keindahan gaya bahasa, ilustrasi, dan penjelasan akan dihilangkan, tetapi tetap mempertahankan isi dan gagasan pegarangnya. Sinopsis biasanya dibatasi jumlah halaman, misalnya dua atau tiga halaman, seperlima atau juga sepersepuluh dari panjang karangan asli.

Fungsi sinopsis

Adapun fungsi sinopsis antara lain yaitu sebagai berikut :

  • Memberi sebuah informasi atau gambaran ringkas dan singkat tentang isidar cerita atu buku tersebut
  • Memberi gambaran yang jelas secara sederhana tentang urutan, kronologi cerita dalam naskah atau buku
  • Sebagai prolog atau epilog dari suatu karya tulis juga naskah yang akan dipentaskan
  • Sebagai draft pedoman pemain atau pemeran untuk melakukan improvisasi

Cara membuat sinopsis.

  1. Cara pertama yang harus dilakukan yaitu membaca naskah/buku aslinya terlebih dahulu. Hal ini supaya bisa mengetahui pesan/kesan penting penulis secara garis besarnya.
  2. Mencatat gagasan pokok yang teada rdapat dalam naskah. dapat menandainya menggunakan stabilo ataupun menggaris bawahinya jika perlu
  3. Kembangkan gagasan pokok yang sudah di tandai dengan beberapa kalimat yang ringkas
  4. Gunakan kalimat yang jelas, efektif, menarik dan juga mudah dipahami. Tujuannya supaya kita bisa menggambarkan rangkaian cerita yang terdapat dalam karangan atau naskah asli tersebut
  5. Jika ingin mencantumkan beberapa dialog yang ada, hanya perlu mencatat dialog secara garis besarnya saja. “Bisa juga di beri rincian pada halaman berapa dialog itu di kutip supaya lebih jelas dan akurat
    Sinopsis yang dibuat tak boleh menyimpang atau juga merubah isi keseluruhan dari naskah aslinya.

Hal – hal yang diperlukan dalam membuat sinopsis.

Untuk mempermudah dalam membuat sinopsis, hal yang diperlukan adalah beberapa strategi, hal ini akan sangat berguna saat membuat sinopsis agar terkesan lebih mudah dan ringan. Seperti berikut :

Tentukan Tema

Untuk mempermudah membuat sinopsis, baiknya menentukan tema terlebih dahulu. Seperti contoh jika ingin memilih tema persahabatan atau friendship. Maka ambillah referensi dari karya yang mengandung unsur tersebut contoh novel laskar pelangi. Sang pemimpi ataupun yang lainnya. Setelah itu, barulah cari tahu beberapa gagasan pokok yang ada dalam naskah tersebut.

Perhatikan Alur yang dipakai

Harus memperhatikan alur yang ada dalam naskah tersebut. Pada dasarnya tujuan utama pembuatan sinopsis yaitu memberikan gambaran yang ringkas dan jelas untuk pembaca, untuk menentukan alur cerita yang terdapat pada naskah, pilihlah konflik yang paling seru dalam naskah atau buku tersebut. agar pembaca lebih tertarik dan penasaran untuk mengetahuinya lebih lanjut.

Perhatikan Penokohan

Penokohan pada sebuah sinopsis juga harus ditekankan dalam membuat sinopsis. Dengan ini pembaca akan terkesima jika penokohan pada naskah tersebut terlihat lebih fantastis dan mengharukan. Jadi, jangan sampai anda merusak citra dari naskah tersebut sebab teknik penokohan yang tidak benar.

Langkah-langkah membuat sinopsis Novel

  1. Membaca naskah asli terdahulu guna mengetahui kesan umum penulis.
  2. Mencatat gagasan yang utama dengan menggaris bawahi gagasan yang penting.
  3. Menulis ringkasan berdasarkan gagasan utama sebagaimana dicatat pada langkah ke dua. Pakailah kalimat yang padat, efektif, dan menarik untuk merangkai jalan cerita menjadi sebuah karangan singkat yang menggambarkan karangan asli.
  4. Dialog dan monolog tokoh cukup ditulis isi atau dicari garis besarnya.
  5. Ringkasan atau sinopsis novel tidak boleh menyimpang dari jalan cerita dan isi dari keseluruhan novel.

Contoh Sinopsis

Sinopsis Novel Laskar Pelangi

Sinopsis Novel Laskar Pelangi ini tak akan bernilai manfaat apa-apa, kecuali kawan-kawan mau belajar untuk mandiri dan bersungguh-sungguh ketika mencapai cita-cita.

Laskar Pelangi merupakan sosok teladan, selama kita juga mau peduli dengan keadaan sekitar. Seperti pelangi yang hadir selepas hujan.

Cerita terjadi di sebuah Desa Gantung, Kabupaten Gantung, Belitong Timur. Dimulai saat sekolah Muhammadiyah terancam akan dibubarkan oleh Depdikbud Sumsel jika tidak mencapai siswa baru sejumlah 10 anak. Saat itu baru 9 anak yang menghadiri upacara pembukaan, namun tepat ketika Pak Harfan, sang kepala sekolah, hendak berpidato menutup sekolah, Harun dan ibunya datang mendaftarkan diri di sekolah kecil itu.

Mulai dari sanalah dimulai cerita . Mulai dari penempatan tempat duduk, pertemuan mereka dengan Pak Harfan, perkenalan mereka luar biasa di mana A Kiong yang malah cengar-cengir saat ditanyakan namanya oleh guru mereka, Bu Mus. Kejadian bodoh dilakukan oleh Borek, pemilihan ketua kelas yang diprotes keras Kucai, kejadian ditemukannya bakat luar biasa Mahar, pengalaman cinta pertama Ikal, hingga pertaruhan nyawa Lintang yang mengayuh sepeda sekitar 80 km pulang pergi dari rumahnya ke sekolah!

Mereka, Laskar Pelangi – nama yang diberikan oleh Bu Muslimah akan kesenangan mereka pada pelangi – pun sempat mengharumkan nama sekolah dengan berbagai cara. Contohnya pembalasan dendam Mahar yang selalu dipojokkan kawan-kawannya karena kesenangannya terhadap okultisme yang membuahkan kemenangan manis pada karnaval 17 Agustus, dan kejeniusan luar biasa Lintang yang menantang dan mengalahkan Drs.

Zulfikar, guru sekolah kaya PN yang berijazah juga terkenal, dan memenangkan lomba cerdas cermat. Laskar Pelangi mengarungi hari-hari dengan menyenangkan, tertawa dan menangis bersama. Kisah sepuluh kawanan ini berakhir dengan kematian ayah Lintang yang memaksa Einstein kecil itu putus sekolah dengan sangat mengharukan, yang dilanjutkan dengan kejadian 12 tahun kemudian di mana Ikal yang berjuang di luar pulau Belitong kembali ke kampungnya. Kisah indah ini diringkas dengan kocak dan mengharukan oleh Andrea Hirata, kita bahkan bisa merasakan semangat masa kecil anggota sepuluh Laskar Pelangi ini!

Demikianlah pembahasan tentang sinopsis, Semoga bermanfaat

Artikel lainya :