Sistem Endokrin – Pengertian, Fungsi, Kelenjar Endokrin, dan Gambar

Posted on

Sistem Endokrin – Sistem endoktrin merupakan sistem yang mengatur serta menghasilkan hormon hormon yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Untuk lebih lengkapnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai Materi Sistem Endokrin mulai dari Pengertian Sistem Endokrin, Fungsi Sistem Endokrin, Kelenjar Endokrin Pada Manusia, dan Gambar di bawah ini.

Sistem Endokrin

Pengertian Sistem Endokrin

Sistem Endokrin

Sistem endoktrin merupakan sistem yang mengatur serta menghasilkan hormon hormon yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Sistem endokrin pada manusia mempunyai hubungan yang sangat erat dengan sistem saraf pada manusia, kedua sistem ini berperan dalam mengontrol dan memadukan satu sama lain. Selain itu, kedua sistem ini juga berperan dalam menjaga homeostatis dalam tubuh. Meskipun kedua sistem ini saling memberikan pengaruh, namun karakteristiknya berbeda.

Dalam tubuh manusia terdapat banyak kelenjar, dimana beberapa diantaranya memiliki fungsi untuk mengdoktrin, beberapa diantaranya yaitu kelenjar hipofisis, kelenjar paratiroid, kelenjar tiroid, kelenjar timus, dan kelenjar adrenal suprenalis.

Fungsi Kelenjar Endokrin

Masing-masing kelenjar yang ada dalam tubuh mempunyai fungsi yang berbeda-beda tergantung dari mana kelenjar tersebut dihasilkan. Akan tetapi, secara umum fungsi kelenjar endokrin yaitu ialah :

1. Penghasil Hormon
Kelenjar endokrin berperan dalam menghasilkan berbagai macam jenis hormon yang nantinya akan disalurkan ke darah apabila dibutuhkan oleh jaringan tubuh tertentu.

2. Mengontrol Aktivitas
Kelenjar endoktrin berperan dalam mengontrol aktivitas dari kelenjar tubuh agar dapat berfungsi dengan normal dan maksimal.

3. Merangsang Aktivitas
Kelenjar endoktrin juga berperan dalam merangsang aktivitas kelenjar tubuh untuk kemudian disampaikan ke sistem saraf dan menciptakan suatu efek dari rangsangan tersebut.

4. Pertumbuhan Jaringan
Kelenjar endoktrin juga mempengaruhi pertumbuhan jaringan pada manusia agar jaringan tersebut berfungsi maksimal.

5. Mengatur Metabolisme
Kelenjar endoktrin juga berperan dalam mengatur metabolisme dalam tubuh, sistem oksidasi tubuh serta bertugas untuk meningkatkan absorpsi glukosa dalam tubuh dan pada usus halus.

6. Metabolisme Zat
Kelenjar endoktrin berperan dalam mempengaruhi fungsi metabolisme lemak, vitamin, metabolisme protein, mineral, air dan hidrat aranga dalam tubuh untuk agar optimal.

Kelenjar Endokrin Pada Manusia

Seperti yang sudah di jelaskan di atas, bahwa kelenjar endoktrin pada manusia terdiri atas 6 kelenjar utama dan sangat penting bagi tubuh manusia. Lalu apa saja kelenjar endokrin manusia, berikut penjelasannya :

1. Kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid

Terletak di bagian depan leher, tepatnya di bawah jakun,terdapat dua lobus, dan menghasilkan yodium. Yodium ini berasal dari folikel jaringan tiroid, yang mana yodium itu diakumulasi oleh kelenjar tiroid tersebut. Apabila seseorang kekurangan kadar yodium dalam tubuhnya, maka akan terjadi pembengkakan pada kelenjar gondok menjadi berkali-kali lipat dari ukuran normal.

Kelenjar tiroid berperan seperti kelenjar endokrin biasanya, yakni sebagai pengatur metabolisme, pertumbuhan, perkembangan, serta kontrol kegiatan dari sistem saraf. Namun pada kelenjar tiroid juga terdapat hormon kalsitonin, berperan dalam menurunkan kadar kalsium dalam tubuh, yang caranya yaitu dengan mempercepat absorpsi kalsium pada tulang.

2. Kelenjar paratiroid

Kelenjar paratiroid

Berjumlah empat, dan terletak di belakang kelenjar tiroid. Adapun fungsi kelenjar paratiroid sebagai berikut :

Berfungsi mengatur kalsiumpada darah, baik menaikkan kalsium maupun menurunkannya, dan mengatur metabolisme fosfor.

3. Kelenjar adrenalin

Kelenjar adrenalin

Berada di bagian atas ginjal, bentuknya bulat seperti bola. Mampu menghasilkan hormony ang berfungsi mengontrol ion anorganik, kontrol proses metabolisme glukosa, mengontrol pembuluh darah pada otot dan otak, serta ikut mengubah glikogen menjadi glukosa, dan merespon gerak peristaltik.

4. Kelenjar Hipofisis

Kelenjar hipofisis

Kelenjar yang satu ini sangat berperan penting, karena kelenjar hipofisis merupakan yang paling banyak menghasilkan hormon-hormon untuk mengatur fungsi satu sama lain.Memiliki ukuran kecil sekitar 1,3 cm dengan bentuk bulat, kelenjar ini terbagi menjadi 3 macam, yakni hipofisis pars intermedia, hipofisis anterior, dan hipofisis posterior.

5. Kelenjar Timus

Kelenjar timus

Berfungsi membantu proses pertumbuhan, bertugas mengurangi aktivitas dari kelenjar kelamin, penghasil senyawa timosin sebagai perangsang limfosit pada tubuh manusia.

Sistem endokrin merupakan suatu sistem yang terdidi dari beberapa jaringan atau organ yang ada di dalam tubuh dan mempunyai keterkaitan untuk mengatur metabolisme tubuh agar tetap terjaga kesetabilannya. Sistem endokrin memiliki pusat control yang disebut dengan hipotalamus dan hipofisis atau pituitary gland dan menjadi kelenjar utama dari pusat endokrin. Di dalam otak manusia terdapat jaringan atau organ yang disebut dengan kelenjar dan memiliki fungsi untuk memproduksi hormon yang mempunyai keterkaitan dengan metabolisme tubuh.

Hormon yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin yaitu hipofisis, timus, pankreas, tiroid, paratiroid, kemudian kelenjar adrenal, kelenjar reproduksi yang sangat penting untuk kehamilan dan kejantanan. Maka dapat dibilang apabila sistem endokrin sangatlah penting bagi tubuh manusia. Itulah sebabnya sistem endokrin dianggap sangat penting bagi tubuh manusia.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Sistem Endokrin. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :