Sistem Gerak pada Manusia

Posted on

Bagaimana sistem gerak pada manusia?  Ada berapa bagian sistem gerak pada manusia? Bagaimanakah tulang berperan dalam sistem gerak manusia ? Bagaimanakah sendi berperan dalam sistem gerak manusia ? Bagaimanakah otot berperan dalam sistem gerak manusia ?

Untuk menjawab segalam pertanyaan anda silahkan baca penjelasan di bawah ini.

Sistem Gerak pada Manusia

Sistem gerak pada manusia memiliki 3 peranan penting yakni tulang, sendi dan otot. Tulang sebagai tempat melekatnya otot dan sendi sebagai hubungan antara tulang – tulang sehingga kondisi tersebut menjadikan gerak.

Tulang/rangka

Tulang mendapatkan peran untuk tubuh sebagai salah satu alat gerak yang pasif yang mana dapat di gerakan jika otot bergerak. Tulang terbentuk dari kalsium yang biasanya berbentuk garam dengan bantuan kolagen.

Pertumbuhan tulang memiliki perubahan setiap masanya, jika mengalami kelainan pada tulang artinya terdapat bebrapa gangguan sepeerti infeksi dan kelainan lainnya.

Fungsi Rangka pada Manusia

Fungsi utama yang di pernakan oleh tulang ynag berguna untuk manusia adalah menjadikan tubuh lebih tegak dan terbentuk. Selain itu tulang juga sebagai salah satu tempat otot melekat.

Pada saat proses terbentuknya sel darah merah juga terjadi di tulang. Manfaat lainnya adalah sebagai alat gerak pasif. Di dalam kerangka manusia terdapat 3 bagian tulang yakni tulang tengkorak, badan dan gerak.

Jenis-jenis Tulang

Tulang Rawan

Tulang satu ini tentunya terbentuk dari sel – sel tulang rawan dengan sifatnya yang lentur. Kelenturan ini dikareanakan adanya ruang di dalam selnya.  Terdapat pula zat kapur dan perekat pada tulang ini.

Tulang Keras

Tulang ini berbalik dengan tulang rawan, hal ini karen atulang ini memiliki tekstur yang keras. Tulang ini jug terbentuk dari sel pembentuk tulang.

Bentuk Tulang

Tulang Pipa

Bentuk tulang pipa tentunya seperti pipa bulat dan panjang seperti pada tulang jari tangan dan tulang paha.

Tulang Pipih

Beberapa bentuk tulang ini seperti tulang belikat dan tulang rusuk yang memiliki bentuk pipih. Bentuk tulang ini gepeng atau pipih. Contohnya adalah tulang dada, tulang belikat,dan tulang rusuk.

Tulang Pendek

Tulang ini memiliki bentuk pendek dan bulat seperti tulang pergelangan tangan dan kaki.

Persendian

Persendian ini merupakan tempat bertemunya tulang dengan tulang yang saling berhubungan yang sebagian bisa juga di gerakan dan tentunya sangat berperan penting dalam kehidupan sehari – hari.

Macam-macam Sendi

Sendi Mati (Sinartrosis)

Sendi ini tidak dapat di geraakan karena di dalamnya tidak ada celah persendian seperti pada tulang dengan tulang tengkorak.

Sendi Kaku (Amfiartrosis)

Sendi ini memiliki sifat dapat digerakan namun memmiliki keterbatasan seperti pada sendi tulang belakang dan sendi tulang dada.

Sendi Gerak (Diartrosis)

Seperti namanya sendi ini memiliki gerak yang tidak terbatas. Adapun beberapa jenisnya diantaranya :

Sendi engsel

Sendi ini dapat bergerak satu arah seperti pada pintu contohnya sendi lutut.

Sendi Pelana

Sendi ini dapat bergerak ke dua arah seperti sendi pada telapak tangan dan ruas jari.

Sendi Geser

Sendi ini bergerak seperti pergeseran yang terjadi pada tulang seperti pada sendi ruas tulang belakang.

Sendi Putar

Sendi ini memiiliki gerak seperti berputar dan terdapat poros seperti sendi tulang hasta dan tulang pengupil

Sendi Peluru

Sendi ini seperti bonggol yang dapat bergerak kesegala arah seperti pada sendi lengan dan bahu.

Otot

Otot memiliki banyak peranan penting pada manusia, karena tanpa otot tulang tidak dapat bergerak. Hal ini yang menyebabkan otot sebagai salah satu alat gerak aktif.

Jenis-jenis Otot

Seperti halnya tulang dan sendi, ototpun memiliki beberapa jenis yakni :

Otot Polos

Otot ini adalah sebuah jaringan yang di bentuk dari sel otot yang menyerupai gelondong dengan ujung yang meruncing.

Otot Jantung

Otot ini merupakan otot yang memiliki letak di dinding jantung

Otot Lurik

Otot lurik atau otot rangka ini adalah otot yang akan melekat pada rangka manusia dengan bentuk menyerupai garis yang banyak seperti serabut.

Gerak dan Kerja Otot

Gerak otot memiliki dua jenis yakni relaksi dan kontraksi. Pada saat otot kontraksi akan terjadi ukuran otot lebih pendek dan mengeras, bahkan membentuk seperti gelembung.

Kontaksi ini merupakan kondisi dimana  otot akan terasa  tertarik. Sedangkan jika pada relaksasi, otot akan lebih kendur atau relax. Namun berdasarkan cara kerjanya otot memiliki 2 jenis yakni sebagai berikut :

Gerak Sinergis

Gerak sinergis merupakan gerak otot yang selaras bisa terdiri dua atau lebih. Kondisi ini akan memungkinkan otot akan mengalami kontraksi dan relaksasi seperti pada saat anda menggerakan otot leher.

Gerak Antagonis

Gerak antagonis  ini merupakan sebuah gerakan otot yang berlawanan bisa terdiri dari dua otot atau lebih. Kondisi seperti ini bisa anda alami saat anda mengangkat lengan. Dimana otot trisep relaksasi sedangkan otot bisep kontraksi.

F.A.Q

Bagaimana sistem gerak pada tubuh?

sistem gerak manusia memiliki 3 peranan penting yakni tulang, sendi dan otot. Tulang sebagai tempat melekatnya otot dan sendi sebagai hubungan antara tulang – tulang sehingga kondisi tersebut menjadikan gerak.

Ada berapa bagian sistem gerak pada manusia?

tiga

Bagaimanakah tulang berperan dalam sistem gerak manusia ?

Tulang mendapatkan peran untuk tubuh sebagai salah satu alat gerak yang pasif yang mana dapat di gerakan jika otot bergerak. Tulang terbentuk dari kalsium yang biasanya berbentuk garam dengan bantuan kolagen.

Bagaimanakah sendi berperan dalam sistem gerak manusia ?

Persendian ini merupakan tempat bertemunya tulang dengan tulang yang saling berhubungan yang sebagian bisa juga di gerakan dan tentunya sangat berperan penting dalam kehidupan sehari – hari.

Bagaimanakah otot berperan dalam sistem gerak manusia ?

Otot memiliki banyak peranan penting pada manusia, karena tanpa otot tulang tidak dapat bergerak. Hal ini yang menyebabkan otot sebagai salah satu alat gerak aktif.

BACA JUGA :