Sistem Pencernaan Manusia

Posted on
Sistem-Pencernaan-Manusia

Artikel makalah membahas tentang Sistem Pencernaan Manusia beserta fungsinya, meliputi dari pengertian, saluran utama, gangguan, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Apa sistem pencernakan itu,,, Hal ini merupakan salah satu yang terdapat pada organ manusia sehingga dapat berfungsi sebagai mencerna makanan masuk ke dalam tubuh melalui mulut, lalu melewati berbagai proses di dalam tubuh kemudian diubah menjadi zat atau energi yang bermanfaat bagi tubuh maka sistem pencernaan manusia panjangnya sekitar 30 kaki ketika diregangkan atau diukur.

Untuk lebih jelasanya lansung saja simak pembahasan di bawah ini:

Pengertian Sistem Pencernaan Manusia

Pencernakan-manusia
Pencernakan-manusia

Sistem pencernaan manusia adalah sistem yang membantu orang untuk mencerna makanan dan minuman yang mereka konsumsi menjadi zat yang lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Dengan demikian sistem pencernaan sebagai proses yang dapat mengubah makanan dan esensi dari nutrisi yang dibutuhkan tubuh dengan bantuan enzim yang membuat molekul pada makanan kompleks yang mudah mudah dicerna bagi tubuh.

Proses Sistem pencernaan manusia

  • Proses memasukkan makanan ke dalam mulut (injeksi)
  • Proses mengubah makanan dengan pencernaan mekanik menjadi kecil dan lembut,
  • Proses mengubah molekul makanan kompleks menjadi bentuk sederhana melalui enzim, asam, “empedu” dan udara (pencernaan kimia).
  • Penyerapan nutrisi dan menghilangkan kotoran (metode eliminasi).

Baca Juga: Pengertian Adaptasi Tingkah Laku

Saluran Pencernaan Manusia

Dari ulsan yang singkat di atas maka, kami juga akan memberikan beberapa bagian-bagian pada sistem pencernakan pada manusia di antaranya adalah sebagai berikut.

Pencernakan-mulut
Pencernakan-mulut

Berikut bagian-bagian utama pencernakan

  • Mulut.
  • Kerongkongan.
  • Lambung.
  • Usus Halus.
  • Usus Besar.

Bagian Mulut

Sistem pencernaan manusia yang terdapat mulut adalah salajh satu area menjadi pintu menuju makanan dan minuman yang di konsumsi untuk meneruskannya dan ke sistem pencernaan.

Di mulut juga terdapat beberapa bagian penting adalah lidah yang dapat digunakan untuk merasakan makanan dan dapat mengatur posisi makanan sehingga mudah untuk mengunyah dan memfasilitasi konsumsi makanan.

Baca Juga: Sistem Rangka Manusia

Bagian Kerongkongan

Pencernakan-kerongkongan
Pencernakan-kerongkongan

Kerongkongan adalah salah satu jalan yang dilalui tempat menghentikan mengunyah makanan antara rongga mulut ke dalam lambung dan proses pencernaan selanjutnya.

Kerongkongan juga dapat melakukan gerakan yang disebut peristaltik yang dapat membantu mendorong makanan yang dikunyah perlahan ke dalam perut.

Lambung

Pencernakan-pada-lambung
Pencernakan-pada-lambung

Lambung adalah salah satu bentuk ventrikel pada kantong yang menonjol dan terletak di sisi kiri perut.

Perut memiliki empat fungsi utama:

  • Tempat menyimpan bahan makanan sebelum diserahkan ke organ berikutnya.
  • Memecah dan mengaduk makanan dengan mekanisme peristaltik
  • Cerna dan hancurkan makanan dengan bantuan enzim di perut
  • Hanya beberapa zat, seperti air dan alkohol, yang diserap langsung oleh lambung.

Baca Juga: Sistem Eksresi Pada Manusia

Usus Halus

Pencernakan-pada-usus-halus
Pencernakan-pada-usus-halus

Usus Halus adalah salah satu bagian yang terdapat pada pencernakan dalam bentuk tabung gulung sehingga membentuk tonjolan dan lipatan yang dapat mencerna makanan dari usus halus ini.

Usus halus dapat bantuan empedu dan pankreas pada saat makanan melewati usus jejunal untuk membantu dalam proses pencernaan kimia makanan oleh enzim yang diproduksi oleh dinding usus.

Bagian terakhir dari usus halus adalah ileum, yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan proses penyerapan nutrisi dan penyerapan asam empedu.

Usus Besar

Pencernakan-pada-usus-besar
Pencernakan-pada-usus-besar

Usus besar adalah saslah satu bentuk yang terdapat pada pencernakan dan dimulai di kanan bawah tubuh dan berakhir di kiri bawah sehingga usus besar berukuran sekitar 5-6.

Maka hal ini juga dapat membatu makanan bisa masuk ke usus besar dari usus kecil dengan melaui proses tempat cairan dan garam diserap dan memanjang dari sekum ke rektum.

Fungsi utama usus besar sebagai menghilangkan air dan garam (elektrolit) dari bahan yang tidak tercerna dan membentuk limbah padat yang dapat dihilangkan.

Gangguan Sistem Pencernaan

Dari penjelasan dan bagian-bagian pada pencernakan diatas tentu saja akan terjadi juga pada gangguan sistem pencernaan yang sering terjadi pada seperti menderita maag.

Maka gangguan lambung terjadi karena kadar asam lambung yang meningkat dan akan menyebabkan lambung menjadi sangat sakit maka sistem pencernaan yang disebut diare yang di sebabkan adanya bakteri atau kuman.

Adapun akibatnya lambung menjadi mudah sakit dan tinja orang yang menderita diare biasanya berupa cairan yang masuk tidak teratur.

Nah sobat demikianlah yang dapat kami bahas mengenai ulasan tentang sistem pencernakan pada manusia dan beberapa bagian-bagiannya, semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat unutk kita semua sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Adaptasi Fisiologi