Sistem Pernapasan pada Manusia

Posted on

Apa sistem pernapasan pada manusia itu? Untuk menjawab rasa penasaran anda maka simaklah penjelasan berikuut ini

Sistem Pernapasan pada Manusia

Sistem pernapasan pada manusia merupakan organ – organ yang memiliki bagian penting yang mengolah udara masuk hingga keluar. Sistem pernapasan pada manusia memiliki beberapa organ yang membantu udara masuk dan keluar yakni di ataranya :

1. Hidung

Hidung merupakan salah satu organ tubuh yang biaanya di gunakan untuk pernapasan dan indera pencium. Bagian hidung seperti lubang hidung , organ hidung dan ujun rongga pada hidung. Pada rongga hidung terdapat rambut dan kapiler darah.

Selain itu di dalam rongga hidung memiliki hawa kelembapan. Hal ini karena terdapat lendir di dalamnya yang telah di hasilkan selaput mukosa. Proses pernafaan udara yang masuk kedalam hidung akan melaui proses penyaringan untuk menghindari adanya partikel – partikel padat.

Pencegehan makanan ynag kita telan agar tidak naik atau masuk ke dalam hidung akan di bantu dengan anak tekak yang terdapat di pangkal rongga hidung.

2. Faring

Faring merupakan salah satu cabang dari jalannya udara dan makanan yang masuk ke dalam tubuh. letak dari  faring  ini adalah pada depan tulang leher yang biasanya akan tersambung dengan rongga hidung, laring dan rongga mulut anda.

Selain itu faring ini sebagai salah satu temapt yang perpisahannya udara dan makanan pada rongga mulut dan kerongkongan dengan hidung. Biasanya udara yang elah masuk ini akan terlebih dahulu di hangatkan kemudian barulah  di sortir terlebih dahulu dan di lanjutkan ke trakea.

3. Laring

Organ satu ini lebih di kenal dengan pangkal tenggorokan. Organ ini terdiri dari tulag rawan yang telah membentuk sebuah jakun. Epiglottis merupakan salah satu katup pangkal yaang terdapat pada pangkal tenggorokan.

Nah dungsi dari  katup ini adalah sebagai pencegahan dari makanan yang masuk ke dalam  laring , namun ketika bernafas akan membukan kembali. Biasanya tumbuhnya jakun pada seorang pria yang telah dewasa adalah di karenakan oleh hormon testoteron yang mendorong laring.

4. Trakea

Sebelum udara yang anda hirup masuk kedalam bronkus  maka akan terlebih dahulu menuju ke trakea. Batang tenggororkan atau biasa di sebut dengan trakea merupakan sebuah organ yang memiliki bentuk meyerupai pipa dengan panjangnya yang mencapai 9 cm.

Fungsi dari organ satu ini adalah untuk mempermudah udara masuk dari laring ke bronkus. Di dalam orgn ini nantinya udara akan masuk ke paru – paru dan bronkus utama. Selain itu trakea juga sebagai proteksi agar partikel padat yang masuk agar keluar saat udara di keluarkan.

5. Bronkus

Organ pernapasan dengan bentuk cabang yang terletak pada batang tenggororkan adalah bronkus. Adapaun jumlah dari cabang tersebut adalah sepasang yang mana satu cabannya ke paru – paru kanan dan satunya ke kiri. 

Nah biasanya bagian tersebut biasa di kenal dengan bifurkase.  Bronkus ini terbentuk dari  trakea yang telah di lapisi oleh sel. Fungsi dari bronkus ini adalah sebagai penangkap debu yang telah terbawa pada saat proses udara masuk. Partikel debu tersebut akan menempel pada  bronkus.

6. Bronkiolus

Brokiolus ini merupakan salah satu cabang dari  bronkus yang memiliki dinding sedikit tipis dan memiliki salurn yang keci. Kondisi yang terjadi pada bronskiolus ini adalah jika semakin kecil salurannya maka semakin kecil pula tulang rawannya.

Kemudian ujung organ ini memiliki dua bagian yakni aveolus. Fungsi dari organ satu ini adalah sebagai salah satu organ yang  menyalurkan udara ke  avelous  dari  bronkus.   Selain itu oegan  ini juga menjadi pengontrol banyaknya udara yang di salurkan ke paru – paru.

7. Alveolus

Saluran akhir dari proses pernafasan adalah  aveolus yakni berupa gelembung udara. Organ ini memiliki dinding yang cukup tipis dan memiliki kondisi yang cukup lembab yang melekat pada kapiler darah. Organ ini memiliki satu sel epitelium yang pipih.

Nah, di sinilah kondisi di mana udara akan bersentuhan dengan darah. Di dalam organ ini akan terdpat proses di mana okseigen diserap oleh sel – sel darah kemudian yang karbon dioksida akan di keluarkan.

8. Diafragma

Organ satu ini memiliki jaringan otot yang melekat pada paru – paru terletak di bagian bawahnya. Pada saat manusia mengambil udara akan menjadikan organ ini berkonsetrasi.

Nah hal ini akan membuat ruang paru – paru meningkat sehingga udara akan masuk ke dalam paru – paru. Selain itu gerakan tersebut juga akan membuat skema pernafasan pada manusia.  

9. Paru-Paru

Paru – paru sebagai alat utama pernapasan pada manusia. Terletak pada rongga dada dan tepatnya di sebelah kiri dan kanan yang terpisah dengan jantung. Organ ini memiliki beberapa bagian yakni pada kanannya memiliki 3 bagian dan kirnya memiliki 2 bagian.

F.A.Q

Apakah sistem pernapasan pada manusia itu?

Sistem pernapasan pada manusia merupakan organ – organ yang memiliki bagian penting yang mengolah udara masuk hingga keluar.

BACA JUGA :