Sistematika Penulisan Makalah

Posted on
Sistematika Penulisan Makalah

Artikel makalah tentang Sistematika Penulisan Makalah 2019 lengkap baik dan benar, serta sesuai dengan kaidah, dan dapat di jadikan sebagai bahan referensi dalam pembuatan makalah dan skripsi.

Sistematika Penulisan Makalah sudah tidak asing lagi bagi siswa karna hal yang demikian merupakan sebuah tugas yang harus diperhitungkan sehingga dalam pembuatannya juga akan terlihat lebih rapi, untuk mengetahui penulisan sistematis makalah ini harus mengetahui beberapa hal yang perlu diingat.

Langsung saja simak pembahasn di bawah ini:

Sistematika Penulisan Makalah

Ketika melakukan menulis makalah maka segala sesuatu harus diatur dengan benar, sehingga untuk membuat makalah tersebut dapat menarik dan mudah dimengerti, Diantaranya.

Baca Juga: Contoh Proposal Kegiatan

Ukuran Huruf dan Font

Saat membuat sebuah karya atau makalah dalam pemilihan font merupakan salah satu hal yang tidak boleh gegabah karena untuk memilih font dapat memudahlan dalam membacanya.

Sebaiknya cukup dengan menggunakan font dan garis bersih yang standar font pada umum nya, yaitu font Times New Roman dengan ukuran standar huruf 12 hal ini dapat disesuaikan sehingga tidak terjadi kebingungan.

Spasi

Spasi adalah salah satu ruang antar kata dalam sebuah teks sehingga hal ini harus disesuaikan dengan font dan ukuran font yang akan dipilih karena dalam membacanya akan terlihat nyaman dan menyenangkan.

Pilihan jarak atau ruang pada kertas secara umum adalah 1,5 tetapi yang biasanya menggunakan dengan 2 ruang dalam penulisan karya ilmiah dan penulisan makalah.

Baca Juga: Contoh Latar Belakang Laporan

Pengaturan Paragraf

Secara umum dalam pengaturan paragraf yang sering digunakan dalam penulisan makalah atau skripsi yang mudah maka jenis dan gaya paragraf ini sangat terlihat lebih baik dibandingkan dengan orientasi kiri.

Pemilihan paragraf di kanan dan kiri akan tulisan terlihat lebih terorganisir sehingga nilai etika kertas dapat menerima tanda tambah ketika melakukan perbaukan.

Nomor Halaman

Ddalam penulisan nomor halaman sebenarnya tidak ada yang harus dipertimbangkan saat membuat makalah namun terkadang jumlah halaman ini sangat penting dalam membuat makalah untuk mengetahui akhiran dalam setiap lembararnya.

Namun bagi seseorang yang akan membuat bab jika nomor halaman tidak diberikan maka makalah akan sulit untuk di pahami, dalam penulisan nomor halaman tersebut pada umumnya ditempatkan pada kanan bawah halaman.

Pengaturan Margin

Pengaturan Margin adalah jarak antara batas kertas dan awal huruf sehingga makalah dapat dengan mudah di pahami oleh pembaca.

Berikut pengaturan Margin yang sering digunakan diantaranya:

  • Top – 5 cm
  • Right – 3 cm
  • Bottom- 3 cm
  • Left- 4 cm

Namun ada beberapa hal yang perlu diingat bahwa menggunakan margin cukup untuk satu halaman saja sehingga halaman berikutnya tidak menggunakan margin.

Baca Juga: Pengertian dan Contoh Gambar Tabel

Contoh Sistematika Penulisan

Dari beberapa ulasan di atas maka kami juga akan memberikan contoh dari sistematika penulisan makalah yang benar.

Berikut beberapa langkah dalam penulisan Sistematika Penulisan:

BAB I Pendahuluan

Pendahuluan hal ini merupakan salah satu metode dalam penulisan makalah yang berisikan latar belakang, tujuan, perumusan masalah, ruang lingkup, tujuan dan manfaat atau sistematika penulisan.

BAB II Landasan Teori

Landasan Teori hal ini merupakan salah satu metode dalam penulisan makalah berupa pengertian atau definisi dengan kutipan pada saat penyusunan dengan penelitian.

BAB III Pembahasan

Pembahasan hal ini merupakan salah satu metode dengan memberikan tinjauan umum dan tinjauan yang singkat dari struktur organisasinya, masalah yang dihadapi, penyelesaian masalah, analisis proses dan Hasil Akhir.

BAB IV Rancangan sistem dan Implementasi

Rancangan sistem dan Implementasi hal ini merupakan salah satu metode dengan menjelaskan analisis sistem yang akan diusulkan untuk mengimplementasikan denga rinci tentang penentuan akhir pada bab sebelumnya.

BAB V Penutup

Penutup hal ini merupakan salah satu metode penulisan yang berisi kesimpulan dan saran sehingga dapat menganalisis dan mengoptimalkan sistem yang berdasarkan pada bab yang sebelumnya.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah sebuah ringkasan dari poin-poin yang penting dan terkandung dalam isi makalah yang akan dibahas secara rinci maka kesimpulan ini harus memiliki makna yang sangat jelas supaya pembaca dapat memberukan nilai positif.

Saran

Penulisan makalah atau proposal hal ini akan mencakup tentang permintaan atau masukan dari penulis kepada pembaca sehingga permintaan tersebut memiliki arti hasil dari penelitian nya maka hasil dari pembuatan makalah tidak terjadi kesalahan yang ditemukan untuk membuat masukan tentang penulis.

Daftar Pustaka

Daftar pustaka adalah daftar yang menunjukkan bahwa kumpulan memiliki sumber makalah yang menunjukkan penulis makalah ditulis secara rinci dan jelas sampai tidak ada yang tersisa.

Pemilihan sumber dapat disimpulkan dari hasil makalah serta dari pendapat karya tulis seseorang dengan mengikuti aturan dari penulisan yang baik dan benar seperti apa yang telahdibahas sebelumnya.

Lampiran

Lampiran adalah salah satu sistem denga informasi tentang hasil pengolahan data dalam bentuk tabel, grafik, gambar, dll. sehingga lampiran juga dapat diisi dengan gambar atau foto-foto dari berbagai kegiatan dan penulis dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai apa yang dilakukan.

Nah demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai pembahasan tantang sistematika penulisan makalah lengkap dan yang benar, semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Contoh Struktur Kalimat