Slow Jogging

Posted on
Slow-Jogging-1

Materi makalah Slow Jogging – yang meliputi dari beberapa pengertian, manfaat, cara, contoh serta gambar supaya mudah di pahami.

Halo sobat pecinta olahraga di sini kami dari materibelajar.co.id terus akan membahas materi olahraga dari beberapa materi kami yang sebelumnya telah membahas Jalan Cepat, namun kali ini kami akan membahas materi mengenai slow jogging, Slow jogging tentu merupakan salah satu latihan ringan yang sering dilakukan bagi setiap orang yang suka dengan berolah raga.

Untuk lebih jelasnya lansung saja simak penjelasan di bawah ini :

Pengerian Jogging Adalah

Slow-Jogging

Jogging adalah salah satu aktivitas cabang olahraga fisik tetapi yang bersifat ringan dan sangat mudah untuk di lakukan, karena mudah dan murah dalam kegiatan yang semacam ini cukup dengan modal dengan sepatu dan peralatan yang ringan.

Jogging yang pada umumnya memiliki tujuan untuk menjaga kesehatan tubuh kita sehingga dengan rutin melakukan aktivitas fisik ini otomatis tubuh akan kelihatan sehat dan segar, Jogging ini juga hal yang paling murah dan yang paling praktis sebagai pilihan olahraga.

Dengan melakukan jogging di sekitar komplek atau lingkungan rumah hal ini sangat praktis, efektif bisa bakar lemak yang terkandung di dalam tubuh.

Baca Juga: Jalan Cepat

Manfaat Slow Jogging

Didalam beberapa cabang olah raga tentunya memiliki beberapa manfaat dari masing-masing olahraga tersebut di antara manfaat-manfaat yang terdapat di dalam olahraga jogging ini adalah sebagai berikut.

A. Mencegah Penyakit

Meskipun kegiatan olahraga ini bersifat ringa namun memiliki manfaat untuk Mencegah penyakit sehingga dapat juga mampu melindungi diri dari beberapa penyakit yang cukup berbahaya, dan dapat terhindari dari penyakit kolesterol yang dibuang ketika berlari.

Slow jogging sangat dipercaya dan mampu mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer karena hal ini dapat menyebabkan kepikunan pada tubuh manusia dan bahkan menyebabkan rusaknya syaraf -syaraf pada otak.

Maka hal yang dapat mencegahnya dengan melakukan Slow jogging karenan hal ini akan membuat otot, sendi, dan anggota tubuh akan terlihat lebih mudah beradaptasi untuk menerima beban dari penyakit.

C. Menyehatkan Pikiran

Dampak positif yang di dapat kan dari olahraga slow jogging ini dapat menyehatkan dan dapat Menyehatkan Pikiran karena dengan rutin melakukan olahraga ini pikiran akan tenang dan sehat.

Slow jogging juga dapat melepaskan hormon endorfin yang memicu rasa senang pada tubuh tak hanya itu saja bahkan membuat pikiran menjadi lebih tenang sehingga konsentrasi berfokus pada lari saja.

D. Menyehatkan Jantung

Melakukan slow jogging secara rutin pada tempat yang terbuka pastikan akan menyebabkan Menyehatkan Jantung hal ini sudah terbukti dan dapat meningkatkan kesehatan serta dapat menambah kekuatan otot jantung.

Sedangkan olahraga ini juga lebih aman dan terlihat lebih mudah dalam melakukan nya di tempat-tempat yang terbuka sehingga secara perlahan akan memastikan jantung dapat bekerja dengan baik.

E. Mengatasi Sesak Nafas

Di dalam sebuah penelitian olahraga slow jogging ini bertujuan untuk Mengatasi Sesak Nafas sehingga dan penderita asma yang berlehihan, hal ini di karenakan berlatih dengan rutin melakukan jogging selam tiga bulan berturut-turut pasti badan merasa lebih sehat.

F. Meningkatkan Nafsu Makan

Dampak yang di dapatkan dalam olahraga jogging ini mampu Meningkatkan Nafsu Makan dan memiliki solusinya yang sangat ampuh karena metabolisme pada tubuh semakin meningkat ketika sedang melakukan olahraga jogging serta dapat meningkatkan Konsentrasi.

Baca Juga : Renang Gaya Dada

Cara Jogging yang Benar

Cara-Jogging

Dari beberapa penjelasan di atas tentunya memiliki manfaat yang akan di dapat setelah melakukan aktivitas ini dengan benar dan rutin dalam melakukannya dengan demikian terdapat juga beberapa cara dalam melakukan Slow Jogging.

Diantara cara-cara tersebut adalah:

1. Pemanasan

Pemanasan memang terlihat hal sangat sederhana tetapi pemanasan ini sangat di perlukan dalam setiap bidang olahraga karena pemanasan secara perlahan-lahan dapat meningkatkan denyut jantung yang normal.

Pemanasan juga mengurangi stress pada tubuh saat melakukan olahraga bahkan kalau tidah melakukan pemanasan tubuh akan terasa kaku dan tegang ketika kamu hendak berolahraga, Setidaknya setiap melakukan olahraga lakukanlah pemanasan beberapa menit.

2. Postur Tubuh ketika Jogging

Gambar-postur-tubuh-jogging

1. Posisi lengan

Lakukan Posisi lengan dengan benar siku ditekuk 70 derajat dan diayunkan ke depan sehingga ke belakang mengikuti irama gerakan kaki dan ayunan harus sejajar dengan pinggang.

2. Posisi kaki

Lakukan posisi kaki menapak tanah dan usahakan bagian depan kaki terus mendarat ke tanah bukan sampai ke bagian tumit yang menyentuh hal ini sangat mempengaruhi kinerja dan efisiensi.

3. Posisi tangan

Lakukan posisi tangan menggenggam dengan santai dan ditekuk sehingga tetap tidak dilepas kemudian telapak tangan dan otot-otot lengan supaya terlihat kenyamanan.

4. Posisi kepala

Lakukan posisi kepala selalu ditegakkan dan tidak mendongakan kepala karena dapat menghambat masuknya udara melalui saluran pernafasan .

5. Posisi perut

Lakukan posisi perut dengan benar agar tidak menarik otot-otot perut lalu tahan posisi tersebut selama berlarihal ini dapat beguna perut menjadi ramping.

Demikianlah beberapa manfaat slow jogging yang dapat kami sampaikan dalam artikel kali ini semoga memberikan manfaat. Terima Kasih

Baca Juga: Teknik Taekwondo