Soal Bahasa Indonesia Kelas 11

Posted on
Soal-Bahasa-Indonesia-Kelas-11

Artikel tentang Soal Bahasa Indonesia kelas 11 untuk SMA/MA/SMK, tahun 2020-2021, disemester 1 dan 2, pada sekolah menengah atas lengkap juga soal PG atau Essay,

Pendidikan Bahasa Indonesia,,, Pendidikan dalam bahasa indonesia adalah salah satu mata pelajaran yang dapat di praktekan dalam kehidupan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar dalam sehari-hari, karena hal ini sangat bermanfaat dalam pergaulan, disni kami akan memberikan Soal bahasa untuk kelas 11 tingkat pendidikan SMA / MA / SMK khususnya di kelas 1,2 sampai 3.

Baca Juga: Soal Bahasa Indonesia Kelas 10

Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA/SMK Semester 1 & 2 PG dan Essay

Materi-SMA-9
petunjuk-awal-42

Contoh Soal Pilihan Ganda:

I. Jawablah soal pilihan ganda di bawah ini dengan benar!

Baca Juga: Soal Bahasa Indonesia Kelas 9

1. Perhatikan kutipan berikut.

bahan; Tiga lengkuas ukuran ibu jari, garam secukupnya Bekas luka menggosok. Tambahkan secangkir air hangat. lalu tekan dan saring. Cara menggunakan Kencur yang disaring untuk membiarkannya duduk, beri garam secukupnya lalu minum.

Kata yang menunjukkan urutan kegiatan adalah.

a. kemudian
b. tambahkan itu
c. secangkir air
d. jadi itu menetap
e. sebesar jempol

Jawab: b.

2. Perhatikan kutipan berikut.

Makanan Alami Lele terdiri dari plankton, berbagai udang kecil, siput, cacing, larva nyamuk dan bahkan sisa sayuran. Jika dibudidayakan di kolam dan memasak sisa makanan di dapur, sebuah kotak kecil dapat ditambahkan sebagai pakan tambahan. Karena itu, lele juga disebut omnivora atau pemakan.

Konjungsi interalimatic dalam kutipan adalah.

a. kemudian
b. bahkan itu
c. dari
d. terdiri dari
e. karenanya

Jawab: e.

3. Kuliah harus.

a. saran yang bagus
b. kebencian
c. Furies
d. yang buruk
e. kejahatan

Jawab: a.

4. Selanjutnya, itu bukan ungkapan terima kasih.

a. Terima kasih banyak untuk mereka yang membantu saya
b. Bahasa Assala wr. wb
c. Dengan hal ini, terima kasih
d. Terima kasih kepada Tuhan dan juri atau tamu undangan.
e. Saya berterima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa

Jawab: b.

5. Bahasa yang digunakan dalam teks kuliah adalah.

a. efektif
b. dwimakna
c. dwimakna
d. slang
e. bahasa non-standar

Jawab: a.

6. Kata “atau” adalah kata hubung.

a. tujuan
b. pilihan
c. kronologis
d. kesimpulannya
e. negara

Jawab: b.

7. Kata “terakhir” adalah kata hubung
a. tujuan
b. pilihan
c. kronologis
d. kesimpulannya
e. negara

Jawab: c.

Baca penjelasan di bawah untuk menjawab pertanyaan 3-5

Dengan energi besar di gelombang air, sangat alami bahwa bangunan di darat dapat dengan mudah disapu. (2) Gelombang tsunami ini menyebar dengan kecepatan yang tidak terbayangkan. (3) Gelombang ini bisa mencapai 500 hingga 1000 kilometer per jam di laut. (4) Ketika pantai tercapai, kecepatan turun menjadi 50 hingga 30 kilometer. (5) Bahkan jika melambat dengan cepat, kecepatannya dapat menyebabkan kerusakan serius.

8. Kalimat yang merupakan opini yang diungkapkan dalam angka.

a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
c. (3) dan (4)
d. (4) dan (5)
e. (1) dan (5)

Jawab: a.

9. Kalimat dalam penjelasan yang berkaitan secara kausal adalah angka.
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5).

Jawab: e.

10. Kalimat dalam teks penjelas yang berisi gabungan kondisi adalah angka..

a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)

Jawab: a.

11. Hal-hal yang tidak tercantum dalam laporan penilaian tentang hasil analisis teks penjelasan adalah.

a. Rincian penyebab gempa
b. Jumlah paragraf
c. Definisi gempa
d. Proses gempa
e. Jenis gempa bumi

Jawab: d.

Baca teks di bawah ini untuk menjawab pertanyaan tentang angka 8-10!

Bahasa Indonesia yang saat ini digunakan berasal dari Malaysia. Bahasa telah lama digunakan sebagai bahasa perantara (Lingua Franca) atau bahasa sosial. Tidak hanya di pulau, tetapi juga di hampir seluruh Asia Tenggara. Ini didukung oleh penemuan prasasti Melayu kuno.

12. Penjelasan di atas memberikan informasi tentang pengetahuan tentang masalah / fenomena.

a. alam
b. oleh masyarakat
c. agama
d. ekonomi
e. budaya

Jawab: e.

13. Pernyataan sesuai dengan teks di atas adalah.

a. Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Melayu
b. Bahasa Indonesia telah lama digunakan sebagai bahasa pengantara (Lingua France) atau bahasa sosial
c. Bahasa Indonesia tidak hanya digunakan di kepulauan itu, tetapi juga di hampir seluruh Asia Tenggara
d. Penemuan prasasti kuno dalam bahasa Melayu
e. Prasasti lama ditemukan di Malaysia

Jawab: d.

14. Objek teks penjelasan di atas adalah.

a. Asal mula bahasa Melayu
b. Asal usul Lingua Prancis
c. Asal usul orang Indonesia
d. Asal mula bahasa prasasti lama
e. Asal suka bahasa Melayu

Jawab: c.

15. Kalimat dalam teks prosedural tidak membingungkan dan mudah diikuti artinya kalimat.

a. logis
b. jelas
c. mentah
d. pendek
e. efektif

Jawab: a.

16. Selanjutnya, ini bukan contoh konjungsi temporal.

a. mengapa
b. selanjutnya
c. kemudian
d. ketika
e. setelah itu

Jawab: a.

17. “Jangan hanya menyerahkan kendaraan atau registrasi kendaraan” adalah kalimat.

a. dgn pandangan aneh
b. perlu
c. declaratively
d. primitif
e. mentah

Jawab: b.

18. jika, jika memungkinkan, jika itu adalah.

a. konjungsi temporal
b. Kata kerja perilaku
c. Verbmaterial
d. pembukaan
e. Konjunktionsbegriffe

Jawab: e.

19. “Pastikan dugaan cedera” adalah contoh dari.

a. declaratively
b. dgn pandangan aneh
c. perlu
d. meyakinkan
e. declaratively

Jawab: c.

Baca teks berikut untuk menjawab pertanyaan 6-7.

Teks ini memberikan pengantar dan informasi tentang penyebab gempa bumi. Pendahuluan terdiri dari tiga paragraf yang berisi definisi gempa bumi dan tipenya. Bagian detail terdiri dari lima paragraf. Paragraf pertama berhubungan dengan.

20. Teks di atas adalah evaluasi hasil analisis teks penjelasan di bagian.

a. Aturan
b. bahasa
c. struktur
d. kesimpulannya
e. kadar

Jawab: c.

21. Isi teks kuliah berisi.

a. kalimat yang ambigu
b. kebenaran
c. Tujuannya tidak jelas
d. sebuah kebohongan
e. pendapat

Jawab: b

22. Berbicara kata melalui mulut sehingga terdengar bagus dan benar dan ditangani dengan jelas.

a. artikulasi
b. intonasi
c. volume
d. suara
e. irama

Jawab: a

23. Metode menyampaikan pidato dengan menghafal teks pidato sebelumnya disebut.

a. secara spontan
b. memoriter
c. naskah
d. perpanjangan
e. impor

Jawab: b

24. Fitur berikut ini bukan untuk menulis nonfiksi.

a. dalam bentuk penulisan ilmiah
b. cobalah untuk mencapai tingkat objektivitas yang tinggi
c. cobalah untuk menjadi menarik
d. Bahasa adalah konotatif
e. Alasan menginspirasi

Jawab: d.

25. Buku yang berisi pengembangan berdasarkan data otentik atau spesifik disebut.

a. murni non-fiksi
b. kreatif non-fiksi
c. Fiksi Malaysia
d. fiksi sastra
e. campuran non-fiksi

Jawab: a

26. Berikut ini tidak termasuk dalam langkah untuk membuat buku fiksi.

a. sebuah ide
b. menulis sinopsis
c. merangkakan
d. Abaikan proses pengeditan
e. menemukan kelemahan dan kelemahan buku ini

Jawab: d

27. Baca teks berikut.

Peduli dan sedih mendengarnya. Namun, ini sepertinya menjadi fenomena yang akrab bagi masyarakat Indonesia. Maka tak perlu dikatakan untuk memiliki pertanyaan tentang apa yang sebenarnya terjadi. Banyak faktor yang dapat membuat orang tidak bahagia di tengah kekayaan alam Indonesia. Salah satunya adalah pemrosesan status, yang masih salah atau bahkan salah. Contoh kesalahan yang terjadi saat memproses suatu negara adalah kasus korupsi yang terjadi di hampir semua wilayah.

Fragmen teks di atas berisi artikel non-fiksi dalam bentuk.

a. karangan
b. artikel jurnalistik
c. artikel ilmiah
d. biografi
e. tesis

Jawab: a

28. Berikut hal yang perlu dipertimbangkan saat membuat esai, kecuali.

a. tentukan topik yang menarik
b. penelitian
c. garis besar itu
d. mengabaikan pemilihan kata
e. temukan ide utamanya

Jawab: d

29. Kalimat dalam prosedural tidak yang membingungkan dan mudah diikuti artinya dissebut.

a. logis
b. jelas
c. mentah
d. pendek
e. efektif

Jawab: a

30. Jangan menyerahkan kendaraan atau registrasi kendaraan” sebagai kalimat.

a. dgn pandangan aneh
b. perlu
c. declaratively
d. primitif
e. mentah

Jawab: b

Baca Juga: Soal Bahasa Indonesia Kelas 8

Contoh Soal Essay:

1. Jelaskan arti dari pernyataan umum….

2. Jelaskan urutan penjelasannya…

3. Tulis tujuan dari teks penjelasan…

4. Sebutkan konjungsi yang terkandung dalam teks penjelas…

5. Berikan contoh hubungan eksternal…

Sekian yang dapat kami berikan tentang soal bahasa indonesia kelas 11, semoga artikel yang sudah kami berikan dapat dijadikan referensi untuk kita semua, sekian terima kasih.

Baca Juga: Soal Bahasa Indonesia Kelas 7

Rate this post