Strategi Catur

Posted on
Strategi-Catur

Materi makalah Strategi Catur – di mana pokok dari materi ini mencakup seperti pengertian, ciri ciri, istilah dalam catur, contoh, manfaat dan gambar supaya mudah di mengerti.

Catur merupakan sebuah olah raga yang menguras tenaga dan pikiran yang dimana dalampermainan ini harusmenggunakan tehnik dan strategi yang bebnar-benar kelihatan sempurna sehingga untukmengalahkan lawan dengan mudah.

Di bawah ini langkah-langkah permainan catur yang akan kami bahar dalam artikel kali ini:

Pengertian Catur Adalah

Strategi-Rahasia-Catur

Permainan Catur

Catur merupakan bentuk dan permainan yang bersifat olah raga yang di mana dalampermainan ini memang banyak sekali menguras pikiran dan harus berfikir dengan kesabaran serta konsentrasi dan keterampilan strategi tinggi.

Permainan catur biasanya terdiri dari dua pemain saja sehingga permainan ini terlalu terfokus dalam merencanakan langkah sehingga dapat dengan mudah mengalahkan lawan dalam permainan ini, jenis olah raga ini masih tergolong sebagai jenis olah raga yang banyak diminati.

Setiap langkah bermain catur terkandung tujuan serta maksud untuk mematikan lawan itulah mengapa permainan catur ini di sebut sebagai strategi atau perang yang di ibaratkan zaman dinati.

Dengan demikian permainan yang harus diperhatikan adalah untuk memastikan supaya lawan dengan mudah kecolongan setiap langkah-langkah yang di lakukannya dalam setiap gerakan yang bettujuan melindungi Raja.

Baca Juga: Kasti

Strategi Skakmat Empat Langkah‎

Strategi skakmat adalah dengan menggunakan empat langkah dalampermainan sehingga lawan dengan mudah kalah atau dengan sebutan lain adalah sebagai Scholar’s Mate hampis setiap pemain memiliki cara dan strategi yang berbeda-beda karena strategi ini lah jurus yang ampuh saat melakukan permainan.

Skakmat sampai saat ini masih sering digunakan dalamistilah permainan catur karena paling banyak dilakukan dalam permainan catur dan hampir semua pencinta catur pernah terjebak skakmat ini.

Skakmat

Namun tipuan dalam permainan ini tidak banyak orang yang mengetahuinya apa lagi bagi pemain pemula, justru posisi skakmat ini adalah langkah yang dapat tercapai demi memenangkan permainan catur.

Strategi Melindungi Raja

Melindungi-raja

Dalam melakukan permainan ini sekuat mungkin yang haru di perhatikan adalah menjaga raja supaya ditak di makan lawan, sehingga tugas yang paling penting perlindungan terhadap penyerangan lawan dan memiliki kemampuan harus bisa menutupi celah dari dalam.

Hal ini harus dipertahanan karena kombinasi permainan ketika raja di makan oleh lawan maka permainan akan selesai, di saat melakukan kekuatan atau pertahanan terhadap ruang lingkup permainan tentu saja harus dengan pemikiran yang jernih agar dapat memenangkan permainan tersebut.

Baca Juga : Materi Sepak Bola

Strategi Menggunakan Tipuan

Strategi-Menyerang

Dalam permainan ini tentunya harus menggunakan tipuan karena denga tupuan dengan mudah untuk mengalahkan lawan dalampermainan catur, dan selalu memiliki strategi untuk mengecoh lawan.

Dengan menggunakan tipuan yang ada didalam permainan catur secara umumnya sah-sah saja melakukan nya karena itu merupakan sergapan yang pada akhirnya mampu membuat lawan kalah.

Strategi Mempersempit Gerakan Lawan

strategi-mempersempin-lawan

Dalam permainan ini yang paling penting adalah jangan biarkan lawan terlalu leluasa untuk bergerak karena ini menjadi kurang baik dan dengan mudah lawan melakukan tindakan seperti Skakmat.

Maka dari situ lah yang perlu di perhatikan setiap pergerakannya dan memiliki strategi yang di maksud memperkirakan arah tujuan lawan sehingga bisa memotongnya dan dengan mudah nya lagi melakukan penyerangan balik.

Strategi Melangkahkan Benteng sebelum Menteri

Gambar-Skakmat

Pada permainan catur hal yang paling penting juga untuk di ketahui bahwa dalam penggerakan benteng di mana bentang bisa melakukan penggerakan dengan strategi maju,mundur dan kekiri serta ke kanan dalam hal ini benteng dengan mudah melakukan skakmat.

Namun strategi menggunakan benteng ini bisa dilakukan kalau memang kondisi memungkinkan sehingga dengan mudah mengabisi buah-buah lawan melakukan gerakan yang mudah mengalahkan lawan.

Strategi Habiskan Buah Catur Lawan

strategi-habiskan-catur-lawan

Dengan menghabiskan buah catur lawan dalam permainan catur ini dengan mudah memiliki kesempatan untuk menang karena disaat buah lawan sudah berkurang besar kemungkinan langkah pergerakan untuk memakan raja lawan.

Strategi Mengecoh Lawan

Strategi-mengecohkan-lawan

Jenis permainan ini yang harus di utamakan adalah sebisa mungkin untuk mengecohkan lawan agar lawan hilang kendali atau hilang konsentrasi setidaknya lawan tidak terlindungi dan ruang untuk penyerangannya tidak terkendali.

Sebagai contoh untuk langkah dalam mengecohkan lawan adalah sebagaiberikut:

  • Menggunakan strategi dan rangkaian langkah yang rumit sehingga bentuk pengumpanan tidak dapat diketahui lawan
  • Pastikan semua langkah tidak di ketahui tujuan untuk membiarkan salah satu bidak tidak terlindungi

Istilah-istilah Dalam Permainan Catur

Istilah yang terdapat dalam permainan catur ini adalah sebagai skak dan skak mat kondisi ini merupakan salah satu cara membuat untuk lebih aman dalam menjaga raja dan memposisikan benteng secara bersamaan.

Jika permainan tersebut tidak dapat menggunakan dengan cara maka skak mat dalam permaian maka dengan mudah di kalahkan oleh lawan dimana raja sangat terancam

Demikian yang dapat kami sampaikan dalam artikel mengenai informasi Strategi permainan catur, semoga dengan adanya informasi ini kita semua lebih mudah untuk melakukan permainan tersebut, dan artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua terutama buat penulis sendiri.

Terima Kasih

Baca Juga: Teknik Dasar Bulu Tangkis

Rate this post