Sudut Pandang

Posted on
Sudut Pandang

Artikel makalah tentang pembahasan Sudut Pandang orang pertama meliputi dari pengertian, jenis, manfaat, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Dalam sebuah cerita fiksi terkadang banyak sekali yang terdapat tentang sudut pandang sehingga hal terseut memilkiki kosa kata yang sangat mudah di pahami karena sering digunakan sebagai penulisan untuk menentukan jalannya ceritanya. dengan demikian sudut pandang memiliki kata ganti sebagai orang ketiga.

Berikut akan kami jelaskan pada artikel di bawah ini:

Pengertian Sudut Pandang

Sudut Pandang adalah salah satu metode yang dapat digunakan sebagai penulisan untuk menempatkan diri dari si penulis dengan memandang beberapa cerita dengan karangan yang akan diciptakan.

Dalam karangan cerita yang selalu mengenai dengan arti dari sudut pandang karena dapat menggunakan alur ceritanya dengan cerita yang terkandung dalam cerita itu sendiri.

Dengan demikiah kita harus paham tantang arti dari sudut pandang sehingga dapat membuat sebuah cerita dengan menarik karena di dalam nya terkandung cerita fiksi.

Baca Juga: Teks Editorial

Janis-Jenis Sudut Pandang

Dari beberapa ulasan di atas maka di sini juga terdapat beberapa jenis yang terkandung dalan sudut pandang itu sendiri diantaranya adalah sebagai berikut.

A. Sudut Pandang sebagai orang Pelaku Utama

Dalam sebuah sudut pandang dengan teknik yang dapat mengisahkan dari berbagai peristiwa dengan tingkah laku yang dapat dialaminya sehingga akan memiliki sifat yang baik yang saling hubungannya dalam sebuah pusat cerita itu sendiri.

Segala peristiwa yang terkandung diri “Si” dan “Aku” merupakan tindakan yang dapat diceritakan jika berhubungan pada dirinya sebagai memiliki dalam kebebasan dari masalah-masalah yang diceritakan.

Contohnya
Pagi ini cuaca yang begitu cerah sehingga dapat mengubah suasana jiwaku yang tenang karena dapat juga menghilangan jiwa yang penat karena setumpuk kerja yang masih banyak.

Namun aku harus bangkit dan dapat melakukan kerjaan itu dengan selesai dan dapat bergegas meluncur ke perusahaan tempat aku bekerja supaya tidak ada kesalahan dalam bertindak. dan dapat membuat laporkan pada perusahaan ….

B. Sudut Pandang sebagai orang Pelaku Sampingan

Dalam sebuah sudut pandang dengan memiliki tokoh ”aku” yang dapat dimunculkan sebagai tokoh yang utama sebagai tambahan dalam membawakan sebuah cerita kepadasetiap pembaca.

Tokoh cerita nya juga memiliki banyak tampilan serta dapat membawakan cerita nya dengan berbagai peristiwa dan dapat juga berhubungan pada tokoh-tokohcerita yang lain.

Baca Juga: Kata Sapaan

Contohnya
Deru memiliki banyak kendaraan yang sangat bagus dan berkualitas serta kendarakannya amat membisingkan telinga sehingga aku tinggal di kota metropolitan dengan menata hati dan dapat menghadapi suasana kota besar ini.

Tetapi kali ini aku tidak kuasa menghindar dari tugas ini yang aku dapatkan ini sehingga konon katanya aku orang yang dibutuhkan agar dapat ikut memajukan sebuah perusahaan pada tempat aku bekerja.

Dan Ternyata hanya aku saja yang mengalami mutasi teman satu asramaku tidaj terajadi hal yang seperti akau alami ini aku harus beradaptasi pada suasana Kota Jakarta.

Aku bisa juga stress setiap hari harus terjebak pada kemacetan seperti ini upaya dari Pemkot DKI tidak dapat mengatasi masalah ini kemacetan pada jakarta….

C. Sudut Pandang Orang Ketiga Serba tahu

Dalam sudut pandang dengan memiliki cerita yang akan dikisahkan dari sebuah sudut pandan diantaranya “Dia” sehingga pengarang dapat menceritakan dengan baik hal-hal pada sumber “dia” tersebut.

Hal ini merupakan sebuah cerita yang memiliki toho dengan berpindah-pindah dengan alur cerita nya “dia” sehingga dapat ”menyembunyikan” dengan tindakanyang berupa pikiran dan perasaan dari kata motivasi secara jelas dalam sebuah ucapan atau tindakan yang nyata.

Contohnya
Sudah genap dua bulan ini menjadi pendatang baru pada komplek. tetapi aku belum kenal dengan salah satu orang yang tingal di perumahan tersebut, karena aku jarang keluar rumah.

Apa dia terlalu sibuk dengan urusan ya Tapi, masa bodoh lah Aku tak rugi karena orang orang juga cuek kepada aku…

Pernah suatu ketika dia kedatangan tamu dari tetangga jadi walaupun aku memiliki saudara pada perumahan tersebut dia juga tidak menyukainya.

D. Sudut Pandang Orang Ketiga Sebagai Pengamat

Dalam sebuah sudut pandang ini terkadang mimiliki kata ”dia” yang sangat terbatas sehingga halnya ”dia” dapat melukiskan dalam cerita oleh tokoh dari seorang dengan jumlah yang terbatas dan mimiliki karangan dengan kalimat yang efektif.

Tokoh cerita ini muga mungkin memiliki cukupan yang banyak karena berupa tokoh dengan menunjukkan sosok dirinya seperti pada tokoh yang pertama.

Contohnya
“Entah apa yang akan terjadi dengannya sehingga dia akan datang dengan memarahi aku, Memang aku kelihatannya punya banyak masalah yaa,,, tetapi jika dilihat dari raut mukanya sangat banyak basalah dan musuh”.

Tetapi sepertinya dia juga banyak sekali penyakit yaa, karena bibirnya sangat kering sekali dan wajahnya sangat pucat rambutnya juga sangat kusut seperti tidak terbasuh oleh air tapi mereka berani untuk menegurnya. apa tidak takut dia marah…

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai pembahasan dari ssudut pandang dan jenisnya serta beberapa contoh, semoga dengan adanya artikel ini dapat bergguna dan bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih

Baca Juga: Norma Kesopanan