Contoh Surat Referensi Kerja Beserta Pengertian dan Contohnya

Posted on

MateriBelajar.Co.id Pada kesempatan kali ini akan membahas secara lengkap tentang surat referensi kerja yang meliputi pengerian beserta contoh surat referensi kerja lengkap. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan dibawah ini

contoh surat referensi kerja
contoh surat referensi kerja

Pengertian Surat Referensi Kerja

Surat referensi kerja atau biasa disebut surat pengalaman kerja adalah sebuah surat acuan dan rujukan yang menerangkan bahwa pelamar sudah mempunyai pengalaman kerja pada bidang tertentu”

Akan lebih baik jika pengalaman kerja sesuai dengan bidang pekerjaan yang dilamar sekarang. Dengan demikian, perusahaan tak perlu lagi membimbing mulai dari awal dalam melakukan pekerjaan.

Fungsi Surat Referensi Kerja

Surat Keterangan Kerja (Surat Referensi Kerja) sangat membantu seorang karyawan untuk melakukan pekerjaan terutama yang bekerja di bagian lapangan. Surat keterangan kerja ini mampu menjadi bukti seseorang memang benar bekerja disuatu institusi maupun perusahaan.

Akan tetapi secara fisik berbeda dengan kartu identitas seperti biasa yang sering disematkan. Surat keterangan kerja ini adalah dokumen resmi dari perusahaan yang menjelaskan seseorang itu memang benar menjadi karyawannya meliputi posisi ataupun jabatan yang namanya tertera dalam dokumen.

Dokumen keterangan kerja menjelaskan tentang status seorang karyawan didalam perusahaan. Misalnya posisi magang, karyawan kontarak maupun karyawan tetap. Dewasa ini juga banyak perusahaan yang mencantumkan masa kerja dari nama yang tertulis disurat itu.

Surat keterangan kerja juga mempunyai beragam fungsi sesuai dengan kondisi pemegang surat tersebut. umumnya digunakan untuk menjadi surat referensi dalam mencari kerja hyang baru. Surat ini biasanya dibuat dan diterbitkan pihak HRD perusahaan.

Contoh  Teks Surat Referensi Kerja

Contoh Surat Referensi Kerja Dari Perusahaan

Jika sudah pernah bekerja di sebuah perusahaan pada bidang tertentu, maka akan lebih mudah untuk mencari pekerjaan lain di bidang yang sama. Hal ini tidak lain karena pengalaman yang sudah dimiliki. Namun pengalaman tentu tidak akan terbukti jika tidak memiliki surat referensi kerja dari perusahaan lama tempat anda bekerja. Berikut adalah contoh surat referensi kerja

PT. IKLAN ATAS
Jl. Antasari No. 104 Bandar Lampung

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
No. : 013/HRD/Maret/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Brama Kumbara
Jabatan : Direktur PT. Iklan Atas

Menerangkan bahwa yang bersangkutan di bawah ini :
Nama : Rano Karno
Alamat : Jl. Raya Jauh Jati Raya No. 123 Lampung

Benar sudah bekerja pada perusahaan yang kami pimpin terhitung sejak 23 Januari2017 sampai dengan 25 Februari 2019, dengan jabatan terakhir Manager Research And Development.

Selama menjadi karyawan, Saudara Rano Karno sudah menunjukkan dedikasi dan loyalitas tinggi terhadap perusahaan dan tidak pernah melakukan hal yang merugikan perusahaan. Dalam hal ini yang bersangkutan mengundurkan diri atas keinginanya sendiri.

Kami berterima kasih dan berharap semoga yang bersangkutan bisa lebih sukses dimasa yang akan datang.
Demikian surat keterangan ini dibuat agar mampu digunakan sebagaimana mestinya.

Bandar Lampung, 05 Februari2019.

Direktur PT. IKLAN ATAS

Brama Kumbara

Contoh Surat Referensi Kerja Dari Perusahaan Swasta

Ketika anda meminta surat referensi kerja dari perusahaan, maka anda tentu akan mengharapkan hal – hal yang baik tertulis pada surat referensi kerja itu. Maka, jika anda memang bekerja dengan baik di perusahaan itu, hal tersebut tidak akan sulit untuk anda dapatkan saat meminta surat referensi kerja dari perusahaan.

PT. BENGKOANG
Jl. Cut Nyak Dien No. 13
Palembang

SURAT PENGALAMAN KERJA
Certificate of Employment

No : I/I/III/Juni/2018
Hal : Surat Pengalaman Kerja

Kepada yang bersangkutan,

Dengan surat ini kami dari PT. Bengkoang menyatakan bahwa :
Nama : Rahmat Setiawan
Alamat : Jl.Bulu jauh No. 4 Palembang
Jabatan : Manajer Marketing

Benar-benar sudah bekerja pada perusahaan kami dalam waktu :

25 Februari 2015 sampai dengan 28 Maret 2018.

Saudara yang bersangkutan sudah memberikan kontribusi baik bagi perusahaan dan selama bekerja tak pernah melakukan perbuatan merugikan perusahaan. Dalam hal ini yang bersangkutan mengajukan pengunduran diri terhadap perusahaan atas kemauannya sendiri.

Kami berterimakasih atas semua kerjasama yang sudah diberikan selama ini dan semoga yang bersangkutan bisa lebih sukses dan berhasil dimasa mendatang.

Palembang, 05 Juni2018,

Direktur PT. Bengkoang

Joko Susilo

Contoh Gambar

contoh surat referensi kerja
contoh surat referensi kerja
surat referensi kerja
surat referensi kerja

Demikianlah pembahasan tentang surat referensi kerja, Semoga bermanfaat

Artikel lainya :