Syafakallah Artinya

Posted on

Syafakallah Artinya -Halo sobat materibelajar.co.id kembali lagi bersama kami yang dimana pada kali ini kami akan memabahas tentang pelajaran Agama Islam yang bertemakan Syafakallah Artinya untuk lebih jelas dan lengkapnya maka simaklah artikel ini sampai akhir.

Setiap orang pastinya sudah pernah mengalami sakit di dalam kehidupannya. Tapi yang kita bahas pada kali ini bukan soal sakit hati ya sobat.

Melainkan sakit yang dimaksudkan yakni yang berkaitan dengan sakit fisik. Contohnya saja sakit ringan misal sakit pusing, demam, flu serta lain sebagainya sampai sakit yang berat misalnya jantung, stroke dan lain sebagainya.

Kamu pastinya pernah juga merasakan sebuah sakit fisik. Saat kita sakit ataupun teman kita sakit pastinya ada sebuah kalimat yang diucapkan. Kalimat itu dimaksudkan sebagai sebuah doa bagi orang yang sedang dilanda sebuah penyakit.

Beberapa ucapan yang diantaranya yakni sebagai berikut:

“Cepat sembuh ya
Get well soon”

Diantara dari beberapa ucapan tersebut ada ucapan yang diajarkan di dalam Islam. Kalimat itu ialah syafakillah, syafakallah, syafahallah serta syafahullah.

Lalu, apa kah pengertian dari pada masing-masing kalimat itu serta apa perbedaannya. Yuk mari kita bahas sama-sama.

Arti Syafakillah

syafakallah syifaan ajilan artinya

Syafakallah Artinya salah satu ucapan ataupun mendo’akan sesama umat muslim pada saat seseorang sedang dilanda kondisi sakit, dengan do’a itu, maka begitu sangat diharapkan apabila orang itu akan segera sembuh ataupun sehat.

Selain arti dari pada kalimat syafakillah, ada pula sebagian orang yang mencari maknanya sendiri pada kalimat syafahullah, yang maknanya itu sama saja.

Yaitu mendo’akan kesembuhan kepada seseorang yang sedang mengalami sakit, Bedanya apabila dua ucapan yang sebelumnya yakni ditujukan bagi orang kedua ataupun lawan bicara.

Namun, jika syafahullah ialah ditujukan untuk orang ketiga, dan syafakillah untuk satu orang yang sedang sakit saja. Dalam aturan bahasa Arab penggunaan kalimat syafakillah hanya di tujukan kepada orang yang sedang mengalami sakit.

Terdapat beberapa penggunaan dari Syafakillah yang benar ialah:

  1. Syafakallah” semoga Allah selalu memberikan kesembuhan kepadamu untuk laki-laki.
  2. Syafakillah” semoga Allah selalu memberikan kesembuhan kepadamu untuk perempuan.
  3. Syafakumullah” Semoga Allah selalu memberikan kesembuhan kepada kalian untuk laki-laki.
  4. Syafahullah” semoga Allah selalu memberikan kesembuhan kepadanya untuk laki-laki.
  5. Syafahallah” semoga Allah selalu memberikan kesembuhan kepadanya untuk perempuan.
  6. Syafahumullah” semoga Allah selalu memberikan kesembuhan kepada mereka untuk laki-laki.
  7. Syafahunnallah” semoga Alloh selalu memberikan kesembuhan kepada mereka untuk perempuan.

Jawaban Atas Kalimat Tersebut

Pertanyaan yang berikutnya yakni bagaimana menjawab kalimat itu? Misalkan saja kalian sekarang yang posisinya sedang sakit. Lalu terdapat temanmu yang sedang mengucapkan syafakallah ataupun syafakillah.

Kira-kira apa ya jawaban kalian?

Nah, yang sebenarnya jawaban yang sederhana. Yakni, kalian cukup hanya menjawab, “aamiin” saja. Dikarenakan itu ialah doa yang sangat diperuntukkan untukmu.

Kalian juga dapat membalas menggunakan kata jazakallah khayr. Ini diucapkan saat yang mengucapkan kata kata tersebut adalah laki-laki.

Apabila yang mengucapkan ialah perempuan maka jawabannya yakni jazakillah khayr.

Keutamaan Syafakillah

Adapun keutamaan yang bisa diperoleh saat mengucapkan syafakillah, didalam menjenguk saudara ataupun kerabat yang sedang sakit begitu banyak membawa keberkahkahan.

Keutamaan itu diantara lain ialah sebagai berikut:

  • Mendapatkan banyak pahala
  • Di do’akan Malaikat Allah
  • Kelancaran pada urusan dunia
  • Jaminan sebuah kebaikan dari Allah
  • Mendapat sebuah kebun di surga

Melihat dari keutamaan yang sangat banyak, mulailah kalian peduli terhadap sesama muslim ataupun kerabat kita terutama pada saat mereka sedang mengalami sakit.

Berdasarkan arti dari kata syafakillah, yang mengucapkan kalimat itu menunjukkan bahwa sanya kita mengharapkan kesembuhan dari pada Alloh bagi kerabat kita.

Serta jangan lupa untuk bisa membantu kerabat yang sedang sakit ataupun setidaknya kita bisa mengunjungi agar mengetahui kondisinya lalu ucapkanlah syafakillah kepada orang yang sakit.

Adap Mengucapkan Syafakillah

Supaya kita bisa mendapatkan keutamaan yang sudah di janjikan pada saat kita mengucapkan kalimat syafakillah didalam menjenguk orang yang sedang mengalami sakit, terdapat juga beberapa adab untuk menjenguk orang yang sedang sakit yang sesuai dengan Sunnahnya. Adapun beberapa adab itu adalah sangat dianjurkan serta dilakukan,

berikut adab dalam mengucapkan syafakillah ataupun menjenguk orang yang sakit dengan benar.

  • Niat yang tulus serta benar
  • Menyegerakan niat yang sangat baik
  • Memilih waktu yang begitu tepat
  • Duduk di dekat kepala dari orang sakit yang sedang dijenguk
  • Menanyakan keadaannya
  • Menghibur orang yang sedang sakit
  • Mendo’akannya

Nah, itulah adab yang benar serta sesuai dengan Sunnahnya saat kalian itu menjenguk orang sakit. Sebagai sesama dari manusia yang saling membutuhkan, tentu saja sebuah hal yang ebgitu baik untuk kita agar saling menolong.

Do’a Menjenguk Orang Sakit

doa menjenguk orang sakit

Yang artinya yakni:

Ya Alloh Tuhan bagi semua umat, hilangkan lah penyakitnya, sembuhkanlah iya. (Hanya) kepada engkau lah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi ”

Selain dari memanjatkan do’a bagi orang yang sedang sakit, ada baiknya pula memberi ucapan supaya orang yang sakit bisa semangat agar bisa sembuh. untuk sesama muslim katakanlah lekas sembuh dengan memakai bahasa Arab akan dapat terdengar jauh lebih baik.

Keuntungan Menjenguk Orang Sakit

Keuntungan-keuntungan dari menjenguk saudara ataupun teman yang sedang sakit yakni:

  • Mendapatkan Do’a Dari pada 70 Ribu Malaikat
  • Bisa memperoleh Jaminan Surga Dari Allah SWT
  • Akan Mendapatkan sebuah Hikmah
  • Memiliki kesemapatan didalam Mendoakan Orang Lain
  • Apabila kita menanam sebuah kebaikan maka kebaikan itu akan kembali kepada Pelakunya

Cara Agar Mendapatkan Pahala Menjenguk Orang Sakit

Supaya tujuan yang sangat baik didalam menjenguk seseorang yang sedang mengalami sakit tak sia-sia maka terdapat beberapa hal yang harus kalian ketahui serta memperhatikan yaitu sebagai berikut:

  • Niat yang sangat Baik
  • Waktu saat ingin Menjenguk yang harus Tepat
  • Bisa Mengingatkan agar dapat senantiasa sabar
  • Meletakkan kedua tangan kita di Atas Orang yang Sakit
  • Memberi dukungan serta mengingatkan agar Tidak mengeluh
  • Menanyakan kondisi orang yang sakit
  • Kujungan yang tidak memakan waktu lama
  • Mendoakan yang sedang sakit menggunakan ucapan yang sangat baik

Selesai sudah pembahas kali ini tentang Syafakallah Artinya semoga dapat membantu kalian semuanya dalam mempelajari pelajaran Agama Islam dan terimakasih kamu sudah berkunjung dan menyimak artikel ini sampai akhir .

Baca Juga Lainnya: