Pengertian dan Contoh Gambar Tabel, Grafik, Denah dan Bagan

Posted on

MateriBelajar.Co.id Pada kali ini akan membahas tentang pengertian Tabel, Grafik, Denah dan Bagan beserta contoh gambar tabel, grafik, denah dan bagan. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan dibawah ini

tabel grafik dan bagan
tabel grafik dan bagan

Penyajian sebuah informasi tidak mutlak disampaikan dalam bentuk teks ataupun wacana yang berbentuk paragraf. Tabel, grafik, denah dan bagan adalah salah satu bentuk penyampaian informasi yang umumnya memuat hal berkaitan dengan angka, urutan atau tingkatan secara periodik, perbandingan, serta data-data dalam ruang lingkup dan waktu tertentu.

Pengertian Tabel, Grafik, Denah dan Bagan

Tabel adalah daftar yang berisi ikhtisar dengan berbagai data mengenai suatu Informasi yang pada umumnya terdapat kata-kata atau suatu bilangan yang tertata dan tersusun memakai garis pembatas.

Bagan yaitu berupa gambaran atau sketsa abstrak yang menampilkan atau menjelaskan Informasi tertentu. Data atau informasi di tuangkan pada gambar. Bentuk dari bagan bervariasi di antaranya seperti Garis (Bar), Lingkaran, Batang, Pohon dan garis.

Grafik yaitu berupa bentuk gambaran lukisan lukisan dengan mengetahui dari naik atau turunnya keadaan Informasi

Denah adalah gambar yang menunjukkan lokasi ataupun letak dari suatu tempat. Dalam pengertian yang lain, denah merupakan gambaran sederhana suatu tempat. Denah bisa digunakan seseorang mencari suatu tempat, dengan tujuan tempat tersebut mudah ditemukan.

Grafik, tabel, denah dan bagan tidaklah dibuat sekadar hanya melengkapi teks saja, namun lebih dari itu, grafik adalah bagian tak terpisahkan dari teks yang disajikan. Pemunculan grafik pada sebuah teks dimaksudkan guna mendukung kemudahan dalam memahami isi informasi teks tersebut.

Cara Menemukan Informasi Grafik, Tabel, Denah dan Bagan

Setelah mengerti dan paham mengenai pengertian grafik, table dan bahan serta Contohnya. Maka kemudian mengenai bagaimana cara menemukan informasi di dalamnya.

Terdapat beberapa tahap yang bisa dilakukan untuk menemukan informasi dalam grafik, tabel, dan bagan, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Pastikan sudah membaca judul grafik, tabel, dan bagan tersebut
  2. Perhatikan keterangan yang ada pada gambar.
  3. Dan perhatikan perbedaanya disetiap masing-masing gambar

Contoh Tabel, Grafik, Denah dan Bagan

Berikut adalah contoh dari tabel, grafik dan bagan

Contoh Tabel

contoh tabel
contoh tabel

Contoh Grafik

contoh grafik
contoh grafik

Contoh Bagan

contoh bagan
contoh bagan

Contoh denah

contoh denah
contoh denah

Fungsi Tabel, Grafik, Denah dan Bagan

Grafik, tabel, denah dan bagan yang menyertai teks bacaan memiliki fungsi untuk memperjelas isi wacana. Paparan yang rumit akan lebih mudah dipahami jika disertai dengan tabel, grafik atau bagan/diagram.

Teks bacaan yang rumit dan disertai tabel, grafik atau bagan/diagram, membantu pembaca untuk lebih memfokuskan hanya pada tabel, grafik atau bagan/diagram yang disajikan. Biasanya pembaca akan mencari bagian-bagian yang diperlukan saja pada tabel, grafik atau bagan/diagram yang disajikan.

Pada grafik, disajikan informasi yang telah ditampilkan sedemikian rupa dalam gambar yang mewakili sejumlah data. Penggambaran angka menjadi garis ataupun gambar akan memudahkan dalam memahami sebuah data, sebuah perkembangan dan lebih memudahkan menyimpulkan isi data. Untuk itu diperlukan keahlian dalam membaca informasi berbentuk grafik, tabel atau bagan.

Demikianlah pembahasa mengenai tabel, grafik, denah dan bagan, Semoga bermanfaat

Artikel Lainya :