Tajuk Rencana

Posted on
Tajuk-Rencana

Artikel makalah Tajuk Rencana – meliputi dari pengertian, aspek, ciri, tujuan, cara, opini, teks, fungsi, struktur, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Apa itu tajuk rencana, tajuk rencana sering di sebut sebagai editorial namun mudah untuk di pahami atau tentang membaca koranatau sebagai surat kabar yang memiliki sebuah topik yang membahas peristiwa yang akan terjadi atau yang sedang hangat dibicarakan dalam masyarakat.

Nah alangkah baiknya untuk mengetahui nya terlebih dahulu perhatikan pernyataan di bawah ini :

Pengertian Tajuk Rencana

Tajuk rencana merupakan sebuah ungkapan yang bersifat editorial atau sebagai pandangan yang besifat opini dari suatu media terhadap isu yang berkembang di masyarakat sehingga dapat temukan di mana saja dari berbagai media tv atau sebagai cetak koran.

Tajuk rencana memiliki kalimat-kalimat fakta dan opini yang dimana tentunya harus paham terlebih dahulu, karena sebuah ungkapan dari media sering perhatikan lebih dalam untuk mendapatkan informasih yang akurat.

Maka tajuk rencana sebuah topik yang akan membahas suatu peristiwa yang hangat dan terdapat sering dibicarakan dalam masyarakat sekitar mengenai berita yang akan terjadi yang berisi opini maupun pendapat mengenai peristiwa.

Baca Juga: Contoh Cerpen

Ciri-Ciri Tajuk Rencana

Dari penjelasan singkat di atas maka setiap kabar berita yang sering tercantum di media tv atau koran, maka dapat juga di perhatikan ciri-ciri topik dari tajuk rencana diantaranya adalah.

  • Topok berisi opini pribadi dari redaksi yang mengenai suatu masalah yang hangat dan yang diperbincangkan.
  • Topik berisi ulasan yang dimuat biasanya memiliki skalanya yang nasional dan yang bisa diterima oleh seluruh kalangan pembaca.

Cara Membuat Tajuk Rencana

Dalam sebuah perbincangan yang mengenai cara membuat topik tentang tajuk rencana memiliki beberapa hal yang harus diperhatikan adalah .

  • Memiliki Ide topik yang akan dibahas
  • Memiliki tahapan seleksi dan pencarian data yang terkait
  • Memiliki pembobotan substansi dari materi dan tesis
  • Memiliki penulisan tentang tajuk rencana yang akan di bahas.

Pembuatan topik tajuk rencana harus diperhatikan judul yang penting atau teks yang akan di buat sehingga dapat dengan mudah untuk menyusun karangan cerita dan tertarik untuk membacanya.

Baca Juga: Contoh Surat Keterangan Domisili 

Aspek-aspek Penulisan Tajuk Rencana

Didalam sebuah penulisan tentang karangan cerita dan tipik yang akan di bahas maka sebaik nya haru memperhatikan aspek penulisan tentang fakta dan opininya.

Diantara aspek penulisan tersebut adalah sebgai berikut :

  • Judul :merupakan hal yang sangat penting dalam penulisan tajuk rencana karena harus singkat, padat dan sangat jelas hingga menarik sehingga dalam membaca penulisan tidak terjadi kekeliruan apa yang sedang di bahas.
  • Latar belakang masalah : merupakan tentang rencana dan editorial yang mengetahui sepenuhnya latar belakang atau faktor-faktor yang akan di bahas mengenai masalah atau isu-isu yang hangat.
  • Tokoh : merupakan peristiwa dalam penulisan yang terdapat dengan masalah dan peristiwa yang sedang terjadi karena dapat berupa pujian seseorang, tokoh atau kelompok dalam ke pemerintahan.
  • Masalah : merupakan sebuah permasalahan yang sedang terjadi dan yang akan menjadi topik yang menarik untuk di baca sehingga pembaca dapat mengetahui informasi yang dapat dipahami dalam masyarakat.
  • Peristiwa yang dijabarkan : merupakan sebuah topik yang akan dipaparkan secara kronologis dengan masalah yang sedang di bahas karena menjabarkan sebuah peristiwa harus dengan sejelas dalam paragraf.
  • Opini penulis : merupakan sebuah pembahasan yang diselipkan dari beberapa lelucon dan dapat juga secara elegan sehingga penulisan berisikan koten yang mengenai isu masalah yang beredar di masyarakat.
  • Sumber berita : merupakan sebuah suber informasi yang sangat penting karena pembaca juga butuh referensi dalam menerima informasi dari tajuk rencana tersebut.
  • Anggota redaksi : merupakan sebuah topik yang dilakukan untuk mencantumkan anggota redaksi sehingga dapat mengembangkan tajuk rencana.
  • Kesimpulan : merupakan sebuah saran atas permasalhan sedang di bahas sehingga memberikan kesimpulan terhadap isu yang ditulis sesuai dengan menyebabkan yang sedang terjadi.

Baca Juga: Manfaat Tegnologi

Contoh Tajuk Rencana

Dalam sebuah fakta dan opini tentang peristiwa yang sedang terjadi dalam permasalahan yang tercantum di sebuah karangan tajuk rencana. maka terdapat beberapa contoh peristiwa tentang tajuk rencana adalah:

Contoh ke 1

Peningkatan Mutu Dalam Pendidikan
Pendidikan akan menjadi kebutuhan dari semua manusia untuk mencapai sebuah cita-cita yang di inginkan demi kemajuan sebuah bangsa.

Tentu dengan adanya pendidikan yang berkualitas maka kesempatan untuk menjadi peribadi yang baik akan lebih mudah untuk mencapainya akan tetapi nyatanya kualitas pendidikan yang terdapat di Negara ini tidak sebagus dengan pendidikan pada negara lain.

Lembaga pendidikan dapat mengupayakan berbagai salah satu cara untuk menciptakan lulusan yang terbaik dan berkualitas untuk mengantisipasi perubahan dalam bentuk keberhasilan terhadap negara.

Terkadang untuk mencapai keberhasilan memang tidak mudah dalam meningkatnya mutu pendidikan yang akan dilakukan dari beragam upaya dengan sungguh-sungguh.

Maka usaha dalam meningkatkan pendidikan yang penting dalam rangka tantangan Globalisasi denga kemajuan IPTEK dari tenaga ahli yang sangat mantaf.

Sehingga lembaga pendidikan mempunyai keahlian dan kompetensi profesoinal untuk siap menghadapi kompetisi global yang semakin ketat.

Di era teknologi yang semakin canggih pada saat seperti sekarang ini , guru memiliki sumber informasi dan ilmu pengetahuan yang lebih baik untuk menjadi motivator dalam membuat informasi di web dan dalam media yang lainnya.

Maka dalam keadaan yang diharapkan dapat memberikan peran yang lebih besar karena peran pendidik tidak bisa digantikan oleh peranan apapun sehingga dala memajukan pendidikan akan lebih mudah.

Sehingga usaha peningkatan kualitas pendidikan dalam pemerintahan akan mudah tercapai.

Contoh ke 2

Korupsi Masih “Berjaya
Operasi tangkap tangan atau dengan kata lain (OTT) yang terus di lakukan badan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) semakin terus di lakukan

Komisi Ketua KPKakan terus melakukan penyelidikan bagi para koruptor dan akan menangkap orang orang yang melakukan korupsi di berbagai daerah dari mulai kapala desa sampai ke jajaran yang lainnya guna untuk membersihan penjahat-penjahat yang bedasi.

KPK Terus begerak untuk menangkap pejabat-pejabat dari berbagai daerah yang melakukan suap kepada bawahan nya dari pejabat negara dari BUMN dan jajaran yang lainnya juga

Akan tetapi KPK juga akan berwaspada dan memperhatika reformasi yang bertujuan untuk mengubah sistem korup dikuasai oleh pihak-pihak yang menguasai sistem dari masyarakat.

Semenjak terbentuknya KPK dari beerbagai daerah pada tahun 2013 sampai sekarang korupsi menjadi semakin berkembang karena kurang nya pengawasan dari pemerintah pusat sehingga cenderung mudah melakukan koruptor….

Nah demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai informasi tentang Tajuk Rencana lengkap dengan beberapa contoh dan penjelasannya, semoga melalui artikel ini dapat membentu dan bermanfaat untuk kita semua, terimakasih telah membaca

Baca Juga: Pembukaan Pidato