Teknik Billiard

Posted on
Teknik-Billiard

Artikel makalah Teknik Billiard – meliputi dari pengertian, tips, cara, teknik, manfaat, fungsi, contoh dan gambar supaya lebih mudah di pahami.

Halo sahabat pecinta olahraga sesuai dengan kondisi yang akan di bahas mengenai permainan billiard. Billiard juga termasuk salah satu cabang olahrag di mana dalam kegiatan ini sering disebut dengan nama Bola Sodok dan harus di lakukan dengan penuh konsentrasi tetapi billiard ini dapat di lakukan dengan menggunakan Stick dan memiliki meja yang khusus.

Untuk mengetahui teknik mendasar olahraga billiard ini mungin dapat anda perhatikan pada artikel kami dibawah ini :

Pengertian Billiard Adalah

Bagroud-gambar-Billiard-1

Billiard Adalah merupakan salah satu bentuk permainan yang sangat mudah dan dimainkan pada tempat yang tertutup sehingga hal ini dapat memicu untuk melatihan otak dan konsentrasi.

Billiar dapat dimainkan melalui perseorangan ataupun dengan menggunakan tim sehingga permainannya sangat seru hingga menjadi olahraga yang pilihan dalam mengolah otak.

Seorang master yang pastinya telah melewati beberapa pembelajaran dengan melalui teknik-teknik yang memang sudah dipelajarinya sebelum di seluruh dunia dengan demikian permainan ini cukup lama untuk mempelajarinya.

Baca Juga: Materi Bola Basket

Teknik Dasar Permainan Biiliard

Teknik-English-olahraga-biiliard

Sebagai olahraga yang membutuhkan teknik dalam permainan dan untuk mengolah daya otak, olahraga ini juga memerlukan teknik yang dapat dipelajari siapa saja

Diantara beberapa teknik dalam permain billiard ini di antaranya adalah sebagai berikut :

A. Teknik Spin Shoot atau Spin Stroke

Teknik Spin Shoot atau Spin Stroke adalah salah satu jenis pukulan dalam teknik bermain billiard hal ini dilakukan dengan cara memukul bola dengan pola sedikit ke kiri atau pola ke kanan sehingga titik tengah bola putih. Serta memperhatikan laju bola yang akan bergerak ke arah yang tidak terduga.

B. Teknik English

Teknik English adalah salah satu jenis dengan istilah memukul bola dengan menggunakan efek atau gerakan dengan memungkinkan bola yang bergerak tidak sesuai dengan rutenya.

Teknik English ini menggunakan dengan sudut pantul dan bisa saja tidak berlaku lagi karena hal ini untuk menentukan lajur bola putih yang dimanipulasi sedemikian rupa oleh player.

C. Teknik Stop Shoot atau Stop ball

Teknik Stop Shoot atau Stop ball merupakan salah satu jenis pukulan yang termudah dalam permainan billiard karena hal ini menggunakan titik pukul pada stik dan dilakukan pada tepatnya di tengah-tengah bola putih dengan efek yang dilakukan pada bola

D. Teknik Draw Shoot

Teknik Draw Shoot adalah salah satu teknik yang dilakukan dengan cara memukul bola putih dan di arahkan sedikit di bawah titik tengah karena hal ini dapat di lakukan dengan pukulan polos pada titik. Sehingga bola akan berjalan dengan mudah menuju titik sasaran utama.

E. Teknik Jumpshot

Teknik Jumpshot adalah salah satu tehnik yang dapat membuat bola putih jauh melompat dengan menghindari bola yang menghalangi jalurpada sasaran utama, sehingga hal ini dapat dilakukan dengan stick yang khusus utnuk menekan bola.

Baca Juga: Perbedaan Futsal Dan Sepak Bola

Tips Bermain Biiliard dengan Maksimal

Setelah mengetaui beberapa penjelasan di atas maka di sini terdapat beberapa tips dalam permainan Biiliard supaya dengan mudah untuk melakukan permainan tersebut.

Diantara beberapa tips tersebut adalah :

Tips Pertama Selalu mencoba untuk menghadirkan rasa nikmat dalam bermain Billiard ini sehingga singkirkan rasa tegang dan selalu tenang dan berpikir yang positif.

Tips Kedua posisi kuda-kuda tangan harus kuat dan tidak boleh goyah terhadap efeknya dalam bermain biiliard karena hal ini dapat menyebabkan pukulan melenceng jauh dasri sasaran utama.

Tips Ketiga menjaga selalu posisi kaki dengan keseimbang dalam melakukan pukulan dan tangan harus berada di bagian depan sehingga titik sasaran bola sudah ditentukan.

Tips Keempat terus menjaga posisi bola supaya terlihat sangat mudah dalam melakukan pukulan agar dengan mudah mendapatkan akurasi pemukulan bola lebih tepat sasaran.

Tips Kelima Usahakanlah bola dapat dicapai dengan sempurna dan gunakanlah Kapur untuk menghaluskan ujung Stik sebelum melakukan eksekusi sehingga sasaran dalam memukul dapat diminimalkan.

Tips Keenam Saat menyodok jangan terlalu Keras karena sesuaikan dengan kondisi atau jarak yang akan di eksekusi.

Tips Kedelapan jangan pernah mengoyahkan stiknya ke samping akan tetapi goyangkan stik dengan gerakan lurus atau naik turun sehinga stick terlihat sejajar dengan titik kotak pada titik sasaran pukul.

Tips Kesembilan jangan sekali kali berubah pikiran karena hilangkan pikiran atau konsentrasi akan mengakibatkan strategi akan menganggu konsentrasi dan menggagalkan titik sasaran.

Tips yang tercantum di atas terkandang terlihat hal yang sepeleh tetapi sangat membantu dalam melakukan permainan biiliard ini karena dengan adanya tips ini dapat membantuk konsentrasi dan strategi dalam titik sasaran.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai informasi Teknik Biliard, Semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua.

Terima Kasih

Baca Juga: Teknik Dasar Futsal