Teknik Bola Tangan

Posted on
Teknik-Bola-Tangan

Artikel makalah Teknik Bola Tangan – meliputi dari pengertian, ukuran, sejarah, teknik, tujuan, manfaat, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Halo Sobat olagraga, Bola Tangan adalah salah satu cabang olah raga dalam permainannya mengguna bola dan dalam aktifitasnya menggunakan tangan hal ini sebagai medianya karena permainan ini serupa dengan lapangan olahraga sepak futsal, dengan demikian permainan ini dapat memindahkan bola dengan tangan bukan kaki.

Supaya mudah memahami nya lansung saja simak penjelasan di bawah ini :

Pengertian Bola Tangan

Gambar-permainan-Bola-tangan

Bola Tangan merupakan olahraga dalam permainannya di lakukan dengan beregu di mana setiap regu akan berjuang memasukkan suatu bola ke gawang lawan karena permainan ini serupa dengan sepakbola yang pada umumnya tetapi teknik nya menggunakan tangan.

Bola tanganmemiliki pemain terdiri dari 7- 4 pemain satu regunya dan tim dengan tujuh peserta pemain inti termasuk kiper, dan terdapat beberapa pemain cadangan berguna dapat di gunakan untuk mengganti pemain inti saat terjadi cedera pergantian pemain.

Sistem olahraga mirip denganpermaina sepak bola namun terdapat beberapa perbedaan antara peraturan dan tekniknya sehingga olahraga ini dapat menggunakan tangan dengan jumlah pemain yang sedikit.

Baca Juga: Materi Sepak Bola

Teknik Dasar Bola Tangan

Didalam sebuah olahraga pasti memiliki beberapa teknik dalam permainannya sehingga sangat lah penting bagi pemain mengetahui teknik dalam permainan tersebut.

Berikut beberapa teknik yang terdapat dalam permainan ini adalah sebagai berikut :

1. Teknik Mengoper Menggunakan Satu Tangan

Teknik operan dengan menggunakan satu memiliki beberara tujuan terhadap teman satu tim supaya lawan terkecoh

Berikut teknik operan menggunakan satu tangan adalah sebagai berikut :

Operan Samping : Operan samping adalah pada saaat harus sedikit miring dengan mengarah ke gawang sehingga kedua lutut akan menbentuk posisi seperti akan terbang dan pastikan mengarah ke samping.

Operan Membalik : Operan membalik adalah salah satu teknik dengan tujuan untuk mematikan bola dan mengarah ke gawang lawan dengan possisi tubuh harus sedikit membungkuk dan menyamping. sehingga saat melakukan passing akan mendapatkan serangan yang mematikan.

Operan seperti Lemparan Lembing : teknik operan ini hampir mirip dengan ketika melempar kan lembing karena pemain harus mengambil posisi berdiri tegak. sehingga saat memegang bola dapat melakukan lemparan dengan sempurna.

2. Teknik Menggiring Bola

Teknik mengiring bola adalah salah satu teknik dasar seperti permainan sepak bola hanya berbedan pengunaan kaki dan tangan, hal ini menjadi sangat penting untuk menentukan sebuah kemenangan.

Tekni ini sangat dibutuhkan dalam latihan karena dapat melakukan teknik ini dengan baik yang akan membutuhkan tangan yang elastic hingga tidak terjadi kecelakaan dalam bermain dan dapat memantulkan bola.

3. Teknik Menembak

Teknik menembak sangat berpengaruh bagi tim karena hal ini dapat dengan akurat untuk melakukan Shooting dengan lemparan yang kuat.

Dibawah ini terdapat beberapa macam menembak atau shooting adalah:

  • Tembakan dengan melompat – adalah teknik yang dilakukan dengan cara dribbling terlebih dahulu atau melakukan dengan lompatan ke gawang lawan.
  • Tembakan Dengan berdiri –  adalah teknik yang diilakukan dengan cara melakukan dribbling hingga dapat menembak bola dengan sekeras-kerasnya.
  • The fall shot – adalah teknik yang dilakukan dengan cara dribbling tdan kemudian menjatuhkan badan sambil menembak bola.
  • Tembakan menyamping – adalah teknik yang dilakukan dengan dribbling atau dapat menembak bola dengan keras pada posisi tubuh dengan tangan kanan.
  • The dive shot – adalah teknik yang dilakukan dengan cara membelakangi pada gawang hingga dapat menembak dengan kuat dan benar.
  • Tembakan membalik – adalah teknik yang dilakukan dengan cara membelakangi dan memegang bola dengan kuat serta tubuh sambil menembak bola mengarah ke gawang lawan.
  • Tembakan melayang – adalah teknik yang dilakukan dengan cara tembakan sambil melompat menggunakan kaki kiri serta tangan memegang bola.

Baca Juga: Materi Bola Basket

Peraturan Permainan Bola Tangan

Setelah mengetahui beberapa penjelasan di atas maka terapat sedikit peraturan dalam permainan tersebut.

Berikut ini adalah peraturan-peraturan dalam permainan bola tangan adalah :

A. Lamanya Permainan

Permainan bola tangan terlebih dahulu yang harus diketahui adalah untuk regu putra memiliki lama permainan sekitar 2×30 menit sedangkan 10 menit istirahat.

Dan untuk permainan perempuan memiliki waktu dalam pertandingan adalah 2×20 menit sedangkan 10 menit waktu istirahat atau 2×15 menit tanpa waktu jedah dalam memainkannya.

B. Terjadinya Pelanggaran Offside

Permainan yang satu ini ada dapat desebut sebagai pelanggaran yang disebut offside hal ini akan terjadi apabila regu dalam dapat menguasai bola daerah offside lebih dari pemain.

C. Terjadinya Gol

Gol akan terjadi apabila permainan dapat dimulai dari beberapa titik atau lemparan permulaan dala permainan sehingga gol akan di nyatakan karena telah melewati garis gawang.

Sejarah Bola Tangan

Olahraga ini di dirikan pada tahun 1912 oleh Hirschman seorang yang ahli di bidang olahraga yang berkebangsaan Jerman untuk menyebarkan permainan ini di beberapa daerah dan negara.

Dan pada tahun 1793 orang-orang telah banyak menciptakan dan menyenangi jenis olahraga terebut sehingga olahraga ini sering di adakan dalam sebuh ajang perlombaan nasional atau internasional.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa informasi tentang permainan bola tangan dan beberapa teknik dalam permainannya, semoga dengan adanya ertikel ini dapat berguna dan bermanfaat, Terima Kasih teleh berkunjung ke halaman Web kami

Baca Juga : Materi Bola Voli