Teknik Dasar Fitnes

Posted on
Teknik-Dasar-Fitnes

Materi makalah Teknik Dasar Fitnes – meliputi dari pengertian, pola latihan, teknik, manfaat, contoh dan gambar supaya lebih mudah di pahami.

Olahraga dalam kehidupan sehari-hari memang harus sering di lakukan karena berguna untuk menjaga kesehatan tubuh dan membakar kolesterol jahan yang terdapat di dalam peru manusia, sehingga orang yang gemar berolah raga pastilah sehat.

Untuk lebih jelasnya lagi tentang materi pokok dari pembahasan kami kali ini simak penjelasan di bawah ini :

Pengertian Fitnes Adalah

Fitnes

Fitnes Atau Nge-gym merupakan salah satu aktivitas olahraga yang di minati laki-laki dan perempuan sehingga dapat menjaga kesehatan dan kebugaran Anda pada tubuh

Teknik dasar fitnes Dalam sebuah ajang kontes menurut seorang ahli olah raga yaitu Michael R. Bracko mengatakan bahwa olahraga fitnes merupakan ketua American College of Sports di dalam cabang sebuah olahraga seperti yang dikutip diatas mengatakan bahwa olahraga bagaikan sebuah pil ajaib bagi Anda.

Teknik dasar Fitnes adalah Seseorang yang gemar melakukan nge-gym tidak dipungkiri lagi bahwa orang yang rutin melakukan aktifitas dengan melakukan fitnes akan mengalami penurunan berat badan yang praktis. Karena dengan berolah raga tentu saja ini hanya terjadi jika aktivitas dan kegiatan tidak terlalu sibuk.

Baca Juga: Teknik Dasar Tolak Peluru

Teknik Latihan Fitnes

Gambar-fitnes

Dari massing-masing cabang olahraga pasti memiliki tujuan yang berbeda-beda maka disini fitnes tujuannya melatih daya tubuh dan menjaga kesehatan selama melakukan latihan di gym.

Sehingga memiliki batasan dalam latihan serta sampai di batasi penggunaan alat gym 6 sampai dengan 9 alat dalam sati kali latihan dan memiliki teknik-teknik yang berbeda

Diantara masing-masing teknik tersebut adalah :

A. Teknik Bench Press

Bench-Press

Bench press merupakan latihan yang terbaik untuk otot dada sehingga melakukan pegangan sedikit lebar dengan selebar bahu tetapi jangan terlalu lebar karena membebani terlalu berat. Bench press merupakan gerakan yang lurus kedapan dan angkat beban ke atas dengan mendorong beberapa alat dalam bentukan variasi, variasi gerakan yang di lakukan seperti 5-6 SET dalam satu permainan.

B. Teknik Incline Bench Press

Incline-Bench-Press

Incline Bench Press Pada dasarnya memiliki gerakan yang sama dengan gerakan decline tetapi fungsinya saja yang sedikit berbeda karena dilakukan dengan kemiringan, gerakan ini bertujuan untuk membentuk otot pada bagian tangan ke bawah. Pada variasi ini di lakukan setidaknya 20 sampai dengan 50 set dalam satu kali permainan.

C. Teknik Cabel Crossover

Cabel-Crossover

Cabel Crossover merupakan salah satu bentuk latihan untuk membantu mengembangkan otot terutama daerah tengah dan punggung, sehingga dapat terbentuk lah kekuatan pada otot pinggang bagian atas atau bagian bahu. Pada gerakan variasi ini setidaknya di lakukan dengan 10 sampaidengan 30 set dalam satu kali latihan.

D. Teknik Peck Deck

Peck-Deck

Peck Deck merupakan salah satu bentuk latihan yang memungkinkan otot dada dan otot bagian bahu sehingga dapat bergerak sesuai dengan gerakan alaminya karena menggunakan dengan kedua lengan menuju pusat tubuh. Pada gerakan ini memiliki variasi sekitar 8 sampai dengan 15 set dalam satu kali latihan.

E. Teknik Dumbell pullover

Dumbell-pullover

Dumbell pullover merupakan salah satu bentuk latihan untuk memperbesar otot-otot sela iga sampai ke bahu dan pinggang dalam melakukan gerakan ini seharusnya posisi badan menempel pada tempat duduk. Pada gerakan ini memiliki variasi gerakan tidak di tentukan karena gerakan ini bersifat tidak begitu fatal,

F. Teknik Angkat Barbel

Angkat-Barbel

Angkat Barbel merupakan bentuk latihan yang menjadi cara membesarkan otot lengan yang mudah sehingga dengan mudah untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan gerakan ini sebanyak mungkin setiap hari secara rutin untuk mendaptakan hasil yang bagus pada lengan tangan.

Baca Juga: Teknik Taekwondo

Pola Dalam Fitnes Yang Benar

A. Pola latihan

Pola latihan memang perlu di perhatikan setiap hari ke gym sehingga dalam latihan yang harus di lakukan seminggu 3-4 kali itu sudah cukup dalam pola latihan karena harus di sesuaikan dengan aktivitas.

B. Pola Makan

Setelah melakukan latihan maka hal yang harus di jaga adalah pola makanan karena kalau berlebihan dalam mengkonsumsi makanan makan akan sulit untuk membentuk badan yang ideal.

C. Jam Istirahat

Dalam melakukan aktivitas olah raga fitnes pola dalam beristirahat sangat lah penting karena mengurangi tingkat stres pada otot, sehingga dengan mudah untuk membetuk otot-otot pada tubuh.

D. Tentukan Tujuan

Bila ingin menambah semangat dalam berolah raga maka tentukan terlebih dahulu tujuan dalam melakukan aktivitas fitnes ini, karena dengan menentukan tujuan terbentuklah sebuah motifasi yang kuat.

E. Atur Gaya Hidup 

Dengan melakukan rutin fitnes yang paling penting lagi mulai mengatur gaya hidup yang lebih sehat karena bermanfaat untuk mengimbanginya kualitas hidup dan kondisi kesehatan seseorang.

Manfaat Fitnes Untuk Kesehatan

Manfaat yang terdapat dalam latihan fitnes terkadang tidak langsung mendapatkan hasil karena hal ini memiliki tahapan proses untuk mendapatkan manfaat dari berolah raga yang semacam ini.

Diantara Manfaat yang di hasilkan olah raga fitnes adalah sebagai berikut :

  • Menjaga kesehatan dari luar maupun dari dalam tubuh
  • Meningkatkan kekuatan otot tubuh
  • Menambah kepercayaan diri
  • Menjaga berat badan yang ideal
  • Meningkatan daya tahan tubuh dan kebugaran badan
  • Membuat kulit lebih bercahaya
  • Meningkatkan stamina pada tubuh
  • Menjaga tubuh lebih awet muda

Nah sobat olahraga demikian yang dapat kami sampaikan dalam artikel kali ini tentang olah raga teknik fitnes, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kita dalam dunia olahraga, Semoga dapat memberikan manfaat. Terima Kasih

Baca Juga: Olahraga Air