Teknik Dasar Futsal

Posted on
Teknik-Dasar-Futsal

Artikel makalah Teknik Dasar Futsal – Yang meliputi dari berbagai pengertian, sejarah, teknik, menurut para ahli, contoh dan gambar agar mudah di pahami.

Salam pecinta olahraga, di mana kami kali ini akan mambahas tentang materi olahraga bermain futsal mungkin dari materi kami yang sebelumnya telah membahas materi Sepak Bola nah kali ini materi pokok yang akan kami bahas Teknik dasar futsal,

Futsal merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak sekali di minati oleh setiap orang anak-anak bahkan orang dewasa sekalian dan terkadang dalam kekiatan acara memperingati hari 17agustus juga di mainkan oelh ibuk-ibuk.

Makan untuk direkomendasikan simak lah penjelasan di bawah ini :

Pengertian Futsal Adalah

Gambar-Permainan-Futsal

Futsal adalah salah satu jenis permainan dalam bentuk olahraga yang sering sekali dianggap sama dengan permainan sepak bola namun permainan futsal ini sama hal nya dengan permaina sepak bola tetapi dalam segi ruangan saja yang berbeda.

Futsal sering di mainkan dalam ruangan (indoor) dan dimainkan dengan dua tim yang masing-masing tim terdiri dari lima orang pemain dan menggunakan teknik yang manipulasi bola.

Teknik Dasar Futsal selalu anggap dengan teknik dasar permainan sepak bola karena banyak sekali kemiripan dalam permainan nya permainan ini mengandung salah satu kemampuan yang harus ada dalam permainan futsal sehingga mengolah dan mengontrol bolah dengan mudah masuk ke gawang lawan.

Baca Juga: Materi Sepak Bola

Pengertian Futsal Para Ahli

Pemainan futsal Menurut Justinus Lhaksana adalah permainan sama halnya dengan permainan Permainan Bola Besar pada tahun 2011 sampai dengan 2016, dalam permainan futsal ini memiliki lima pemain yang terdiri dari ,kiper dan pemain lainnya yang berfungsi untuk memasukan bola ke gawang lawan. Dan dengan distribusi pada bola dengan melalui lemparan serta tendangan passing ke arah pemain depan dengan serangan.

Baca Juga: Formasi Sepak Bola

Teknik Dasar Futsal

Dari beberapa penjelasan di atas mengenai permainan futsal maka terdapat pula beberapa teknik dasar pada permainan ini, Diantara teknik tersebut adalah.

A. Teknik Menendang Bola

Teknik menendang

Teknik Menendang Bola merupakan teknik dasar dalam permainan futsal tersebut karena hal ini akan dilakukan oleh para setiap pemain disepanjang pertandingan futsal.

Dengan demikian para pemain harus menguasai teknik tendangan kuat dan dapat terarah ke gawang lawan untuk mendapatkan Gol yang maksimal.

Caranya:

  • Posisi kaki dan tubuh harus berada di belakang boladan mengarah pada target
  • Satu kaki akan bertugas sebagai tendangan yang akan diletakkan di sisi bola
  • Posisi tubuh harus terpokus pada bola kemudian kaki diayun ke depan sampai mengenai bola
  • Sentuhan kaki pada bola harus tepat mengenai tengah-tengah bola

B. Teknik Mengumpan (Passing)

Teknik-Mengumpan

Teknik Mengumpan (Passing) merupakan teknik dasar dalam permainan futsal karena hal ini dapat dilakukan oleh para setiap pemain disepanjang pertandingan futsal.

Keberhasilan dalam melakukan pengumpan sangat ditentukan oleh kualitasnya dan membutuhkan sasaran yang akurat serta mampu diterimam oleh teman dalam permainan.

Caranya :

  • Tempatkan posisi kaki di samping bola dengan melakukkan passing
  • Gunakan kaki sebagian teknik dasar untuk melakukan passing
  • Posisi kaki diarahkan ke tengah bola dan ditekan ke bawah supaya bola tidak melambung
  • Teruskan gerakan dengan sentuhan bola saat melakukan passing

C. Teknik Menggiring Bola (Dribbling)

Teknik-Menggiring-Bola-1

Teknik Menggiring Bola (Dribbling) merupakan salah satu teknik dalam olahraga futsal yang memiliki gerakan yang penting dan mutlak yang harus dikuasai setiap pemain sehingga setiap pemain dapat menciptakan peluang dalam mencetak gol.

Caranya :

  • Harus kuasai bola serta menjaga jarak dengan lawan
  • Harus Jaga keseimbangan badan pada saat dribbling
  • Fokuskan posisi dan pandangan setiap bersentuhan dengan bola
  • Lakukan sentuhan bola dengan lurus dan jaga kesinambungan badan.

D. Teknik Menembak (Shooting)

Teknik-Menembak-Bola-futsal

Teknik Menembak (Shooting) merupakan teknik dasar yang harus dikuasai dari setiap pemain karena dengan teknik ini dapat dengan mudah menciptakan gol setra memiliki kesempatan untuk memenangkan pertandingan.

E. Teknik Menyundul Bola (Heading)

Teknik-Menyundul-Bola-futsal

Teknik Menyundul Bola (Heading) hal ini sangat lah penting di kuasai dari setiap pemain karena teknik menyundul bola sangat konvensional sehingga dalam serangan lawan akan sulit untuk menghadang bola.

Caranya :

  • Postur tubuh harus menjaga keseimbangan
  • Lakukan gerakan dengan sentuhan bola dan jalannya cepat kearah yang dituju.
  • Harus jaga keseimbangan atau melebarkan tangan
  • Lakukan sentuh bola dengan dahi

F. Teknik Shooting Bola

Teknik-shooting-Bola-futsal

Teknik shooting Bola merupakan salah satu teknik yang sangat penting dalam sebuah pertandingan futsal yang harus di miliki setiap pemain karena untuk mendapatkan posisi depan.

Sejarah Permaina Futsal

Sejarah terbntuknya permainan bola futsal ini di dirikan pada tahun 1930 di kota Uruguay oleh seorang ahli di bidang olahraga yaitu Carlos Ceriani, Istilah lain futsal berasal dari kata futebol de salao atau futbol sala.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai pembahasan teknik dasar futsal beserta contohnya, semoga dengan adanya artikel ini dapat membatu untuk memahami permainan bola futsan dan seomag bermanfaat. Terima Kasih

Baca Juga : Tes Kebugaran Jasmani