Teknik Dasar Gulat

Posted on
Teknik-Dasar-Gulat

Artikel makalah Teknik Dasar Gulat – yang meliputi dari pengertian, sejarah, tujuan, penilaian, peraturan, manfaat, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Sobat olahraga, Gulat merupakan salah satu cabang olahraga yang mendasari dalam permainan dengan modal tenaga yang sangat kuat sehingga seseorang dapat bermain dengan mudah untuk mengalahkan lawan dalam pertandingan atau berlatih secara terarah yang sesuai dengan menguasai teknik-teknik olahraganya.

Langsung saja simak penjelasan berikut ini :

Pengertian Gulat Adalah

teknik-dasar-gulat

Gulat adalah satu cabang olahraga yang termasuk seni beladiri yang bersifat pribadi sehingga melakukannya dengan kontak jasmani antara dua orang petarung untuk saling menjatuhkan musuh.

Olahraga gulat sangat indentik dengan dua orang yang saling berhadapan untuk mengalahkan lawanya dengan memiliki teknik dari masing-masing pegulatnya.

Olahraga Gulat ini telah menjadi suatu perlombaan dalam ajang Olympiade Kuno yang telah menjadi suatu acara dalam pertandingan nya walaupun acara tersebut diadakan pada acara Pentahlon saja dan tempat yang tertutup.

Baca Juga: Teknik Dasar Lompat Kijang

Sejarah Olahraga Gulat

Sejarah olahraga gulat dapat ditelusuri sudah ada sejak 10 ribu tahun yang silam dengan menggunakan pola dan gambar di sebuah gua pada Perancis dan terdapat juga dalam mitologi bangsa untuk menunjukkan aktivitas dan teknik-teknik para pegulat itu sendiri.

Dalam sejarah Yunani Kuno olahraga gulat sudah dikenal sejak dahulu kala yang disebutkan menjadi olahraga bangsa pada zaman Yunani dan dikembangkan bangsa yang banyak meminjam teknik gulat itu .

Dalam tradisi barat pertandingan gulat ini telah ditemukan dalam bangsa Babilonia yang telah diceritakan dengan kemenangan seorang pahlawan yang menumpas kejahatan untuk dapat mempraktekkan teknik gulat dengan mengalahkan musuhnya.

Teknik Olahraga Gulat

Berikut ini beberapa teknik dalam olahraga gulat yang harus di kuasai bagi setiap pemain yang sering digunakan dalam pertandingan.

Berikut beberapa teknik dalam pertandingan olahraga gulat adalah :

Teknik Angkatan – Teknik angkatan merupakan teknik dasar yang dimulai dari penguasaan lawan terlebih dahulu sehingga dapat dilakukan dengan baik maka teknik angkatan ini yang harus di perhatikan padan saaat angkat pinggang lawan dalam posisi angkatan kayang.

Teknik Tarikan – Merupakan teknik dengan gaya menarik lawan yang dimulai terlebih dahulu lawan akan susah melepasnnya sehingga dapat dilakukan dengan baik dengan teknik tarikan ini,

Teknik Dorongan – Merupakan teknik dengan dorongan yang di lakukan pada saat penyerang terhadap lawan karena teknik ini berusaha untuk melakukan dorongan hingga lawan terjatuh ke matras.

Teknik Bantingan – Gerakan bantingan merupakan teknik dalam bentuk menyerang lawan dengan baik bagian atas tubuh lawan sehingga bantingan dalam gulat akan dapat melakukan bantingan secara sempurna yang akan mengakibatkan lawan terjatuh.

Teknik Kuncian – merupakan teknik dalam bentik serangan dengan menggunakan kuncian dengan baik hingga lawan terjatuh pada saat diserang dan dapat menekan lawan dengan baik.

Teknik Gulungan – Gulungan merupakan bentuk teknik yang dilakukan dalam bentuk serangan di mana kedua petarung akan mengatur strateginya masing-masing yang akan menyebabkan lawannya terjatuh.

Teknik Blocking – merupakan teknik yang bersifat serangan dengan cara blocking lawan dan dapat menahan serangan dengan cara menekan punggung pada posisi menyerang dengan baik untuk menjatohkan lawan.

Baca Juga: Teknik Dasar Kung fu

Penilaian Dalam Olahraga Gulat

Setiap cabang olahraga pasti terdapat akan penilaian maka penilaian yang terdapat dalam pertarungan gulat adalah sebagai berikut.

A. Penilaian Aangka 1

Bagi setiap pegulat yang akan membawa lawannya ke arah bawah serta terjadi dalam menguasainya dari belakang (kontak 3 titik dengan matras yakni 2 lengan dan 1 lutut atau 1 lengan dan 2 lutut)

Bagi setiap pegulat yang tidak bisa mengatasi tangkapan atau penguasaan terhadap lawannya dengan mengambil alih posisi dari belakang
B. Penilaian Angka 2

Bagi setiap pegulat yang akan melakukan tangkapan dengan posisi parterre untuk menyebab kan lawannya berada pada posisi danger atau jatuhan.

Bagi setiap pegulat yang akan penyerang dengan lawannya maka lakukan dengan berguling pada pundaknya
C. Penilaian Angka 3

Bagi setiap pegulat yang akan melakukan tangkapan dari posisi dengan berdiri yang akan membawa lawannya ke posisi danger atau bantingan maka lakukan dengan membetuk garis lengkung

Peraturan Dalam Pertandingan Gulat

Setelah mengetahui beberapa penjelasan di atas maka pertandingan gulat ini juga terdapat peraturan yang harus di ketahui begi peserta yang akan mengikuti pertandingan gulat.

Diantara beberapa peraturan dalam unsur olahraga gulat adalah :

  • Gulat Anak-anak – 13 -16 tahun
  • Gulat Mini – 6 – 12 tahun
  • Gulat Senior – > 20 tahun
  • Gulat Junior – 17 – 20 tahun

Pegulat yang selamat dalam bertanding harus memakai baju yang internasional dengan sesuai warna dari sudut mana dia berada yaitu warna biru dan warna merah.

  • Pada saat bertanding kedua pegulat tinggal diam dengan beberapa saat utnuk menunggu penetapan dari wasit
  • Setelah itu hal yang diharapkan kedua pegulat mengadakan kontak satu sama lain.
  • Setelah kedua pegulat telah terjadi kontak badan maka diharuskan keduanya melakukan serangan salah satu pihak
  • Kalau tidak melakukan kontak badan maka wasit harus berteriak action

Manfaat Olahraga Gulat

Beberapa cabang olahraga dalam melakukannya pasti akan mendapatkan Manfaat nya maka, manfaat yang terdapat dalam olah raga gulat ini yaitu :

  • Dapat mengembangkan keterampilan atletik dasar
  • Dapat mengembangkan tanggung jawab pribadi
  • Dapat mengembangkan ketangguhan mental
  • Dapat mengajarkan tentang nutrisi dan pemeliharaan berat badan
  • Dapat menyatukan anak-anak dan membangun persahabatan yang kuat
  • Dapat mengembangkan disiplin

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai informasi tentang seni beladiri gulat dari pengertian dan sejarah serta beberapa teknik-tekniknya, semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat, terima kasih teleh berkunjung di halaman Web kami.

Baca Juga: Teknik Senam Aerobik