Teknik Dasar Kung fu

Posted on
Teknik-Dasar-Kung-fu

Artikel makalah Teknik Dasar Kungfu – Meliputi pengertian, sejarah, manfaat, tips, peringatan, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Sobat olahraga, siapa yang tidak mengenal kung fu olahraga ini merupakan seni bela diri yang sangat terpopuler di Indonesia bahkan di dunia mulai dari kalangan anak-anak dan dewasa pun banyak yang menyukainnya sehingga kung fu muncul di film layar lebar dan dibintangi sebuah aktor yang terkenal hebat yang bernama Bruce Lee.

Ingin lebih detailnya mengenai kung fu lansung saja simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Kung fu

gambar-kungfu

Kung fu – Merupakan salah satu cabang olahraga seni bela diri yang menggunakan tangan kosong atau senjata berupa tongkat, toya dan pedang karena olahraga ini bertujuan untuk mempertahankan diri dan dapat juga menyerang atau sebagai ajang pertunjukan.

Kung fu yang berasal dari negara Tirai Bambu yaitu China dan sekarang olahraga ini telah banyak terdapat di negara indonesia namun kung fu juga adalah salah satu olahraga yang populer dan yang sangat hebat.

Kung Fu sebagai aktifitas fisik yang terbilang unik karena spesialisasinya fokus pada gerakan yang sangat unik dalam pertarungan jarak dekat ddan jarak jauh karena menggunakan pukulan cepat.

Baca Juga: Teknik Olahraga Skipping

Teknik Dasar Kung Fu

Jika di atas sudah menjelaskan kung fu secara luas kama olahraga ini juga memiliki teknik yang berbeda dengan seni bela diri yang lainnya.

Berikut beberapa teknik kung fu secara umum :

A. Teknik Kuda-kuda

Teknik Kuda-kuda merupakan hal yang paling utama sebagai teknik dasar dari latihan Kung Fu ini sehingga dapat diperhitungkan antara jarak dan faktor utama untuk melakukan suatu teknik itu sendiri.

Dan kuda-kuda juga salah satu aspek dalam seni beladiri yang internal baik kung fu dan seni bela diri yang lainnya sehingga kuda-kuda sendiri sangat penting dalam mengontrol tenaga untuk melakukan gerakan yang lainnya.

B. Teknik Tendangan

Teknik Tendangan merupakan suatu teknik yang tidak asing lagi bagi ilmu seni bela diri karena tendangan adalah teknik yang di andalakan dalam setiap seni bela diri yang dapat mengalahkan lawan.

C. Teknik Tangkisan

Teknik Tangkisan merupakan teknik dalam melatih kemampuan bela diri yang lebih bagus sehingga dalam melakukan tangkisan dan serangan oleh tangan.

Dengan demikian menangkis serangan lawan dapat meningkatkan gerak yang refleks terhadap suatu gerakan untuk berwaspada dalam serangan lawan sebab ketika musuh menyerang hal yang harus di kuasai adalah bertahan dan menahan tangkisan yang kuat.

D. Teknik Tapak Budha

Teknik Tapak Budha merupakan jurus gerakan yang paling handal dalan seni bela diri kung fu ini, sehingga gerakan tersebut sering di gunakan dan sangat terkenal di seluruh dunia kung fu.

Baca Juga: Teknik Dasar Judo

Manfaat Kung Fu

Perlu diketahui seni bela diri kung fu ini sebagian besar memiliki manfaat yang sangat bagus untuk tubuh serta dari kombinasi gerakan terdapat beberapa manfaat.

Diantara beberapa manfaat kung fu tersebut adalah sebagai berikut :

Meningkatkan Kekuatan Otot – Manfaat yang di dapat jika berlatih bela diri kung fu secara rutin pastinya dapat meningkatkan kekuatan otot terutama pa otot tangan dan kaki hingga otot bagian bahu.

Menurunkan Berat Badan – manfaat bela diri kung fu dapat mengeluarkan banyak keringat serta dapat membakar lemak dan akan menurunkan berat badan dengan cepat.

Menjadi Lebih Fleksibel – Manfaat dalam kung fu dapat membuat tubuh menjadi lebih lentur serta dapat mengurangi resiko cedera dalam melakukan pekerjaan yang berat atau tubuh akan terlihat menjadi lebih fleksibel.

Tips Kung Fu

Setelah mengetahui beberapa penjelasan di atas maka hal yang haru di ketahui juga dalam melakukan olahraga ini, adalah Tips kung fu.

Berikut beberapa tisp yang harus di ketahui dalam seni bela diri kungfu adalah

  • Pada saat bertarung harus menggunakan kaki serta tangan yang berkuantitas sehingga semua potensi tubuh harus rilek .
  • Pada saat melakukan gerakan secara berulang-ulang maka menghilakan pikiran yang akan menyebabkan cidera agar bisa bergerak cepat

Peringatan Kung Fu

  • Jangan melakukan jika posisi tubuh tidak sehat.
  • Jangan pamer kekuatan dalam belajar kung fu dan tidak usah berlatih sama sekali
  • Hati-hati pada saat memulai latihan dan elalu waspada terhadap risiko yang akan membahayakan.

Sejarah Kung Fu

Kung fu didirikan oleh seorang pendeta yang beragama budha yang berasal dari Tianzhu atau di China tepatnya pada kuil Siauw Liem sekitar pada tahun 500 M.

Dan akhirnya dengan berkembangnya zaman kemudian seorang bhiksu ahli bela diri kung fi ini meresmikan nya pada tahun 1976 di negara cina di kuil Siauw Liem dan mengembangkan 20 jurus ilmu kungfu.

Dengan demikian kung fu ini telah banyak orang yang menyukai dan telah berkembang di penjuru dunia bahkan sampai ke negara indonesia pada tahun 1998 hingga saat ini masih banyak dan makin terpopuler.

Demikian lah sobat olahraga yang dapat kami sampaikan mengenai teknik dasar bela diri kungfu, semoga dengan adanya artikel yang singkat ini dapat menambah wawasan kita semua, dan semoga materi ini bisa berguna dan bermanfaat.

Terima Kasih

Baca Juga: Teknik Dasar Lempar Lembing