Teknik Dasar Lempar Lembing

Posted on
Teknik-Dasar-Lempar-Lembing

Artikel makalah Teknik Dasar Lempar Lembing – meliputi dari pengertian, peraturan, alat, tujuan, cara, sejarah, contoh dan gambar supaya mudah untuk di pahami.

Sobat olahraga kami dari materibelajar.co.id masih membahas mengenai tentang olahraga, mungkin pada artikel sebelum nya telah banyak kami sampaikan tentang materi-materi olahraga diantaranya Senam Lantai serta Teknik Senam Aerobik nah pada artikel ini topik pembahasan kami mengenai Teknik dasar lempar lembing. Lempar lembing merupakan salah satu cabang olahraga atletik belum begitu populer di kalangan masyarakat karena olahraga ini jarang di minati. pasti penasaran kan sobat, Langsung saja simak penjelasan di bawah ini :

Definisi Lempar Lembing

teknik-dasar-lempar-lembing

Lempar lembing merupakan sebuah cabang olahraga yang berisafat melemparkan sebuah tongkat yang panjang dan berbentuk seperti tombak sehingga memiliki sudut yang tajam terdapat di ujungnya karena dengan mudah untuk mencapai jarak yang jauh.

Lempar lembing juga termasuk olahraga yang konteks dan dapat didefinisikan sebagai salah satu kegiatan yang menggunakan tenaga yang kuat karena untuk menghaasilkan lemparan yang jauh.

Dengan demikian banyak atlet olahraga ini memiliki tubuh yang ideal sehingga dalam melempar sang atlet dapat mempertunjukkan kemampuannya untuk memperoleh jarak lempar yang terjauh.

Beberapa hal tentang pengertian umum mengenai olahraga atletik lempar lembing ini sehingga dapat diperlombakan dan dapat menjadi ajang perlombaan internasional.

Baca Juga: Teknik Dasar Sepak Takraw

Cara Lempar Lembing

Olahraga ini pada dasarnya memang terlihat lebih mudah untuk melakukan nya tetapi setidaknya para pemain harus mengetahui beberapa cara untuk melakukan olahraga ini.

Berikut cara yang mudah untuk melakukan lempar lembing adalah :

A. Cara Memulai / Awalan

Disaat melakukan olahraga lempar lembing yang harus di perhatikan adalah pada saat awalan sehingga posisi tubuh harus bersiap dan posisi kepala serta mata pandangan tertuju kedepan terus melangkah dengan melempar sesuai dengan kemampuan tenaga dalam melempar.

B. Cara Memegang Lembing

Sebagaimana tmestinya hal yang harus di perhatikan lagi di saat melakukan olahraga ini seperti yang telah dijelaskan di atas maka cara memagang lembing juga harus dengan posisi yang siap sehingga dapat melakukan lemparang sesui dengan aarah yang di tujuh.

C. Cara melempar

Disaat melakukan olahraga ini usahakan posisis tubuh harus tegap dan tangan harus memegang tombak lembing dengan mengikuti efek lemparan sehingga lembing mengarah ke depan.

Teknik Lempar Lembing

Setelah mengetahui beberapa penjelasan di atas serta sara melakukan olah raga ini maka terdapat juga teknik dasar melakukan lemparan sehingga pemain terlihat lebih mudah melakukannya.

Berikut beberapa teknik tahapan untuk melakukan lempar lembing adalah :

Tahap Awal – tahap awal merupakan salah satu teknik sehingga atlet dapat lebih mudah membawa lembing di atas kepala dan posisi telapak tangan menghadap ke atas serta siku menghadap ke depan dengan tujuan untuk mendapat lemparan yang jauh atau cross step. 

Tahap Melempar Lembing – Tahap melempar merupakan salah satu teknik dasar yang harus di lakukan para atlit karena pada saat melempar lembing dengan benar yaitu, pastikan melakukan gerakan dengan benar dan posisi tubuh memeagang alat lalu badan bergerak ke depan kemudian lembing dilepaskan.

Tahap Akhir – Tahapan akhir merupakan salah satu teknik tahap akhir yang harus di lakukan para atlit dengan menjaga keseimbangan tubuh dan gerakan supaya tidak terjatuh melebihi garis batas lemparan.

Peraturan Lempar Lembing

Peraturan yang terdapat dala permainan lempar lembing ini merupakan hal harus di ketahui bagi setiap atlit sehingga peserta tidak terjadi kesalahan saat melakukan perlombaan.

  • Untuk wanita : harus mengetahui ukuran titik lemparan dengan a 2,2-2,3 meter dan berat tombak lembingnya minimumnya 600 gram
  • Untuk laki-laki : Harus mengetahui pusat gravitasinya lemparan dengan ukuran 0,9-1,06 meter dan berat tombaknya mencapai 100gram.

Baca Juga: Teknik Dasar Judo

Alat Lempar Lembing

alat-lempar-lembing

Olahraga lempar lembing ini setiap atlit harus mengetahui beberapa peralatan yang oleh seorang atlet lempar lembing

  • Lembing
  • Serbuk untuk tangan
  • Pakaian yang nyaman
  • Sepatu

Sejarah Lempar Lembing

Olahraga lempar lembing atau lempar tombak hal ini merupakan salah satu aktivitas dengan ketrampilan yang dimiliki oleh atlit sehingga olahraga ini akan terlihat mudah. Lempar lembing di dirikan sejak zaman purba dimana manusia masih hidup dengan cara berburu di tahun 1965 olahraga ini terlihat hal yang sederhana dan efisien sehingga alat yang di gunakan hanyalah menggunakan kayu yang di runcingi.

Aktivitas melempar lembing ini telah berkembang dan telah di kenal di seluruh dunia sehingga olahraga ini sering mengikuti perlombaan dalam ajang nasional dan internasiolan.

Itulah sobat beberapa informasi mengenai teknik lempar lembing, serta tips, sejarah dan contoh, yang dapat kami sampaikan dalam artikel kali ini, semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua.

Terima kasih

Baca Juga: Teknik Olahraga Skipping