Teknik Dasar Lompat Kijang

Posted on
Teknik-Dasar-Lompat-Kijang

Artikel makalah Teknik Dasar Lompat Kijang – meliputi dari pengertian, manfaat, tujuan, sejarah, tips, teknik, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Sobat olahraga sebagian besar kita sudah mengetahui tentang lompt kijang tetapi belum pernah mempraktekan nya, karna kurang nya ilmu pengetahuan kita tentang dunia seni olahraga, Lompat kijang ini memang tidak populer seperti olahraga yang lainnya, karena olahraga ini jarang sekali terdengar bahkan tidak pernak diadakan dalam ajang perlombaan.

Supaya dapat memahaminya lansung saja simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Lompat Kijang

teknik-lompat-kijang

Lompat kijang Merupakan salah satu cabanh olahraga yang mempunyai gerakan dengan jatak yang jauh sepertihal nya lompatan hewan kijang karena memiliki kecepatan yang luarbiasa untk melakukan aktifitas ini.

Lompat kijang memiliki irama yang cepat dan irama yang lambat terhadap gerakannya dalam berlari serta dapat membandingkan dengan pengaruh latihan olahraga yang lainnya.

Olahraga lompat kijang ini sering sekali digunakan dalam penelitian peserta ekstrakurikuler anak-anak yang sekolah di SMP dan SMA, sehingga dalam penelitian dapat juga dipraktekan dalam kegiatan akrakulikuler du sekolah.

Baca Juga: Teknik Olahraga Skipping

Sejarah Lompat kijang

Lompat kijang bermula di kenal pada tahun 1976 pada zaman mesir kuno bertempatan di negara irlandia, dan pertama kali acara lompat kijang di perlihatkan dalam sebuah ajang kontes perlombaan pada olympiade tinglkat nasional negara irlandia pada tahun 1987 dan sekarang olahraga ini sudah populer ke seluruh dunia.

Dengan demikian acara lompat kijang ini telah memasuki seekor dengan Versi yang terawal dipertandingkan pada Sukan Olimpik moden tahun 1987 yang bertempatan di Greek.

Lompat kijang dikenali sebagai hop step dan and jump serta kemudiannya ditukar namanya kepada triple jump Ireland dengan acara lompat kijang negara negara yang lainnya.

Baca Juga: Teknik Dasar Lempar Lembing

Teknik Lompat Kijang

Olahraga lompat kijang memang aktifitas yang sangat mudah di lakukan tetapi setiap atlit ini, harus mengetahui beberapa macam teknik yang harus di kuasai bagi setiap peserta.

Diantara beberapa teknik tersebut adalah sebagai berikut :

A. Teknik Fasa Jump

Teknik Fasa Jump merupakan salah satu gerakan awal dalam melakukan olahraga lompat kijang, karena dengan melakukan gerakan Fasa jump ini peserta dapat dengan mudah mencapai kelajuan berada pada tahap paling rendah.

Hal ini yang demikian disebabkan kelajuan akan hilang pada fasa sebelumnya sehingga seseorang atlet lompat kijang akan dapat meminimumkan tentang kehilangan kelajuan pada setiapgerakan fasa jump.

Untuk melakukan lompatan ini menggunakan kekuatan sewaktu lmelompat jump karena menggunakan teknik double hand swing dengan ayunan kedua-dua tangan.

B. Teknik Take-off

Teknik Take-off merupakan salah satu gerakan yang tahap kedua dalam melakukan olahraga lompat kijang, karena dengan melakukan gerakan Take-off ini peserta dapat dengan mudah mencapai kelajuan berada pada tahap paling yang tinggi

Take-off ini juga mempunyai kelajuan yang paling optimum karena memiliki kesinambungan serta dapat melandas kepada titik pertemuan yang selanjutnya.

take-off memerlukan tenaga yang kuat karena semasa melompat akan hilang sewaktu take-off dan membuat lompatan berada pada sebaris dengan lutut serta dapat diangkat dengan cepat ke atas lebih jauh ke hadapan.

C. Teknik Fasa Step

Teknik Fasa Step merupakan salah satu gerakan yang tahap ketiga dalam melakukan olahraga lompat kijang, karena dengan melakukan gerakan fase step ini peserta dapat dengan mudah mencapai kelajuan berada pada tahap paling jauh.

Sehingga lompatan step ini bukan hanya langkahan yang biasa bahkan sebaliknya menggunakan langkahan yang besar bersama lompatan karena pada saat di udara badan akan tertinggal di belakang.

D. Teknik Fasa Hop

Teknik Fasa Hop merupakan salah satu gerakan yang tahap keempat dalam melakukan olahraga lompat kijang, karena dengan melakukan gerakan fase hop ini peserta dapat dengan mudah mencapai kelajuan berada pada tahap paling jauh dan sesui titik akhir.

Pastikan gerakan fase hop ini tidak kehilangan konsentrasi yang terlalu banyak saat di udara karena posisi badan sudah bersedia untuk attack trek untuk membuat STEP yang lebih sempurna.

Semasa landing hop ini di lakukan pastikan tidak jatuh dengan kedua hujung kaki bahkan sebaliknya tidak jatuh di bagian tumit padan hendak melakukan trek tersebut karena landing hop harus berada yang berdekatan dengan lutut.

Manfaat Lompat Kijang

Setelah mengetahui beberapa penjelasan di atas tentang kegiatan olahraga ini maka setidaknya kita juga harus mengetahui manfaat-manfaat yang terdapat pada aktifitas lompat kijang ini.

Diantara beberapa manfata dari olahraga lompta kijang ini adalah sebagai berikut :

  • Dapat menjaga kesehatan pada tubuh manusia
  • Dapat membatuk untuk pembentukan otot-otot tubuh
  • Dapat membatun meninggikan badan
  • Dapat membatu membakar lemak dan kolesterol

Demikian sobat yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa informasi tentang lompat kijang dan beberapa tekniknya, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kita semua serta bisa berguna dan bermanfaat.

Terima Kasih teleh berkunjung di halaman WEB kAMI

Baca Juga: Aktivitas Fisik