Teknik Dasar Sepak Takraw

Posted on
Teknik-Dasar-Sepak-Takraw

Artikel makalah Teknik Dasar Sepak Takraw – Meliputi dari berbagai pengertian, aturan, lapangan, sejarah, tips, contoh dan gambar supaya mudah di pelajari.

Sepak takraw merupakan suatu jenis olahraga kombinasi dari bola voli dan sepak bola yang permainannya dilakukan di lapangan ganda bulu tangkis. Asal permainan ini sudah sejak dari zaman Kesultanan Melayu di mana dalam bahasa Melayu, olahraga ini dikenal dengan istilah sepak raga. Di sejumlah negara, sepak takraw pun dimainkan dengan istilah yang berbeda.

Lansung saja simak penjesan di bawah ini :

Pengertian Sepak Takraw

Bangroud-sepak-takraw

Sepak Takraw – merupakan salah satu cabang olahraga dengan permainan menggunakan bola yang terbuat dari rotan sehingga dalam permainannya dapat menggunakan kaki karena permainan nya dilakukan dengan beregu yang terdiri dari tiga orang pemain dan beberapa pemain cadangan.

Sepak takraw memiliki beberapa macam teknik dlam permainnya sehingga diperlukan kemampuan yang maksimal saat bertanding hal ini membuat lawan dalam bermain akan kesulitan dalam bertanding.

Dengan demikian permainan sepak takraw ini diperlukan kelincahan dan tenaga yang ektra dari seluruh tubuh terutama pada bagian kaki agar dapat melakukan gerakan yang memuaskan dan dapat menghasilkan poin yang maksimal.

Baca Juga: Materi Sepak Bola

Teknik Dasar Permainan Sepak Takraw 

Menurut salah satu yang ahli di bidang olahraga bahwa permainan sepak takraw ini mememiliki beberapa macam teknik dalam meakukan pertandingan tersebut.

Diantara beberapa teknik dasar dalam permainan sepak takraw adalah sebagai berikut :

A. Sepak Sila

Sepak sila merupakan teknik menendang bola dengan menggunakan kaki hingga menerima atau mengumpan bola untuk menyelamatkan serangan dari lawan.

B. Menapak

Menapak merupakan teknik menendang bola yang menggunakan telapak kaki hal ini saring di gunakan untuk melakukan smash ke pihak lawan, sehingga pihak lawan tidak mempu untuk menyelamatkan bola.

C. Sepak Kuda (Sepak Kura)

Sepak kuda merupakan teknik sepakan yang menggunakan kaki dan pada punggung kaki sehingga dengan mudah untuk mengontrol dan memainkan bola serta dapat menguasai dan menyelamatkan bola. 

D. Sepak Simpuh atau Sepak Badek.

Sepak simpuh merupakan teknik sepakan yang menggunakan kaki bagian luar sehinggadengan mudah untuk menyelamatkan bola dari dari serang lawan hingga dapat mengontrol bola dangan mudah.

E. Sepak Cungkil

Sepak cungkil merupakan teknik sepakan terhadap bola dengan menggunakan kaki yang berfungsi untuk mengambil bola yang jarak jauh sehingga dapat menghasilkan bola pantulan yang maksimal.

F. Main Kepala (heading)

Main Kepala atau (heading) merupakan teknik sepakan dengan memainkan bola menggunakan kepala sehingga dapat dengan mudah menerima bola pertama dari pihak lawan terutama pada serangan.

Peraturan Sepak Takraw

Setelah mengetahui beberapa teknik dan penjelasan di atas maka permainan sepak takraw juga terdapat beberapa peraturan diantaranya.

Berikut beberapa peraturan dalam permainan sepak takraw adalah sebagai berikut :

  • Setiap regu memilih sepak pada waktu yang telah di tentukan hingga akan memulai permainan
  • Setiap regu atau pemain harus segera melambungkan bola setelah wasit menyebut kan angka dalam permainnannya dan terdapat peringatan.
  • Setiap regu harus melakukan Servis yang telah dinyatakan sah oleh wasit jika bola telah melewati net dan tidak boleh menyentuh atau jatuh pada lapangan lawan.
  • Setiap regu harus melakukan servis oleh tekong dengan caramenggunakan kaki dan tetap berada pada lingkungan dalam lingkaran.
  • Setiap regu memiliki pertukaran saat masing-masing regu diberikan waktu untuk istirahat
  • Setiap regu harus mendapatkan pergantian pada set tie break dan terdapat juga point angka.

Baca Juga : Teknik Senam Aerobik

Lapangan Sepak Takraw

Lapangan-Sepak-Takraw
  • Panjang Lapangan sekitar 13,42 meter
  • Lebar Lapangan sekitar 6,10 meter
  • Memiliki garis pembatas dengan lebarnya sekitar 5 cm
  • Memiliki lingkaran tengah dengan garis tengah lingkaran sekitar 61 cm
  • Tinggi tiang sekitar 1,55 meter untuk laki-laki untuk perempuan sekitar 1.45 meter
  • Memiliki jaring net

Sejarah Sepak Takraw

Olahraga sepak takraw didirikan pada tahun 1970 oleh seseorang yang ahli di bidang olahraga hingga pada abad ke30 yang berasal dari zaman Melayu tepatnya di sebuah negara malasiya.

Nama sepak takraw diambil dengan bahasa Melayu di Thailand asal mulanya kata “sepak” setelah berjalannya waktu dan sampailah sekarang ini permainan ini menjadi nama kata “takraw” di resmikan di Thailand yang berarti bola.

Dengan demikian permainan yang semacam ini juga telah dikenal oleh beberapa negara yang ada di duni bahkan terpopuler di negara Indonesia sejak jaman dahulu kala sehingga sepak takraw di negara Indonesia hanya sebatas permainan yang bersifat tradisional.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai tentang permainan teknik dasar sepak takrw beserta manfaat dan tujuannya, semoga dengan adanya artikel ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua.

Terima Kasih telah berkunjung di halaman WEB kami

Baca Juga: Manfaat Lari Pagi Dan Sore