Teknik Dasar Tinju

Posted on
Teknik-Dasar-Tinju

Artikel makalah Teknik Dasar Tinju – yang meliputi dari pengertian, Pukulan, sikap, posisi, prinsip, contoh dan gambar supaya lebih mudah di pahami.

Sobat pecinta olahraga beberapa artikel yang sebelum nya kami telah membaha beberapa macam tentang cabang olahraga di antaranya, Teknik Billiard, Teknik Memanah, Teknik Dasar Futsal dan masih banyak yang lainnya, Tetapi kali ini kami akan membahas mengenai Teknik Dasar Tinju hal ini merupakan topik yang utama dalam pembahasannya.

Tinju merupakan sejenis dengan seni bela diri tetapi dalam penampilan nya yang berbeda, tinju dalam rangkaian pertandingan nya satu atau tiga menit yang disebut ronde tetapi tinju ini dapat menampilkan dua orang yang bertanding satu sama lain.

Untuk lebih jelasnya langsung saja simak penjelasan di bawah ini :

Pengertian Tinju Adalah

wallpaper-olahraga-tinju

Tinju adalah suatu jenis cabang olahraga yang dapat dikatakan sebagai bertarung secara fisik dan memerlukan stamina yang kuat dan kondisi fisik yang baik sehingga perlu dikuasai strategi dan teknik yang benar supaya dapat melakukan aksinya bisa sempurna.

Petinju satu sama lain perlu menghindari pukulan dari lawan dan mereka juga perlu berupaya untuk melakukan pukulan ke arah lawan secara cepat dan tepat sehingga petinju dapat memenangkan pertarungan yang benar.

Dalam sebuah olimpiade maupun olahraga yang profesional Petinju harus menilik dan mengenali satu per satu teknik pukulan tinju sehingga menjadi dasar untuk memenangkan pertandingan.

Posisi Dasar Bertinju

posisi-olahraga-tinju

Posisi Dasar Tinju Hal merupakan hal yang terpenting pada awal pertandingan karena dengan melakukan posisi yang baik sangat menguntungkan untuk melaksanakan dalam membentuk penyususn pertinjuan. 

Posisi dasar berperan penting dalam bertinju karena dapat membantu mengkordinasikan tangan dengan tungkai yang baik sehingga dapat membentuk kecepatan dalam bertanding dan dapat dengan mudah dalam menyerang ataupun bertahan.  

Namum perlu diingat juga bahwa pada dasarnya setiap individu pemain berbeda dari segi antropometrik kekuatan tubuh yang pada umumnya memiliki perbedaan yang tinggi dengan berat dan tinggi badannya.

Dengan demikian untuk menentukan posisi dasar bagi seorang petinju harus melakukan dengan keseimbangan dan kekuatan pada tubuh.

Baca Juga : Teknik Billiard

Teknik Pukulan Dasar Tinju

pukulan-olahraga-tinju

Dalam hal ini teknik dasar dalam olahraga tinju terbagi menjadi beberapa teknik dasar yang harus di kuasani bagi seorang petinju.

Berikut beberapa teknik dasar dalam olahraga tinju adalah :

Pukulan jab merupakan salah satu jenis pukulan yang biasanya dilakukan dengan menggunakan tangan bagian depan yang lebih lemah sehingga pukulan jab ini berguna untuk membantu menjauhkan serangan lawan dari Anda,  Jab dapat memaksimalkan efektivitas pukulan petinju yang profesional untuk melakukan kontak dengan lawan.

Pukulan silang merupakan salah satu jenis pukulan yang di lontarkan dengan pukulan lurus dan dengan menggunakan tangan dengan kekuatan pabu, sehingga dapat memaksimalkan efektivitas pukulan petinju dengan lawan.

Pukulan hook merupakan salah satu jenis pukulan hook ini bisa dilontarkan ke arah kepala lawan dan pada bagian mana saja yang dapat membuat lawan tidak terlindungi sehingga dengan pukulan ini dapat dikombinasikan dengan pukulan-pukulan lain untukl mendapat pukulan balasan.

Pukulan uppercut merupakan salah satu jenis pukalan ke arah atas yang biasa dilontarkan ke arah tangan denagan pukulan yang maksimal sehingga sangat efektif pada jarak dekat.

Kombinasi merupakan salah satu jenis pukulan yang harus di kuasai dengan berbagai cara pukulan untuk menciptakan dari berbagai kombinasi serangan atas maupun serangan bawah sehingga petinju dapat efektif dengan menambahkan sebuah hook pada pukulan kepada lawan.

Sikap Dalam Tinju

Dalam olahraga tinju ini selain memerlikan tenaga yang kuat dan fisik yang sehat maka terdapat juga sikap yang harus di perhatikan dalam permainan tinju adalah.

A. Sikap Petinju Tangan Kanan

Sikap Petinju Tangan Kanan : Sikap ini dapat berlaku untuk petinju yang menggunakan dengan tangan kanan yang lebih dominan sehingga dapat disebut orthodox.

Tinju tangan kanan dapat diletakkan dan diposisikan untuk melindungi tubuh dan dapat menghindari pukulan ke arah rahang yang menyebabkan knockout hal ini dianggap sangat penting dan cukup sulit di lakukan selama pertandingan.

B. Sikap Petinju Kidal

Sikap Petinju Kidal : Sedangkan petinju yang menggunakan kidal ini merupakan sikap yang dapat memberikan kesulitan bagi lawan dalam pertarunga tinju ortodox sehingga dapat terbiasa mendapat jab pada sisi berlawanan.

Baca Juga : Teknik Memanah

Prinsip-Prinsip Posisi Dasar Tinju

Setelah mempelajari posisi dasar bertinju dalam olahraga ini juga terdapat bebrapa prinsip yang harus diketahui.

Diantara prinsip-prinsip tersebut adalah sebagai berikut :

  • Setiap posisi harus tetap tagap agar dapat memudahkan dalam penggunaan seluruh gerakan secara teknis
  • Seluruh gerakan tubuh petinju harus lebih mudah hingga dapat memungkinkan dalam kordinasi antara tubuh dan bagaikan putaran gergaji pada tubuh
  • Gunakan seminimal mungkin tenaga namun pukulan harus digunakan dengan keseluruhan kekuatan
  • Seluruh otot harus terlihat lemas atau dalam keadaan rileks sehingga dapat membentuk posisi yang nyaman serta fisik dan mental keadaan tenang
  • Berat badan dan posisi tubuh harus diseimbangkan sehingga petinju dapat merebut kesempatan pada saat menyerang atau bertahan

Nah demikian yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa informasi tentang teknik dasar olahraga tinju, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kita tentang dunia olahraga, dan semoga memberikan manfaat dan atikel ini berguna untuk kita semua.

Terima Kasih

Baca Juga : Teknik Dasar Futsal