Teknik Dasar Tolak Peluru

Posted on
Teknik-Dasar-Tolak-Peluru

Materi makalah Teknik Dasar Tolak Peluru – yang meliputu dari pengertian, manfaat, jenis, tekniknya, tujuan, sejarah, concoh dan gambar supaya dapat memperoleh hasil yang sempurna.

Olahraga nasional dengan tingkat pertandingan internasional dimana tolak peluru adalah sala satu cabang olahraga yang jenisnya guna memperoleh hasil lemparan sejauh-jauhnya.

Untuk lebih mudah dalam mempelajari nya langsung saja simak penjelasan di bawah ini:

Tolak Peluru Adalah

Gambar-Tolak-peluru

Tolak peluru merupakan salah satu jenis olahraga yang atletik yang sering dipertandingkan dalam tingkat nasional ataupun internasional sehingga tolak peluru dilakukan dengan cara menolak peluru sejauh mungkin agar mendapatkan hasil yang sempurna.

Untuk dapat melakukan olahraga ini maka atlit harus mengetahui teknik dasar menolak peluru yang baik dan benar sehingga dalam olahraga ini dapat memperoleh hasil lemparan sejauh-jauhnya.

Dengan demikian supaya pemain dapat memainkannya secara benar dan bisa berperforma baik maka harus mengenal teknik tolak peluru itu sangatlah penting. Didalam olahraga ini terdapat beberapa macam dan jenis bola besi tolak peluru dan beberapa macam berat bebannya.

Beberapa contoh berat bebat bola besi tolah peluru di antaranya adalah :

Bola-tolak-peluru
  • Bola besi dengan berat 3 kg diperuntukkan untuk junior puteri.
  • Bola besi dengan berat 5 kg diperuntukkan untuk junior putera.
  • Bola besi dengan berat 4 kg diperuntukkan untuk senior puteri.
  • Bola besi dengan berat 7,257 kg diperuntukkan untuk senior putera.

Kegiatan olagraga ini menjadi salah satu kegiatan yang jenisnya melempar beban yang sudah lama diketahui dalam cabang olahraga.

Baca Juga : Teknik Taekwondo

Teknik Olahraga Dasar Tolak Peluru

Menurut Jess Jarver olah raga ini terdapat beberapa teknik dasar dalam permainan ini maka tolak peluru yang harus dikuasai setiap pemain Berikut beberapa teknik tolak peluru yang harus di perhatikan dalam setiap peserta adalah.

A. Teknik Menguatkan Tangan

Teknik-Menguatkan

Tolak peluru yang dapat di andalkan adalah otot lengan karena dengan kekuatan otot lengan maka akan menghasilkan beberapa poin dari itu lah kuatkanlah otot harus selalu terjaga demi mendapatkan lemparan yang jauh.

olahraga tolak peluru harus memiliki sikap yang kuat untuk memastikan bahwa otot tangan dan lengan harus memiliki power yang kuat sehingga dapat melakukan dari berbagai macam latihan dan sebagainya.

B. Teknik Memegang Peluru

Teknik-Memegang

Dalam hal ini yang harus diperhatikan yaitu dari berbagai cara bagaimana memegang bola peluru tersebut maka tidak boleh melakukan dengan sembarangan untuk memegang karena akan mendapatkan efek dorongan yang tidak akan maksimal.

yang harus di perhatikan cara pegangan peluru dengan jari-jari dan telapak tangan diletakkan pada bahu seperti pada contoh gambar di atas.

  • Setiap para atlet yang professional harus menggunakan teknik dengan posisi jari rapat dan jari jempol berada pada samping sehingga akan menghasilkan lemparan yang sejauh-jauhnya.
  • Setiap pesrta memiliki jari yang kuat dan panjang sehingga posisi jari sedikit merengangkan dan jari kelingking¬†ditekuk kearah samping.

Untuk melakukan beberapa teknik di atas maka yang harus pertama kali di perhatikan adalah dengan kekuatan tangan dengan sedikit meregangkan jari dan usahakan dorongannya yang semakin kuat.

Baca Juga : Gaya Lompat Tinggi

C. Teknik Meletakkan Peluru

Teknik-Meletakan

Setiap melakukan olahraga ini maka jangan salah dalam meletakkan peluru dan teknik yang harus di perhatikan dalam melakukan olahraga ini sehingga seorang atlit memang harus mengetahui beberapa teknik meletakkan peluru.

Diantara teknik meletakan peluru tersebut yang baik dan benar adalah sebagai berikut:

  • Berdiri dengan posisi kaki membentuk kuda-kuda dan kaki kanan di depan garis kemudian di buka lebar selebar bahu dengan arah lemparan
  • Pegang kuat bola peluru dengan tangan dan harus di lakukan dangan teknik yang benar
  • Letakan peluru di permukaan bahu lalu tangan bahu sedikit di miringakan dan tangan kanan pegang bola peluru
  • Posisi badan di tekuk dan condong ke depan
  • Posisi badan Harus rilekskan

Manfaat OlagragaTolak Peluru

Cabang olahraga tolak peluru memang tak banyak orang yang menyukai nya kaerena olahraga ini dilakukan dengan menggunakan alat bundar yang memiliki beban yang berat, faktanya telah terdapat beberapa manfaat dalam olah raga ini untuk kesehatan pada tubuh.

Diantara beberapa manfaat tersebut ialah :

Memperbesar Otot

Dengan melakukan rutin latihan olahraga tolak peluru makan dengan seketika akan memperbesar otot-otot pada tubuh sehingga tubuh akan kelihatan ideal, terutama pada otot lengan dan otot bahu.

Menambah Stamina

Melakukan rutin aktifitas olahraga tolak peluru ini selain dapat memperbesar otot dengan seketika terdapat juga untuk menambah daya tahan tubuh dan menambah stamina kekuatan tubu.

Memperkuat Tulang

Manfaat yang terdapat di sini dapat memperkuat tulang karena olagraga yang rutin di lakukan dengan melakukan teknik yang benar pastilah akan mendapatkan manfaat utnuk kekuatan tulang dan badan akan terasa sehat.

Demikian informasi tentang penjelasan tolak peluru semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan wawasan dan dapat bermanfaat untuk kita semua. Terima Kasi

Baca Juga: Permainan Rounders

Rate this post